Selasa, 05 September 2023



Tanggal dan Waktu : Rabu, 06 September 2023

Kelas : 2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung

Tema ( 2 ) : Bermain Di Lingkunganku

Subtema ( 2 ) : Bermain Di Rumah Teman

Belajar : 2

KD : B. Indonesia (3.2), PPKN (1.2)

Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar.

2. Peserta didik mampu mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya dengan benar


Apersepsi

Alhamdulillah dipertemuan yang sebelumnya kita sudah mempelajari materi tentang manfaat gerak non lokomotor, perkalian adalah penjumlahan berulang, ada banyak benda di sekitar kita, setiap benda mempunyai sifat yang berbeda dengan benda lainnya.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 2.

Yuk simak pembelajaran berikut ini materi 

Video Pembelajaran





Materi Ajar

Apa yang sedang dilakukan Udin dan teman-teman?
Pernahkah kamu melakukan permainan tersebut?
Perhatikan gambar berikut! 






Diskusikanlah bersama temanmu!

1. Apa yang digunakan Beni dan teman-teman dalam bermain “Lingkaran Simpai”? Jawab: Beni dan teman-teman menggunakan simpai.

2. Benda apa yang digunakan Beni dan teman-teman dalam memetik jambu? Jawab: Beni dan teman-teman menggunakan galah untuk memetik jambu.

3. Bagaimana bentuk benda-benda tersebut? Jawab: Bentuk kedua benda tersebut berbeda.

4. Bagaimana wujud benda-benda tersebut? Jawab: Benda-benda tersebut berwujud benda padat.


Ayo Membaca
Dengarkanlah temanmu membaca teks berikut!


Benda Padat
Benda padat banyak terdapat di sekitar kita. Benda padat mempunyai bentuk tetap. Ukuran benda padat juga tetap. Contoh benda padat adalah simpai, jika dipindahkan dari meja ke lantai bentuk dan ukuran simpai tidak akan berubah. Jika simpai dipindahkan lagi ke lemari, bentuk dan ukuran simpai juga tidak akan berubah. Oleh karena itu, pemindahan keberbagai tempat bentuk dan ukuran benda padat akan selalu tetap.
Ada banyak benda di sekitar kita. Setiap benda mempunyai sifat yang berbeda dengan benda lainnya. Ada yang halus, kasar, basah, dan lain sebagainya.
Contoh benda yang kasar antara batu lain, pasir dan kulit pohon. Contoh benda yang basah adalah air. Benda yang memiliki permukaan halus antara lain kapas, bulu, dan kertas. Tentunya masih banyak sifat-sifat lain dari benda-benda di sekitar kita.
Bentuk benda juga beragam. Ada yang bentuknya tetap. Ada juga yang berubah. Bentuk pensil dan kertas akan selalu tetap walaupun telah dipindahkan ke tempat yang berbeda. Sedangkan udara di dalam gelas jika dipindahkan ke botol bentuknya akan berubah menyerupai botol.


Makna kata:
Halus: tidak kasar, lembut, licin.
Kasar: kesat, tidak halus waktu diraba
Basah: mengandung air atau barang cair
Tetap: tidak berubah
Berubah: menjadi lain (berbeda) dari aslinya 




Amatilah benda-benda berikut di rumahmu! Manakah yang termasuk benda padat?  Beri tanda centang () pada kolom yang sesuai!




Pernahkah kamu bermain di rumah teman seperti yang dilakukan Beni? Bagaimana sikapmu ketika bermain di rumah teman? Diskusikanlah bersama temanmu tabel berikut! Berilah tanda centang () pada sikap yang menunjukkan mematuhi aturan dan tanda silang () untuk sikap yang tidak menunjukkan mematuhi aturan! 





Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi. Pengembangan keterampilan percakapan dalam bahasa baru sering menjadi fokus pengajaran dan pembelajaran bahasa.  

Marilah kita simak sama-sama percakapan antara : Beni, Lani dan Udin.  

Ayo Bermain Peran   Perankanlah teks percakapan berikut di depan kelas!   Berikan tanggapan terhadap penampilan temanmu!

Beni : “Lani, aku lihat dari tadi kamu bolak-balik ke halaman belakang. Ada apa?”
Lani : “Aku mencari tempat sampah, Beni. Aku ingin membuang sampah makananku.”
Beni : “Lebih baik, langsung tanya saja ke Udin.”
Lani : “Oh, iya ya. Udin…!” (Lani memanggil Udin) Udin : “Iya Lani, ada apa?”
Lani : “Tempat sampahnya di mana, Udin? Aku ingin membuang sampah makananku.”
Udin : “Ooh, mana sampahnya? Biar aku bantu membuangnya ke tempat sampah.”
Lani : “Wah, terima kasih banyak Udin.”

Apa yang diceritakan pada teks percakapan di atas?
Bagaimana sikap Lani, Beni, dan Udin?
Apa yang patut ditiru dari sikap mereka?


Evaluasi
1. Memasuki rumah milik teman harus ….
A. Langsung masuk
B. Memberi salam terlebih dahulu
c. Lewat belakang

2. Perbuatan di bawah ini yang mencerminkan sikap mematuhi aturan adalah ….
A. Membuang sampah sembarangan
b. Menggunakan sepeda orang tanpa izin
c. Mengendarai sepeda di jalan pada lajur kiri

3. Benda di bawah ini yang termasuk benda padat adalah ….
A. Minyak
b. Batu
c. Udara

4. Benda padat jika dipindahkan mempunyai bentuk yang….
A. Tetap
b. Selalu berubah
c. Selalu berganti

5. Bentuk benda cair menyerupai ….
A. Bentuk wadahnya
b. Benda di atasnya
c. Benda di sekitarnya

6. Benda gas tidak dapat dilihat namun dapat ….
A. Dipegang
b. Dirasakan
C. Diikat

7. Bentuk dan volume benda gas adalah ….
A. Berubah-ubah
b. Tetap
c. Selalu sama

8. Contoh benda yang berisi benda gas adalah ….
A. Ember berisi air
b. Balon berisi udara
c. Gelas berisi es batu

9. Deni ingin bermain di rumah Raka
Sebelum bermain Deni sebaiknya ….
A. Berpamitan pada orang tua
b. Mengajak ibu bermain
C. Minta uang saku yang banyak

10. Aturan dalam permainan dibuat agar permainan itu berjalan dengan ….
A. Baik dan benar
B. Cepat dan servis
C. Asyik dan menang

Kesimpulan
Benda padat banyak terdapat di sekitar kita. Benda padat mempunyai bentuk tetap. Ukuran benda padat juga tetap. Contoh benda padat adalah simpai, jika dipindahkan dari meja ke lantai bentuk dan ukuran simpai tidak akan berubah.

Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi.


Penutup
Besok kita akan masuk materi di tema 2 subtema 2 pembelajaran 3 tentang benda cair beserta contohnya, perkalian dan manfaat gerak non lokomotor.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar