Minggu, 24 September 2023

Materi Ajar Tema 2 Sub 4 PB 3 Kelas 2 A

 

Tanggal dan waktu  : senin, 25 September 2023 

kelas : 2 A

sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema ( 2 ) : Bermain Di Lingkunganku

Subtema ( 4 ) : Bermain Di Tempat Wisata 

pelajran : 3

KD : Matematika (4.4), B. Indonesia (3.2), SBDP (4.4) 

Tujuan :

1. Peserta didik mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian 

2. Peserta didik dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan cermat.

3. Peserta didik dapat mempraktikkan variasi gerak menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan domba serigala dengan disiplin.



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Apersepsi

Alhamdulillah dipertemuan yang sebelumnya kita sudah mempelajari materi tentang pengamatan benda-benda di pantai

Kegiatan bermain pasir merupakan sebuah permainan anak yang bisa memberikan kebebasan anak dalam membuat sebuah karya berupa bentuk-bentuk yang dihasilkan dari cetakan plastik dengan berbagai macam bentuk. kegiatan bermain pasir ini bisa meningkatkan aspek perkembangan motorik halus anak.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 3.   

* Video Pembelajaran

Materi Ajar

Taman Kota adalah taman yang berada di lingkungan perkotaan dalam skala yang luas dan dapat mengantisipasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota dan dapat dinikmati oleh seluruh warga kota. Selanjutnya Liburan dilanjutkan ke taman kota
Beni bermain ayunan di taman kota  

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 Halaman 193, 194, 195, 196, 197, 198, 200,  201, 203: Bermain di Taman Kota - Portal Pekalongan
Bermain di Taman Kota

Liburan dilanjutkan menuju Taman Kota. Di Taman Kota sangat banyak permainan. Salah satunya ayunan. Beni bersama temantemannya main di Taman Kota. Di Taman Kota ada empat ayunan yang berdekatan.

Di ayunan yang berdekatan, terdapat empat siswa yang bermain mainan. Dari kanan ke kiri ada Lani, Siti, Beni, dan Udin yang duduk di ayunan. Di belakang Lani, berdiri Dayu untuk mengayunkan. Di belakang Siti, berdiri Mey untuk mengayunkan.

Di belakang Beni, berdiri Edo untuk mengayunkan. Di belakang Udin, berdiri teman laki-laki lainnya untuk mengayunkan. Mereka bermain ayunan dengan hati-hati. Teman yang berada di belakang, mendorong
ayunan dengan perlahan. Setelah beberapa menit dari waktu yang telah ditentukan, mereka bergantian bermain ayunan.

Setiap kita melakukkan aktivitas diluar rumah maupun di dala rmah tentunya kita mempunyai aturan dan ketika kita bertanya kita perlu memiliki aturan.. berikut imi penjelasanyaa

Kalimat tanya adalah kalimat yang disampaikan dengan maksud mendapat jawaban berupa informasi, penjelasan, atau pernyataan. Jawaban atas kalimat tanya dapat berbentuk jawaban pendek atau panjang. Senada dengan pengertian itu, kalimat tanya adalah suatu jenis kalimat yang mengandung pertanyaan yang dimaksudkan untuk mendapatkan tanggapan atau jawaban dari orang lain. Tidak hanya diajukan kepada orang lain, kalimat tanya juga sering diajukan kepada diri sendiri untuk menemukan suatu jawaban yang belum kita yakini kebenarannya.

Seperti jenis kalimat lainnya, kalimat tanya juga memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan bentuk kalimat lain. Ciri-ciri kalimat tanya, antara lain sebagai berikut:

Selalu diakhiri dengan tanda baca, yaitu tanda tanya (?).
Pada umumnya diawali dengan kata-kata tanya seperti apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana.
Sering juga disertai dengan imbuhan –kah, dan partikel kan. 
Contohnya: apakah?, di manakah?, kapankah?, ya kan?.

Kalimat tanya yang tidak menggunakan kata (5W+1H) di awal kalimat menggunakan partikel –kan, atau –iya kan pada bagian akhir kalimat dan dipisahkan dengan tanda koma (,).

Memiliki dua macam intonasi, yaitu pada kalimat tanya yang membutuhkan jawaban ya atau tidak memiliki intonasi menaik pada bagian akhir kalimat. Adapun kalimat tanya yang membutuhkan respons jawaban panjang memiliki intonasi menurun pada bagian akhir kalimat

Setelah itu marilah kita menyelesaikan masalah pembagian dengan menyelesaikan soal cerita berikut :

- Perusahaan mengirim ayunan 5 kali berturut-turut ke Taman Kota sebanyak 60 buah. Berapakah banyak ayunan yang dibeli Taman Kota di setiap pembelian apabila banyak tiap pembelian sama?

Penyelesaian :
Total ayunan yang dibeli = 60
Banyak pembelian = 5 kali
Banyak ayunan tiap pembelian = 60 : 5 = 12 
Jadi, setiap pembelian ayunan dibeli sebanyak 12. 


 

* Evaluasi

1. Usai bermain di Taman Kota, 100 siswa kembali ke bus masing-masing. Jika ada 5 bus yang muatannya sama banyak, berapakah banyak penumpang setiap bus?

2. Taman Kota telah memasok pasir sebanyak 24 truk. Truk yang digunakan ada 3 truk. Semua truk mengangkut pasir sama banyak. Berapa kali masing-masing truk mengangkut pasir?

3. Pengelola Taman Kota menyediakan 72 tali untuk menggantungkan ayunan. Jika ada 2 tali untuk setiap ayunan, ada berapa banyak ayunan di Taman Kota?

4. Pengelola Taman Kota menyediakan 36 ayunan. Jika ada 4 ayunan setiap baris yang berdekatan, ada berapa baris ayunan di Taman Kota?

5. Sebuah perusahaan mengirim ayunan 10 kali berturut-turut ke Taman Kota sebanyak 90 buah. Berapakah banyak ayunan yang dibeli Taman Kota di setiap pembelian apabila banyak tiap pembelian sama?



* Kesimpulan
Kalimat tanya adalah kalimat yang disampaikan dengan maksud mendapat jawaban berupa informasi, penjelasan, atau pernyataan. Jawaban atas kalimat tanya dapat berbentuk jawaban pendek atau panjang. Senada dengan pengertian itu, kalimat tanya adalah suatu jenis kalimat yang mengandung pertanyaan yang dimaksudkan untuk mendapatkan tanggapan atau jawaban dari orang lain. Tidak hanya diajukan kepada orang lain, kalimat tanya juga sering diajukan kepada diri sendiri untuk menemukan suatu jawaban yang belum kita yakini kebenarannya.

wassalammualaikum warahmatullahhi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar