Jumat, 08 September 2023

materi ajar tema 2 sub 2 pb 4 kelas 2



Tanggal dan Waktu : Jumat, 08 September 2023

Kelas : 2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung

Tema ( 2 ) : Bermain Di Lingkunganku

Subtema ( 2 ) : Bermain Di Rumah Teman

Pembelajaran : 4

KD : Matematika (4.4), B. Indonesia (3.2), SBDP (4.3)

Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik mampu memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dengan benar.

2. Peserta didik mampu siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar.

3. Peserta mampu melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan yang benar.




Apersepsi

Alhamdulillah dipertemuan yang sebelumnya kita sudah mempelajari materi tentang Benda cair berbeda dengan benda padat.Bentuk benda cair menyerupai bentuk wadahnya. Jika udara dipindahkan ke kaleng, bentuknya menyerupai kaleng. Walaupun telah dipindahkan, jumlah benda cair akan selalu tetap.
Benda cair adalah benda yang dapat berubah bentuk mengikuti bentuk tempat yang menjadi wadahnya. Hal ini terjadi karena benda cair memiliki molekul yang bergerak bebas.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4.

Yuk simak materi pembelajaran berikut ini 

Video Pembelajaran




Materi Ajar


Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi. Pengembangan keterampilan percakapan dalam bahasa baru sering menjadi fokus pengajaran dan pembelajaran bahasa.
Dengarkan temanmu membaca teks percakapan berikut! 






Isi teks mengenai pentas seni yang akan diadakan di sekolah. Menurut saya bagus, karena dapat meningkatkan kesenian dan kreatifitas siswa.  Setelah mengetahui isi teks percakapan diatas coba sekarang.  Buatlah pertanyaan untuk disampaikan kepada temanmu!  Contoh pertanyaan :  

# Apakah kamu ingin menjadi penari di acara pentas seni disekolah?
Setelah itu cobalah bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!


Ayo Menari 




Latihan menari telah dimulai. Latihan dilaksanakan di halaman rumah Dayu.  Halaman rumah Dayu sangat luas.  Jadi sangat memungkinkan sekali untuk dijadikan tempat latihan.  Latihan dipimpin oleh kakak Dayu.  Beni dan teman-teman merasa senang.  Mereka berlatih dengan semangat.   
Seusai latihan, mereka bermain pesawat mainan.  Mereka membuat pesawat mainan dari kertas.  Pesawat yang telah selesai dibuat dibangunkan bersama.  Pesawat yang paling jauh terbangnya menjadi pemenang.  

Marilah kita simak apa isi teks cerita tersebut> antara lain sebagai berikut 
1. Beni dan teman-teman sedang latihan menari di halaman rumah Dayu 
2. Mereka menari 
3. Mereka berlatih di rumah Dayu
4. Mereka dibor oleh kakak Dayu
5. Beni dan teman-teman merasa senang.

Setelah kita mengamati gambar di atas kita dapat membaca teks di bawah ini dengan intonasi dan lafal yang tepat!

Lafal; merupakan cara seseorang atau kelompok orang untuk mengucapkan bunyi-bunyi bahasa. Intonasi; yaitu berupa lagu kalimat atau kecepatan penyajian tinggi rendahnya nada kalimat, sedangkan ekspresi; merupakan mimik raut wajah yang ditampilkan saat berbicara.
Mari kita simak teks berikut ini...

Benda Gas

Kita dapat menyentuk benda padat dan benda cair dengan tangan kita. Kita juga dapat melihat benda padat dan benda cair dengan jelas.Buku, pensil, air, dan susu, dapat dilihat dan disentuh. Bagaimana dengan benda gas? Bisakah kamu melihat dan menyentuhnya? Perhatikan balon, bagaimana bentuknya? Balon berbentuk bulat, padahal di dalamnya terlihat kosong.

Di dalam balon berisi udara. Udara merupakan benda gas. Bagaimana dengan pesawat kertas yang bisa terbang? Pesawat kertas bisa terbang karena adanya angin. Angin adalah udara yang bergerak. Angin juga termasuk benda gas.

Gas tidak bisa dilihat dan disentuh, namun gas menduduki ruang. Sesuatu yang menempati ruang berarti memiliki volume. Gas memiliki volume meskipun tidak dapat dilihat dan disentuh.Volume dan bentuk benda gas berubah-ubah.

Ayo Kita simak isi teks diatas berikut ini penjelasannya

# Ciri-ciri wujud gas meliputi dapat bergerak menyebar ke segala arah, memiliki volume yang tidak tentu, memiliki bentuk yang mengikuti seluruh bentuk tempatnya, dan mudah ditekan karena nilai kerapatannya rendah. . Setelah kita mengetahui ciri-ciri benda gas marilah kita mengamati gambar berikut ini..

Ayo Mengamati
Amati benda-benda di berikut! Beri tanda centang () pada benda yang mengandung gas dan tanda silang () pada benda yang bukan gas! 







Setelah kita mengetahui mana sajakah benda cair marilah kita melakukkan dengan cara penjumlahan berikut ini, sebelum itu kita simak terlebih dahulu yukk kita akan menyanyikan lagu perkalian berikut ini ..



Perkalian adalah penjumlahan berulang. Dalam konsep matematika, perkalian merupakan sebuah operasi yang meliputi penskalaan (pelipatan) bilangan yang satu dengan bilangan yang lain. Secara sederhana, perkalian dapat didefinisikan sebagai penjumlahan yang berulang-ulang.

Perhatikan contoh Perkalian Bilangan dengan Angka Dua berikut! 




Dari tabel diatas kita dapat meliahat pertanyaan tentang penjumlahan berulang berikut ini ..  

1. Bilangan yang terhalang oleh bola adalah ... 
Alternatif jawaban: Bilangan yang terhalang oleh bola adalah 7. 

2. Bilangan yang terhalang oleh pensil adalah ... 
Alternatif jawaban: Bilangan yang terhalang oleh pensil adalah 8. 

3. Bilangan yang terhalang oleh buku adalah...
Alternatif jawaban: Bilangan yang terhalang oleh buku adalah 24.

4. Bilangan yang terhalang oleh topi adalah ...
Alternatif jawaban: Bilangan yang terhalang oleh topi adalah 4.

5. Bilangan yang terhalang oleh jambu adalah ...
Alternatif jawaban: Bilangan yang terhalang oleh buku oleh buku oleh jambu adalah 40.

6. Bilangan yang terhalang oleh gelas adalah ...
Alternatif jawaban: Bilangan yang terhalang oleh gelas adalah 0.

7. Bilangan yang terhalang oleh bunga adalah ...
Alternatif jawaban: Bilangan yang terhalang oleh bunga adalah 36 .8

.Bilangan yang terhalang oleh sepatu adalah ...
Alternatif jawaban: Bilangan yang terhalang oleh sepatu adalah 49.

9. Bilangan yang terhalang oleh baju adalah ...
Alternatif jawaban: Bilangan yang terhalang oleh baju adalah 72.

10. Bilangan yang terhalang oleh rok adalah ...
Alternatif jawaban: Bilangan yang terhalang oleh rok adalah 9.


banyak sekali model penjumlaham berulang yanag dapat kita pahami dengan contoh yaitu sebagai berikut ...





 Marilah sama-sama kita menyelesaikan penjumlahan berulang seperti pada tabel di atas.




Itulah pembahasan perkalian dengan cara perkalian. penjumlahan berulang.

Evaluasi  
1. Bentuknya berubah ubah mengikuti wadahnya. Pernyataan di atas merupakan salah satu ciri dari benda…  
a. cair  
b. padat  
c. gas  

2. Handuk, gayung, dan pasta gigi merupakan peralatan yang dipakai untuk …. 
A.mandi  _
B.olahraga 
c. belajar

3. Bentuk perkalian yang tepat dari 4+4+4+4+4+4 adalah…
a. 6x4
b. 4x6
c. 6 + 4

4. Bentuk penjumlahan berulang dari 6 x 1 adalah …
a. 6
b. 1+1+1+1+1
c. 1+1+1+1+1+1

5. Pensil yang dipindahkan dari meja ke dalam tas bentuknya akan….
A. tetap
B. berubah
C. sesuai konteksnya

Kesimpulan
Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi.

Gas tidak bisa dilihat dan disentuh, namun gas menduduki ruang. Sesuatu yang menempati ruang berarti memiliki volume. Gas memiliki volume meskipun tidak dapat dilihat dan disentuh. Volume dan bentuk benda gas berubah-ubah.
Ciri-ciri wujud gas meliputi dapat bergerak menyebar ke segala arah, memiliki volume yang tidak tentu, memiliki bentuk yang mengikuti seluruh bentuk tempatnya, dan mudah ditekan karena nilai kerapatannya rendah.

Perkalian adalah penjumlahan berulang. Dalam konsep matematika, perkalian merupakan sebuah operasi yang meliputi penskalaan (pelipatan) bilangan yang satu dengan bilangan yang lain. Secara sederhana, perkalian dapat didefinisikan sebagai penjumlahan yang berulang-ulang.


Penutup
Besok kita akan masuk materi di tema 2 subtema 2 pembelajaran 5 tentang kegunaan macam-macam benda, dan perkalian dengan penjumlahan berulang.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar