Jumat, 22 September 2023

Materi Ajar Tema 2 Sub 4 PB 2 Kelas 2 A



Tanggal dan waktu : jum'at, 22 September 2023
kelas : 2 A
sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema ( 2 ) : Bermain Di Lingkunganku
Subtema ( 4 ) : Bermain Di Tempat Wisata
pembelajaran : 2

KD : PJOK (4.2), B. Indonesia (3.2), PPKN (2.2)

objek pembelajaran :

1. Peserta didik dapat mempraktikkan variasi gerak menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentu permainan domba serigala dengan disiplin.

2. Peserta didik dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan cermat.

3. Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan disiplin.

Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah dipertemuan yang sebelumnya kita sudah mempelajari materi tentang berwisata adalah melakukan perjalanan wisata.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kamu pergi berwisata
1. Tentukan lokasi tujuan wisata
2. Persiapkan kesehatan dan kebugaran fisik
3. Membawa barang bawaan yang diperlukan
4. Terakhir, jangan lupa membawa uang secukupnya

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 2.

video pembelajaran:



Materi Ajar
Beni ingin bermain pasir. Ia akan membuat istana pasir.

Kegiatan bermain pasir merupakan sebuah permainan anak yang bisa memberikan kebebasan anak dalam membuat sebuah karya berupa bentuk-bentuk yang dihasilkan dari cetakan plastik dengan berbagai macam bentuk. kegiatan bermain pasir ini bisa meningkatkan aspek perkembangan motorik halus anak.

Ayo Mengamati!

Amatilah judul teks yang ditulis gurumu di papan tulis!

Apa yang kamu ketahui tentang “Istana Pasir”? Coba ceritakan di hadapan teman-temanmu! Kemudian, simaklah cerita yang disampaikannya tentang “Istana Pasir”!

Sesuaikah ceritamu dengan teks berikut? Bacalah dengan lancar!

Istana Pasir

Istana pasir adalah bermain membuat bangunan istana terbuat dari pasir. Bahan utama yang digunakan adalah pasir dan air. Istana pasir biasanya dibuat di pantai. Membuat bangunan dari pasir dilakukan oleh anak-anak dengan menggunakan ember dan sekop.

Tetapi orang dewasa sering membimbing dalam membuat istana pasir. Bahan lain yang digunakan dalam kegiatan adalah salju. Ada dua jenis istana pasir.

Pertama, “khas” istana pasir. Terdiri dari beberapa jenis dasar dengan beberapa jenis menara, atau satu menara di atas. Kedua, “tetes” istana pasir. Pasir yang sangat basah diteteskan di atas pasir basah lainnya dan menciptakan menara gumpalan pasir.

Sekarang Ayo Kita Menulis!

Buatlah 5 pertanyaan tentang teks bacaan di atas!
1. Apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat istana pasir?
2. Apakah dalam pembuatan istana pasir memerlukan keahlian khusus?
3. Apakah dalam pembuatan istana pasir memerlukan pasir yang bagus?
4. Mengapa istana pasir identik dengan pasir?
5. Bagaimana bentuk istana pasir yang sering dibuat?

Setelah kita mencoba menulis sebuah pertanyaan sekarang kita mencoba, Marilah kita lakukkan ....

Ayo Mencoba!

Buatlah laporan pengamatanmu!

Keragaman Benda di Pantai

Alat dan bahan: air, pasir, ember, sekop, dan kerang.
Petunjuk:
1. Pilihlah 3 gambar benda yang digunakan dalam membuat istana pasir.
2. Amatilah gambar tersebut satu persatu!
3. Isilah titik-titik di bawah!

Hasil pengamatan:
1. Nama benda : Air
Ciri-ciri benda : Air merupakan benda cair, bentuk air menyesuaikan dengan wadahnya. Jika menguap, air menjadi gas dan jika membeku, menjadi es.

2. Nama benda : Pasir
Ciri-ciri benda : Pasir merupakan benda padat, bentuknya tetap dan tidak dapat berubah-ubah. Warna dan bentuknya tergantung atom silika yang membentuknya. Dapat digunakan untuk industri pembuatan kaca dan produk turunannya. Kerap ditemukan di daerah yang berbatasan langsung dengan massa air dalam jumlah besar, seperti pantai.

3. Nama benda : Ember
Ciri-ciri benda : Ember merupakan benda padat, bentuknya tetap dan tidak dapat berubah-ubah. Ember terbuat dari berbagai material, seperti besi, aluminium, hingga plastik. Dapat digunakan untuk wadah.

4. Nama benda : Sekop
Ciri-ciri benda : Sekop merupakan benda padat, bentuk dan ukurannya bervariasi tergantung kegunaannya. Terbuat dari berbagai material dari besi hingga plastik. Digunakan untuk mengambil sejumlah massa dari dalam tanah. Disertai dengan pegangan pada salah satu ujungnya. Salah satu ujungnya yang digunakan untuk menyekop biasanya berbentuk segitiga.

5. Nama benda : Kerang
Ciri-ciri benda : Kerang merupakan benda padat, bentuknya tetap dan tidak dapat berubah-ubah. Salah satu hewan yang tinggal di perairan. Tergolong hewan moluska. Memiliki cangkang yang dapat membuka dan menutup

Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa: Setiap benda memiliki ciri-ciri khusus yang menjadikannya unik dibandingkan benda lain.

Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi. Pengembangan keterampilan percakapan dalam bahasa baru sering menjadi fokus pengajaran dan pembelajaran bahasa.









Nah sebelum kalian menceritakan cara melakukan permainan domba serigala, simak terlebih dahulu apa yang disampaikan oleh gurumu mengenai aturan dalam bermain domba serigala! Praktikkan juga permainan domba serigala bersama teman sekelasmu!
Berikut ini cara melakukan permainan serigala dan domba :

Pertama, domba bertanya pada si serigala, “hal serigala, pukul berpakan sekarang?”

Kedua, si serigala menjawab dengan angka dari 1 sampai 10. Misal, pukul, 6, pukul 9, pukul 10 dan sebagainya.

Ketiga, semua domba pada baris pertama maju kepada serigala dengan jumlah langkah yang sama dengan apa yang diucapkan si serigala tadi.

Keempat, setelah domba-domba maju kepada si serigala domba menanyakan kembali dengan pertanyaan yang sama. Tetapi jawaban serigala berbeda dari jawaban yang pertama.

Kelima, si serigala menjawab “tengah malam”. Maka para domba harus kembali ke garis awal dan si serigala dengan cepat akan berusah menangkap domba sebanyak mungkin.

Keenam, permainan akan berakhir jika semua barisan domba sudah mendapatkan gilirannya. Dan akhirnya dihitung jumlah domba yang di dapatkan si serigala.






Evaluasi
1. Ketika berwisata ke pantai, Andi bermain air laut di temani ayahnya. Air laut termasuk benda ….
a. Padat
b. Bergerak
c. Cair

2. Benda-benda di pantai di bawah ini yang termasuk benda padat adalah ….
a. Jus buah
b. Air kelapa
c. Pasir

3. Aturan di tempat wisata harus ditaati dengan baik, hal itu supaya para pengunjung bisa ….
a. Aman dan nyaman
b. Bayar dengan gratis
c. Berfoto dengan bebas

4. Ketika berwisata ke Pantai, seorang petugas penjaga pantai melarang para pengunjung berenang terlalu jauh dari pantai. Hal itu harus ditaati para pengunjung demi ….
a. Keselamatan diri
b. Indahnya air pantai
c. Ikan yang ada di pantai

5. Kegiatan di bawah ini yang tidak baik dilakukan ketika di rumah adalah ….
a. Membaca buku sambil tidur
b. Mencuci tangan sebelum makan
c. Menyapu lantai di pagi hari

Kesimpulan
Kegiatan bermain pasir merupakan sebuah permainan anak yang bisa memberikan kebebasan anak dalam membuat sebuah karya berupa bentuk-bentuk yang dihasilkan dari cetakan plastik dengan berbagai macam bentuk. kegiatan bermain pasir ini bisa meningkatkan aspek perkembangan motorik halus anak.

Istana pasir adalah bermain membuat bangunan istana terbuat dari pasir. Bahan utama yang digunakan adalah pasir dan air. Istana pasir biasanya dibuat di pantai. Membuat bangunan dari pasir dilakukan oleh anak-anak dengan menggunakan ember dan sekop.

Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa: Setiap benda memiliki ciri-ciri khusus yang menjadikannya unik dibandingkan benda lain.


Penutup
Besok kita akan masuk materi tema 2 subtema 4 pembelajaran 3 tentang kalimat tanya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar