Kamis, 28 September 2023

Materi Ajar Tema 2 Sub 4 PB 5 Kelas 2 A




Hari/Tanggal : Jum'at, 29 September 2023

Kelas : 2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung

Tema ( 2 ) : Bermain Di Lingkunganku

Subtema ( 4 ) : Bermain Di Tempat Wisata

Pembelajaran : 5

KD : PJOK (3.2), B. Indonesia (3.2), PPKN (2.2)


Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik mampu menyatukan kalimat yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan menyatakan dan mengidentifikasi gerak bagian kaki dengan benar.

2. Peserta didik dapat menemukan kosakata berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek dengan berbagai hal yang harus dilakukan sehari-hari yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah

3. Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di tempat wisata.


Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah kita masih dipertemukan dengan peringati hari Maulid Nabi Muhammad SAW yang ke 1445 H.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 5 tentang estafet bola dan peraturan nya.


Yuk simak materi pembelajaran berikut ini:

Video Pembelajaran





Materi Ajar

Beni diminta menyiapkan barisan temannya, Mereka akan melakukan permainan yaitu permainan estafet bola.
Estafet bola adalah salah satu bentuk permainan bola tangan yang mengandalkan kerjasama tim. Permainan ini menjadi salah satu olahraga yang baik untuk melatih aspek psikomotorik anak. Sehingga sangat tepat dimainkan anak sekolah.




Bermain Estafet Bola

Dalam kehidupan sehari-hari Bermain Estafet Bola bisa kita lakukan. Siswa sedang bermain estafet bola dengan meliukkan badannya ke arah samping kiri. Tim terdiri atas dua tim. Mereka berbaris dari kiri ke kanan. Bola dipegang dengan dua tangan di atas kepala dengan tangan yang lurus. Kemudian, badan diliukkan ke kiri untuk memberikan bola kepada teman satu tim.

Teman satu tim menerima bola dengan meliukkan badannya ke arah teman di sebelah kanan. Mereka tidak boleh memutar badan. Hal ini dilakukan sampai bola di teman paling kiri. Teman paling kiri kembali meliukkan badannya dan mengoper bola ke arah kanan menuju tempat semula. Tim yang paling cepat akan menang.

Beni adalah ketua tim. Ia berdiri di depan. Bola sedang dipegang Beni. Tim lain dipimpin oleh Edo. Edo baru saja memberikan bola ke teman di samping kirinya. Namun, tim Edo terlalu tergesa-gesa, sehingga bolanya terjatuh. Mereka harus mengulang lagi. Sedangkan tim Beni melakukan dengan konsentrasi dan cepat. Mereka berhasil menang.

Peraturan dalam permainan estafet bola antara lain meliputi :
1. Peserta di bagi dalam tiga kelompok yang mana tiap kelompok memiliki jumlah peserta yang sama.
2. Pemain tidak di perkenankan melewati garis atau menginjak garis, baik mereka bertugas sebagai penangkap maupun pelempar.
3. Pemain penangkap dan pelempar berdiri pada posisi yang saling berhadapan.
4. Pemain melempar dan menangkap menggunakan kaos, kecuali pemain pertama yang melempar dengan tangan
5. Jika ketika pertandingan sedang di mulai dan ada salah satu tim yang menjatuhkan bola maka tim tersebut harus memulai dari awal

Setelah kita melakukan permainan estafet bola marilah kita melakukan pengamatan berikut ini. Mari kita coba

Keragaman Benda
Alat dan bahan : bola, kayu, dan balon.

Petunjuk :
1. Amatilah alat dan bahan satu persatu!
2. Isilah titik-titik di bawah!

Hasil pengamatan:

1. Nama benda : bola
Ciri-ciri benda :
Bentuk benda :

2. Nama benda : kayu
Ciri-ciri benda :
Bentuk benda

3. Nama benda : balon
Ciri-ciri benda :
Bentuk benda :

Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwasannya sifat-sifat benda dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.


Evaluasi
Kamu sudah bisa mengelompokkan hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di tempat wisata.

Sekarang, kelompokkanlah hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah! Berikan tanda centang pada gambar yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah!




Kesimpulan
Estafet bola adalah salah satu bentuk permainan bola tangan yang mengandalkan kerjasama tim. Permainan ini menjadi salah satu olahraga yang baik untuk melatih aspek psikomotorik anak. Sehingga sangat tepat dimainkan anak sekolah dan kita dapat menemukan sifat benda - benda di tempat wisata kita.

Penutup
Besok kita akan masuk materi tema 2 subtema 4 pembelajaran 6 tentang berwisata ke kebun binatang.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar