Selasa, 19 September 2023

Materi Ajar Tema 2 Sub 3 PB 5 Kelas II A

 

 

Tanggal dan Waktu : Selasa, 19 September 2023

Kelas : 2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung

Tema ( 2 ) : Bermain Di Lingkunganku

Subtema ( 3 ) : Bermain Di Lingkungan Sekolah

Pembelajaran : 5

KD : PJOK (4.2), B. Indonesia (3.2), PPKN (2.2)

Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat menanamkan variasi gerak memutar badan tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh,ruangan, usaha dan terhubung dalam berbagai bentuk permainan sederhana. tradisional dengan percaya diri.

2. Peserta didik dapat menemukan pemahaman yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek yang dibacakan dengan cermat.

3. Peserta didik mampu mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan sehari-hari yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.

Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah dipertemuan yang sebelumnya kita sudah mempelajari materi tentang Pembagian adalah salah satu dari empat operasi dasar aritmetika, cara digabungkan untuk membuat bilangan baru. Operasi lainnya adalah penambahan, pengurangan, dan perkalian.

Pada tingkat dasar pembagian dua bilangan asli, antara kemungkinan interpretasi lain, proses penghitungan berapa kali satu bilangan dimasukkan ke dalam bilangan lain.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5.

Yuk simak materi pembelajaran berikut 👇👇👇

Video Pembelajaran




Materi Ajar

Jam menunjukkan pukul 10.00 WIB
Beni bersiap melakukan permaianan estafet bola .

Permainan estafet bola adalah salah satu bentuk permainan bola tangan yang mengandalkan kerjasama tim. Permainan ini menjadi salah satu olahraga yang baik untuk melatih aspek psikomotorik anak.






Berikut ini langkah-langkah dalam permainan estafet bola

Pertama, bola disiapkan di dalam kerajang. Kedua peserta dibagi menjadi 2 kelompok. Ketiga, wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai. Keempat, Peserta dalam barisan pertama mengambil bola di dalam keranjang. Kelima, Bola diberikan kepada peserta kedua dan seterusnya. Keenam, peserta terakhir memasukkan bola ke dalam keranjang yang kosong. Ketujuh, kelompok yang tercepat dalam memasukkan bola menjadi pemenangnya.








Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi. Pengembangan keterampilan percakapan dalam bahasa baru sering menjadi fokus pengajaran dan pembelajaran bahasa.

Marilah kita simak percakapan antara Beni, Dayu dan Udin berikut ini!

Beni : Dayu, kenapa kamu terlambat?
Dayu : Saya jajan dulu.
Beni : Wah, jajan kan ada waktunya! Lalu, mengapa kamu membuang sampah sembarangan? Ada tempat sampah di sana.
Dayu : Ah, terlalu jauh! Jadi, biarkan sajalah!
Beni : Itu kan bagian dari tata tertib di sekolah kita, Dayu. Menurut tata tertib di sekolah kita, semua murid wajib membuang sampah di tempat sampah.
Udin : Bagaimana tata tertib dalam upacara?




Tata Tertib Upacara Bendera

Dalam tata tertib upacara bendera, semua murid wajib mengikuti upacara bendera pada hari Senin. Setiap peserta upacara harus tertib, tidak boleh berisik. Sementara itu, dalam tata tertib di kelas, kita harus datang ke sekolah sebelum pembelajaran dimulai.

Sebelum masuk ke kelas, kita harus menegangkan dengan rapi di depan kelas. Setelah tanda bel masuk dibunyikan, semua siswa harus sudah berada di kelas. Kita diharuskan berdoa sebelum pelajaran dimulai dan setelah pelajaran berakhir dipimpin oleh ketua kelas.

Kebersihan, kerapian, dan keindahan kelas menjadi tanggung jawab ketua kelas dan seluruh siswa. Siswa yang bertugas piket pada hari itu wajib menyirami tanaman yang berada di depan kelasnya. Setiap siswa harus berperilaku senyum, salam, sapa, sopan, dan santun.

Perhatikanlah gambar berikut! Kelompokkanlah hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah! Berikan tanda centang pada gambar yang sesuai!


Setelah kita mengamti gambar yang sesuai dengan tata tertib disekolah marilah kita menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini !

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks yang kamu dengar!
1. Apa yang terjadi dengan Dayu dan Mey?
2. Bagaimana cara melakukan permainan estafet bola?
3. Apa yang dibutuhkan dalam permainan tersebut?
4. Bagaimana aturan dalam permainan estafet bola?
5. Mengapa tim Beni menang?

Jawaban :

1. Dayu dan Mey sedang ditegur oleh guru olahraga karena terlambat ketika pelajaran olahraga telah dimulai.

2. Cara bermain estafet bola :

Bola disiapkan di dalam keranjang
Peserta dibagi menjadi 2 kelompok
Wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai
Peserta dalam barisan pertama mengambil bola di dalam keranjang
Bola diberikan kepada peserta kedua dan seterusnya
Peserta terakhir memasukkan bola ke dalam keranjang yang kosong
Kelompok yang tercepat dalam memasukkan bola menjadi pemenangnya
3. Satu bola tenis untuk masing-masing kelompok dan satu buah peluit untuk wasit.

4. Peraturan dalam permainan estafet bola di antaranya adalah

Peserta di bagi dalam tiga kelompok yang mana tiap kelompok memiliki jumlah peserta yang sama
Pemain tidak di perkenankan melewati garis atau menginjak garis, baik mereka bertugas sebagai penangkap maupun pelempar
Pemain penangkap dan pelempar berdiri pada posisi yang saling berhadapan
Pemain melempar dan menangkap menggunakan kaos, kecuali pemain pertama yang melempar dengan tangan
Jika ketika pertandingan sedang di mulai da nada salah satu tim yang menjatuhkan bola maka tim tersebut harus memulai dari awal
Permainan estafet bola di mainkan dalam waktu 20 menit
Pemenang dalam permainan estafet bola adalah pemain yang dapat memindahkan bola dari garis start sampai garis finish dengan waktu tercepat
Karena tim Beni memiliki pemain yang dapat memindahkan bola dari garis start sampai garis finish dengan waktu tercepat.

Ayo Mencoba!

Lakukanlah pengamatan sederhana berikut! Sediakan alat dan bahannya!

Keragaman Benda
Alat dan bahan: bola, buku, dan pensil.
Petunjuk:
1. Sediakan alat dan bahan!
2. Kamu bisa menambahkan dengan benda yang ada di sekitarmu!
3. Amatilah bahan tersebut satu per satu!
4. Isilah titik-titik berikut ini!

Hasil pengamatan:
1. Nama benda : Bola
Ciri-ciri benda :
Bentuk benda :

2. Nama benda : Buku
Ciri-ciri benda :
Bentuk benda :

3. Nama benda : Pensil
Ciri-ciri benda :
Bentuk benda :

Berikut ini hasil pengamatannya :

1. Nama benda : Bola
Ciri-ciri benda : Berbentuk bulat, memiliki bagian dalam yang kosong berisi angin. Bola diciptakan untuk menghadirkan efek areodinamis yang tepat dan meningkatkan ketekunan tendangan para pemain sepak bola.

2. Nama benda : Buku
Ciri-ciri benda : Ciri-ciri buku secara umum berbentuk persegi panjang, di dalamnya terdapat kertas dan memiliki sampul. Buku digunakan untuk menulis atau menggambar.

3. Nama benda : Pensil
Ciri-ciri benda : Terbuat dari bahan kayu, terdapat granit. Bentuk pensil tabung atau silinder, digunakan pada kertas, bisa dihapus dengan karet.

Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa: Setiap benda memiliki nama, ciri-ciri, bentuk dan kegunaan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.


Evaluasi
1. Permainan yang mengandalkan tim kerjasama adalah ?
2. refleksi langkah-langkah permainan estafet bola ?
3. Bagaimana cara melakukan permainan estafet bola?
4. Bagaimana aturan dalam permainan estafet bola?
5. Apa yang dibutuhkan dalam permainan tersebut?


Kesimpulan
Permainan estafet bola adalah salah satu bentuk permainan bola tangan yang mengandalkan kerjasama tim. Permainan ini menjadi salah satu olahraga yang baik untuk melatih aspek psikomotorik anak.

Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi. Pengembangan keterampilan percakapan dalam bahasa baru sering menjadi fokus pengajaran dan pembelajaran bahasa.


Penutup
Besok kita akan masuk materi tema 2 subtema 3 pembelajaran 6 tentang permainan sepakbola dan Pembagian.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar