Kamis, 21 September 2023

Materi Ajar Tema 2 Sub 4 PB 1 Kelas 2 A

 


tanggal dan waktu : Thursday, 21 September 2023 

kelas: 2 A

sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema ( 2 ) : Bermain Di Lingkunganku

Subtema ( 4 ) : Bermain Di Tempat Wisata 

pembelajaran : 1

KD : Matematika (4.4), B. Indonesia (3.2), SBDP (4.4)

Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik mampu memecahkan masalah sehari-hari
yang melibatkan perkalian dengan benar.

2. Peserta didik mampu siswa dapat
menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar.

3. Peserta didik mampu membuat karya hiasan dengan bahan alami dengan disiplin.


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Apersepsi

Alhamdulillah dipertemuan yang sebelumnya kita sudah mempelajari materi tentang Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi. Pengembangan keterampilan percakapan dalam bahasa baru sering menjadi fokus pengajaran dan pembelajaran bahasa dengan membahas tentang pembagian . Pembagian adalah salah satu dari empat operasi dasar aritmetika, cara bilangan digabungkan untuk membuat bilangan baru. Operasi lainnya adalah penambahan, pengurangan, dan perkalian.

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 1. 

video pembelajaran


Materi Ajar

Bu Guru mengumumkan kabar gembira. Kelas dua SD akan pergi berwisata. 
Berwisata adalah melakukan perjalanan wisata.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kamu pergi berwisata :
1. Tentukan lokasi tujuan wisata
Pertama-tama kita harus menentukan lokasi tujuan kita berwisata. Jangan sampai kita berangkat untuk berwisata tamun tanpa adanya tujuan yang jelas. Untuk lokasi tujuan wisata sendiri, terdapat banyak tujuan wisata yang bisa kita kunjungi. Bahkan kini setiap kota sebenarnya memiliki objek wisata khas nya masing-masing. Mulai yang terdekat kita bisa berkunjung ke tempat taman bermain dan mall. Selain itu kita juga bisa berwisata alam ke pantai atau ke pegunungan.

2. Persiapkan kesehatan dan kebugaran fisik
Selanjutnya yang harus kita persiapkan sebelum berwisata adalah menyiapkan kesehatan dan kebugaran fisik kita. Akan sia-sia jika kamu berwisata namun dengan tubuh yang tidak sehat. Bukannya menghilangkan penat dan stres, malah kita akan memperparah sakit pada tubuh kita. Nah untuk itu, fisik menjadi hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum berwisata.

Dengan kesehatan dan kebugaran fisik yang maksimal, wisata kalian akan semakin menyenangkan. Namun jika kamu memiliki riwayat penyakit, kamu bisa membawa obat-obatan yang diperlukan untuk langkah antisipasi. Perlu diingat kesehatan merupakan prioritas utama.

3. Membawa barang bawaan yang diperlukan
Yang ketiga, jangan pernah lupa untuk membawa barang bawaan yang diperlukan. Barang yang diperlukan saat berwisata, biasanya meliputi identitas serta dokumen penting dan barang pribadi seperti baju ganti atau barang lainnya. Barang pribadi sangat penting untuk dipersiapkan sebelum berwisata. Karena barang-barang pribadi biasanya cukup sulit untuk didapatkan di daerah atau sekitar objek wisata. Jangan sampai waktu kita terbuang sia-sia gara-gara mencari barang keperluan pribadi yang sebenarnya bisa dipersiapkan sejak dari rumah.

Namun perlu diperhatikan juga jangan membawa barang bawaan terlalu banyak. Barang bawaan yang terlalu banyak akan merepotkan kamu sendiri dalam perjalanan. Cukup bawa barang yang sekiranya penting dan dibutuhkan. Jangan membawa barang yang tidak berfungsi.

4. Terakhir, jangan lupa membawa uang secukupnya
Yang terakhir dan yang paling penting dalam setiap kegiatan berwisata adalah membawa uang secukupnya. Tempat wisata pada umumnya memiliki tarif sesuai ketentuan masing-masing tempat wisata. Selain itu kamu juga memerlukan uang untuk transportasi menuju tempat wisata tersebut. Entah menggunakan transportasi umum maupun pribadi, pasti kamu akan membutuhkan uang.

Tidak hanya tarif tempat wisata dan transportasi, kamu juga memerlukan uang untuk membeli makanan atau camilan dalam perjalanan atau di tempat wisata tersebut. Belum lagi cinderamata yang bisanya menggoda kamu untuk membelinya. Jadi jangan pernah kamu berwisata tanpa membawa uang. Karena hal tersebut akan benar-benar merepotkan kamu.


Bermain Layang-layang merupakan jenis permainan tradisional yang biasa dimainkan anak-anak hingga orang dewasa. Permainan ini hampir ditemukan di setiap penjuru daerah di Indonesia. Permainan layangan ini telah berlangsung dari zaman dahulu kala.
Marilah kita amati gambar berikut ini!
Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 2 Halaman 170 172 173 175 176 178 179 180 181  Pembelajaran 1 Subtema 4 Bermain di Tempat Wisata Di Buku Tematik
Kira-kira, apa cerita yang cocok untuk gambar di atas?

Menurut saya, cerita yang cocok untuk diatas adalah Beni dan teman-teman anak laki-laki sedang bermain layang-layang di pinggir pantai, sedangkan anak perempuan bermain pasir..

Marilah kita simak percakapan antara bu guru, beni, dan siswa berikut ini!

Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi. Pengembangan keterampilan percakapan dalam bahasa baru sering menjadi fokus pengajaran dan pembelajaran bahasa


Ayo Membaca! 

Dengarkanlah pembacaan teks percakapan berikut!

Dua orang temanmu akan membacakannya ke depan kelas. Setelah kamu dengarkan, coba baca kembali untuk meningkatkan pemahamanmu!

Bu Guru : “Anak–anak, kita sekarang sudah di lingkungan pantai. Bagaimana perasaan kalian?”
Beni : “Kami sangat senang, Bu.”
Bu Guru : “Sekarang silakan bermain dulu, tetapi tidak boleh jauh-jauh. Paham, anak-anak?”
Siswa : “Paham, Bu.”
Beni : “Bu, saya ingin bermain layang-layang”.
Bu Guru : “Boleh, Beni.”
Lani : “Kalau kami ingin menulis-nulis di pasir, Bu.”
Bu Guru : “Silakan. Tetapi ingat, jangan terlalu dekat dengan tepi pantai, ya.”
Siswa : “Baik, Bu.”
Bu Guru : “Sebelum bermain, Ibu mau bertanya. Benda apa saja yang ada di pantai?”
Dayu : “Kapal, pancingan, keranjang ikan, jaring, pelampung, dan sampan, Bu.”
Mey : “Pasir, batu, air, dan kerang, Bu.”
Udin : “Balon dan layang-layang, Bu.”
Bu Guru : “Pintar anak-anak Ibu semua, beri tepuk tangan untuk kita semua.”

Bagaimana hasil terkaanmu tadi? Benar. Apakah sesuai dengan teks percakapan yang kamu baca? Sesuai. Apa saja tanda baca yang digunakan dalam teks yang kamu baca? titik dua (:), tanda petik (“) dan tanda seru atau tanda tanya (?). Benarkah penggunaan tanda bacanya? Benar.

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks percakapan!

1. Bagaimana perasaan siswa ketika sampai di pantai?
2. Siapa yang ingin bermain layang-layang?
3. Apa yang ingin dilakukan Lani?
4. Apa yang ditanyakan Bu Guru kepada siswa?
5. Apa saja benda yang ada di pantai?

Jawaban :

1. Perasaan siswa senang.
2. Beni
3. Lani ingin menulis-nulis di pasir.
4. Bu guru menanyakan benda apa saja yang ada di pantai.
4. Kapal, pancingan, keranjang ikan, jaring, pelampung, sampan, pasir, batu, air, kerang, balon dan layang-layang.

Setelah kita menerka tentang percakapan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan Ayo Membaca teks percakapan berikut ini !

Beni dan Siti sedang menghitung layang-layang. Bacalah percakapan mereka dengan cermat!

Siti : Aku pernah membaca tentang membagi dengan bilangan 1.
Beni : Bagaimana hasilnya?
Siti : Bagaimana kalau kita coba?
Beni : Wah ide yang bagus!
Siti : Nah, kita kan sedang menghitung layanglayang. Di tanganku sudah ada 6 layang-layang. Kalau aku bagikan 6 layang-layang kepada Beni, berapa banyak layang-layang yang Beni terima? Langsung kita buktikan, ya? 6 : 1 = 6
Beni : Kalau begitu, suatu bilangan jika dibagi 1 hasilnya bilangan itu sendiri, ya.

Setelah kita mendengarkan percakapan tersebut. Marilah Berlatih! Selesaikan soal berikut dengan teliti!

1. Kakek Beni memiliki lima layang-layang. Layang-layang itu akan diberikan kepada Beni. Berapa banyak layang-layang yang diperoleh Beni? Jawaban = 5 : 1 = 5

2. Tante Beni membeli tujuh gulung benang. Sampai di rumah, benang tersebut akan dibagikan kepada Beni. Berapa gulung benang yang diperoleh Beni? Jawaban = 7 : 1 = 7

3. Dalam acara wisata pantai siswa kelas II, dibutuhkan tiga unit mobil. Berapa banyak mobil yang dipakai oleh kelas II di sekolah Beni? Jawaban = 3 : 1 = 3

4. Ayah Beni memiliki dua pelampung. Ayah Beni akan membagikannya kepada kakak sepupu Beni. Berapa banyak pelampung yang diperoleh kakak sepupu Beni? Jawaban = 2 : 1 = 2

5. Beni menemukan satu ranting kayu. Beni membagikannya kepada Lani untuk menulis di pasir. Berapa banyak ranting yang dimiliki Lani? Jawaban = 1 : 1 = 1

Evaluasi 
1. Bermain di tempat wisata bisa membuat hati kita merasa ….
a. Takut
b. Senang
c. Gelisah

2. Tempat di bawah ini yang termasuk tempat wisata adalah ….
a. Kantor
b. Toko
c. Pantai

3. Mematuhi aturan di tempat wisata wajib dilaksanakan bagi ….
a. Siswa saja
b. Guru saja
c. Semua pengunjung

4. 15 : 3 = ….
Hasil dari operasi pembagian di atas adalah ….
a. 5
b. 4
c. 3

5. 28 : 4 = ….
Hasil dari operasi pembagian di atas adalah ….
a. 6
b. 7
c. 8

Kesimpulan
Berwisata ialah melakukkan perjalanan wisata. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan pada saat berwisata
1. Tentukan lokasi tujuan wisata
2. Persiapkan kesehatan dan kebugaran fisik
3. Membawa barang bawaan yang diperlukan
4. Terakhir, jangan lupa membawa uang secukupnya

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu



Tidak ada komentar:

Posting Komentar