Senin, 29 Januari 2024

Materi Ajar Tema 5 Sub 3 PB 1 Kelas 2

 

Hari/Tanggal : Senin, 29 Januari 2024

Kelas : 2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema ( 5 ) : Pengalamanku

Subtema ( 3 ) : Pengalamanku di Tempat Bermain

Pembelajaran : 1

Kompetensi Dasar :  
- Bahasa Indonesia 
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
4.6 Menyampaikan ungkapan ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”,“tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.

- Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

- SBDP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak - anak.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak - anak.
 
 
Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.

 Dengan mengamati gambar pengukuran panjang, siswa dapat menentukan konversi satuan panjang ( cm, m) dengan tepat.

- Siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian dengan hitungan yang benar.

 
 Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ananda sholeh sholehah, masih ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas pada pertemuan sebelumnya pada tema 5 subtema 2 pb 6 yaitu tentang satuan panjang. Untuk hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran di subtema 3 pb 1.  

Learning Videos
Pembelajaran 1


Materi Ajar

Ungkapan Permintaan Maaf
Ungkapan permintaan maaf biasanya diucapkan saat melakukan kesalahan. Saat melakukan kesalahan, kamu harus meminta maaf menggunakan kata maaf dengan santun. Tujuannya agar kesalahanmu dapat dimaafkan.

Perbandingan Panjang Benda
Untuk membandingkan dan mengurutkan panjang benda, satuan panjang harus sama.
Panjang bambu     = 2 m
                               = 200 cm

Panjang pita        = 1 m
                             = 100 cm

Panjang tali rafia    = 180 cm


Panjang ketiga benda tersebut jika dinyatakan dalam satuan cm adalah sebagai berikut.
Panjang tali rafia     = 180 cm
Panjang pita             = 100 cm
Panjang bambu         = 200 cm
Kesimpulannya :
- Tali rafia lebih panjang dari pita.
- Tali rafia lebih pendek dari bambu.


Mengidentifikasi Arah Gerak Tangan pada Gerak Keseharian
Setiap hari manusia bergerak. Manusia melakukan gerakan tertentu saat melakukan kegiatan.
                                                    
Gerakan mencangkul tanah        Gerakan menimba air    Gerakan mendorong meja


Evaluasi
1. Jika kita suka berbuat baik, maka kita akan ….
a. Dibenci teman
b. Dijauhi teman
c. Disukai teman

2. Contoh permainan yang bisa kita lakukan dengan teman adalah ….
a. Mencuri mangga
b. Gobak sodor
c. Membakar pohon

3. Pintu di rumah Sendy panjangnya adalah 2 m. 2 m sama dengan ….
a. 20 cm
b. 200 cm
c. 2.000 cm

4. Bermusyawarah adalah cara untuk memutuskan masalah secara ….
a. Pribadi
b. Bersama-sama
c. Cepat

5. Alat di bawah ini yang lebih tepat untuk mengukur panjang pintu adalah ….
a. Penggaris
b. Meteran
c. Busur


Kesimpulan
Dari materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi sebelumnya di pembelajaran yang ke 6 disimpulkan bahwa peserta didik kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 2 peserta didik yang tidak hadir dikarenakan sakit.

Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu mengerjakan sholat 5 waktu dan jangan lupa terus murojaah juz 30. Jangan lupa untuk pembelajaraan besok 30 Januari 2024 kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2. 

Tetap semangat ananda sholeh sholehah Bu Upik dan pak Hendri

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar