Kamis, 11 Januari 2024

Materi Ajar Tema 5 Sub 1 PB 1 Kelas 2A


 

Hari/Tanggal : Kamis, 11 Januari 2024

Kelas : 2A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema ( 5 ) : Pengalamanku

Subtema ( 1 ) : Pengalamanku di Rumah

Pembelajaran : 1

Kompetensi Dasar :  
 (3.6 Bahasa Indonesia)
Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya
santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia

- (4.6 Matematika)
Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
 
- (3.2 SBDP)
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
 
Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan maju ke depan kelas, peserta didik dapat bersosialisasi dengan baik menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar

2. Dengan mengamati berbagai gambar benda, peserta didik dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat

3. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama dua dengan benar


Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi ananda sholeh sholehah 
Bagaimana liburan terakhirnya?

Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk menuntut ilmu.

Ananda sholeh sholehah masih ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas di tahun lalu yaitu pada tema 4 membahas tentang hidup bersih dan sehat pada hari ini kita akan membahas materi tema 5 subtema 1 pb 1 diantaranya tentang "Pengalamanku Di Rumah".

Yuk simak materi pembelajaran berikut 

Video Pembelajaran
Pembelajaran 1


 
Materi Ajar
 
Pengalamanku

Setiap orang memiliki pengalaman. Pengalaman dapat diperoleh di mana saja. Seperti di rumah, sekolah, dan tempat bermain. Pengalaman juga dapat diperoleh di tempat wisata. Pengalaman Beni di rumah bekerja bersama keluarga. Beni dan keluarga bekerja membersihkan kebun bunga.
Lihat Gambar 1. Beni di sekolah pernah menang lomba. Beni menang lomba baca puisi.
Lihat Gambar 2. Beni juga berpengalaman di tempat bermain. Pengalaman bermain Galah Asin. Galah Asin dilakukan di lapangan.
Lihat Gambar 3. Beni berpengalaman juga di tempat wisata. Beni pernah pergi ke raja Ampat.
Lihat Gambar 4. Liburan semester 1 telah usai. Saat liburan Beni asyik membantu di rumah.
KUNCI JAWABAN Tema 5 Kelas 2 Halaman 125 126 & 116 117 118 119 120 121 122 123 124 Pengalamanku - Tribunpontianak.co.id
Beni membantu ibu, ayah, dan kakak.
Beni membantu ibu memajang selai dinding.
Beni membantu ayah memperbaiki motor.
Beni membantu kakak membersihkan kamar.
Tema 5 Kelas 2 Halaman 3 4 6 8 9 11 12, Kunci Jawaban Soal: Apa yang terjadi dengan Jam Dinding?  - Tribunpadang.com

Jam dinding di rumah Beni mati. Ibu minta tolong Beni mengganti baterainya. Jam dinding terjatuh, saat tercapai. Beni minta maaf kepada ibunya.

Ayo Mengamati!
Dengarkan teks percakapan yang dibacakan gurumu! Dengarkan dengan sasama!

Teks percakapan antara Beni dan Ibunya

Ibu : “Beni, coba lihat jam dinding di rumah, Nak!”
Beni : “Iya, Bu!” (Beni melihat jam dinding) “Waahh! Jarumnya berhenti bergerak, Bu!”
Ibu : “Kalau begitu, apa yang harus dilakukan?”
Beni : “Beni harus mengganti baterai dengan yang baru, Bu!”
Ibu : “Maukah Beni mengganti baterainya?”
Beni : “Mau, Bu!” (Beni naik di atas tangga).
Ibu : “Hati-hati ya, Nak!”
Beni : “Iya, bu!” (Saat menjangkau jam dinding, Beni kurang hati-hati).
Ibu : “Wahh, jamnya retak.”
Beni : “Maafkan Beni, Bu! Beni kurang hati-hati dalam mengambil jam dinding, sehingga jam dinding terjatuh.”
Ibu : “Iya, Nak! Kedepannya, Beni harus lebih hati-hati dan tidak perlu tergesa-gesa.

Ayo Mengamati!
Sudahkah kamu mendengarkan teks percakapan? Buatlah pertanyaannya. Mintalah temanmu menjawabnya!

Pertanyaan: Siapa yang minta bantuan untuk mengganti baterai jam dindingnya?
Jawaban teman: Ibu.

Ayo Menulis!
Dengarkan percakapan di atas! Jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa yang terjadi dengan kemacetan dinding?
Jawab: Jarum jamnya berhenti bergerak / jam dinding Beni mati.

2. Siapa yang mengambil jam dinding?
Jawab: Beni

3. Mengapa jam dinding jatuh?
Jawab: Saat menjangkau jam dinding, Beni kurang hati-hati

4. Bagaimana cara mengambil jam dinding?
Jawab: Beni harus lebih hati-hati dan tidak perlu terburu-buru.

5. Beni telah menjatuhkan jam dinding. Apa yang dilakukan Beni kepada ibunya?
Jawab: Meminta maaf.
 
 
Ayo Mengamati! 
Amatilah gambar berikut!
Beni teringat tugas dari gurunya. Tugasnya mengukur panjang benda. Benda yang ada di rumah. Beni ingin mengukur panjang selai dinding. mengirimkan panjang jam dinding ini? Penyediaan alat yang digunakan untuk mengukurnya.
KUNCI JAWABAN Tema 5 Kelas 2 SD Subtema 1 Hal 6-9, Mengukur Benda-benda di Sekitar dengan Penggaris - Halaman 2 - Tribunnewsmaker.com
 
Alat yang digunakan adalah penggaris. Penggaris disebut juga mistar. 
Pernahkah kamu menggunakan penggaris? Ya, Pernah! 
Pertanda benda yang pernah diukur dengan penggaris. Penjaminan satuan ukuran yang ada di penggaris.
Jawaban: Benda yang pernah diukur dengan penggaris yaitu buku, sisir, kotak tisu, dan jam dinding. 
 
Satuan ukuran yang ada di penggaris adalah sentimeter
 
Ayo Mencoba!
Kamu sudah mengetahui cara mengukur benda. Ukurlah benda-benda yang ada di sekitarmu! Gunakan penggaris untuk mengukurnya.

√ Kunci Jawaban Halaman 2, 3, 6, 8, 9, 11, 12 Tema 5 Kelas 2 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 1 - Pojok Edukasi


Ayo Berlatih!
Kamu sudah dapat mengukur panjang benda di sekitarmu. Perhatikan gambar berikut! Pilihlah benda yang dapat diukur dengan penggaris. Berikan tanda centang pada gambar berikut!
  Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2 SD MI Halaman 9, Ayo Berlatih - Ringtimes Bali
 
Ayo Berdiskusi!
Kamu sudah mengetahui tekanan nada. Baik nada kuat maupun lemah. Perhatikan kosakata pada teks lagu “Pelangi-Pelangi”. Coba temukan panjang dan pendek bunyinya.

Diskusikan bersama temanmu! Tuliskan hasilnya pada kotak berikut!
Garis bawahi teks lagu tersebut. Bunyi panjang dengan garis merah. Bunyi pendek dengan garis biru
 
 LENGKAP!!!  Kunci Jawaban Tematik Kelas 2 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 - Berita Sederhana |  Kunci Jawaban Lengkap & Terbaru
 
tahukah kamu tekanan nada? Tekanan nada pada lagu ada dua. Nada kuat dan nada lemah.
Tanda “<” artinya nada kuat. Tanda “>”artinya nada lemah.

Ayo Berdiskusi!
Kamu sudah mengetahui tekanan nada. Baik nada kuat maupun lemah. Perhatikan kosakata pada teks lagu “Pelangi-Pelangi”. Coba temukan panjang dan pendek bunyinya.

Diskusikan bersama temanmu! Tuliskan hasilnya pada kotak berikut!
Garis bawahi teks lagu tersebut. Bunyi panjang dengan garis merah. Bunyi pendek dengan garis biru.
Jawaban:
Bunyi panjang :
- Pelangi-pelangi
- alangkah indahmu
- Pelukismu Agung
- siapa gerangan
 
Bunyi pendek :
- Merah, kuning, hijau
- di langit yang biru
- Pelangi, pelangi
- ciptaan Tuhan!
KUNCI JAWABAN Kelas 2 SD Tema 5 Halaman 3, 4, 8, 9, 11, dan 12 Subtema 1 Pembelajaran 1 - TribunNews.com

 
 
Evaluasi
1. Pengalaman di rumah sering dialami bersama …
a. Teman
b. Guru
c. Keluarga

Bacalah cerita di bawah ini untuk mengisi soal nomor 2 – 3 !
Pada hari minggu Bayu membantu ibunya menyirami tanaman dalam pot di depan rumahnya. Ada banyak tanaman yang ditanam oleh ibunya, seperti tomat, cabai dan terong. Bayu membantu ibunya dengan senang hati. Bayu begitu senang menyirami tanaman sambil melompat-lompat. Tanpa sengaja ia menendang salah satu pot hinggga pecah. Bayu kemudian meminta maaf kepada ibunya. Ibunya tidak marah kepada Bayu, karena berani jujur ​​dan meminta maaf. Lalu ibu menasehati Bayu agar lebih hati-hati ketika menyirami tanaman.

2. Apa yang dilakukan Bayu pada hari minggu...
a. Membantu menyapu halaman
b. Membantu menanam tomat dan terong
c. Menyirami tanaman di depan rumahnya

3. Tanaman apa yang ditanam ibu Bayu ...
a. Tomat, cabai dan jagung
b. Tomat, kentang dan padi
c. Tomat, cabai dan terong

4. Sandi ingin mengukur panjang pensilnya lebih mudah menggunakan ….
A. Meteran
b. Penggaris
c. Jangka sorong
 
5. Pada penggaris biasanya menggunakan satuan panjang yaitu ….
A. sentimeterb
. Meter
c. Kilometer

 Kesimpulan
Setiap orang memiliki pengalaman. Pengalaman dapat diperoleh di mana saja. Seperti di rumah, sekolah, dan tempat bermain. Pengalaman juga dapat diperoleh di tempat wisata.
Alat yang digunakan adalah penggaris. Penggaris disebut juga mistar. 
Satuan ukuran yang ada di penggaris adalah sentimeter.
Tekanan nada pada lagu ada dua. Nada kuat dan nada lemah. Tanda “<” artinya nada kuat. Tanda “>”artinya nada lemah.

Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu mengerjakan sholat 5 waktu dan jangan lupa terus murojaah juz 30. Jangan lupa untuk pembelajaraan besok 12 Januari 2024 kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2. 


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar