Senin, 15 Januari 2024

Materi Ajar Tema 5 Sub 1 PB 3 Kelas 2

 

 Hari/Tanggal : Senin, 15 Januari 2024

Kelas : 2A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema ( 5 ) : Pengalamanku

Subtema ( 1 ) : Pengalamanku di Rumah

Pembelajaran : 3

Kompetensi Dasar :  
- (4.6 Bahasa Indonesia) 
Menyampaikan ungkapan- ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.

- (4.6 Matematika )
Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

- (3.2 SBDP)
 Memahami pola irama.
 

Tujuan Pembelajaran :
- Dengan menulis kalimat/mengungkapkan permintaan maaf, siswa dapat bersosialisasi secara santun dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.

- Dengan mengamati gambar, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.

- Dengam menyanyikan lagu “Burung Tantina”, siswa dapat menunjukkan tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan benar.

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

Apersepsi

masih ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas di pertemuan sebelumnya yaitu pada tema 5 subtema 1 pb 2 tentang Gerak dasar bertumpu merupakan salah satu gerak dominan dalam aktivitas senam lantai. Selain gerak dasar bertumpu, ada 8 gerak dominan dalam senam lantai, yakni mengandalkan, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, mengayun, melayang, dan mendarat. Gerakan bertumpu ditentukan oleh unsur kekuatan.

Video Pembelajaran
Pembelajaran 3


Materi Ajar

Hari sudah malam. Beni sedang bermain piano. Beni bermain di dekat kakaknya.
Beni memainkan lagu “Burung Tantina”.
 
Apakah kamu mengenal lagu “ Burung Tantina?”
Apakah kamu pernah menyanyikannya? Jika belum, perhatikan lagu berikut! Ayo nyanyikan “Burung
Tantina” bersama. Perhatikan tekanan kuat dan lemah. Juga panjang dan pendek bunyi lagunya.
 Not Angka Burung Tantina - SEPUTAR MUSIK
 
Amati teks lagu “Burung Tantina”! Tentukan tekanan kuat dan lemahnya! Tuliskan kosakata untuk tekanan kuat dan lemahnya!

Tuliskan kosakata untuk bunyi panjang dan pendeknya! yaitu sebgai berikut:
1. Tekanan kuat = tantina – panah – bukan – datang
2. Tekanan lemah = sio – mati – sakitnya – khabarnya
3. Bunyi panjang = tantina – burung – sakitnya – bukan – dipanah – nirwana – penyakit – Sri Rama – khabarnya
4. Bunyi pendek = sakit – dari

Beni bermain pianonya hebat. Beni bermain di dekat kakaknya. Kakak Beni sedang belajar. Kakak Beni merasa kesal. Apa kata Beni kepada kakaknya?
 Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2, Subtema 1 Pengalamanku di Rumah Pembelajaran 3 Halaman 22, 25,
 
Beni bermain pianonya hebat. Beni bermain di dekat kakaknya. Kakak Beni sedang belajar. Kakak Beni merasa kesal. Apa kata Beni kepada kakaknya?
 Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 2 Halaman 23 25 27 28 29 30 32 Tematik SD Subtema 1 Pembelajaran 3 - TribunNews.com
Pernahkah kamu melakukan kesalahan? Kepada siapa kamu melakukan kesalahan? Bagaimana cara meminta maaf? Coba tuliskan permintaan maafmu!
Jawab:
Maaf Pak, saya terlambat datang ke sekolah karena harus merawat ibu saya yang sakit.
 
Kemudian, Beni membuat PR. Beni ditugaskan mengukur benda. Benda tersebut tidak dapat diukur dengan satu penggaris. Beni mengukur benda lebih panjang dari penggaris.
 
penentuan benda yang diukur panjangnya!
Penggaris dapat mengukur panjang benda.
penempatan alat ukur panjang lainnya!
Beni mengukur panjang piano. Beni menggunakan penggaris lebih dari satu kali.
Beni juga dapat menggunakan meteran.
Meteran untuk mengukur benda yang panjangnya melebihi penggaris.

Perhatikan gambar berikut!
Berikan ceklis untuk benda yang diukur dengan meteran!
 √ Kunci Jawaban Halaman 22, 23, 25, 27, 28, 29, 30, 32 Tema 5 Kelas 2 Buku Siswa Subtema 1 Pembelajaran 3 - Pojok Edukasi
 
Meteran untuk mengukur panjang benda. Meteran juga untuk mengukur jarak. Jarak antara dua benda.,
Ayo Membaca! 
Amatilah percakapan berikut!

Beni : Kak, Beni mau bertanya. Bagaimana cara menggunakan meteran?
Kakak: Ya, tanya tentang apa? Caranya sama dengan menggunakan penggaris. Mulailah dari angka 0. Di mana 100 cm sama dengan 1 meter. Meter biasa ditulis m saja.
Beni: Oh, setiap garis pada meteran sama dengan di penggaris.
Kakak: Ya, benar. Garis itu yang digunakan mengukur panjang benda. Coba perhatikan, 1 m = 100 cm.

Ayo Berlatih!
Perhatikan percakapan di atas! Percakapan antara Beni dengan kakaknya.
1 m = 100 cm atau 100 cm = 1 m

Coba isi titik-titik berikut! Jawaban:
1. …dan … merupakan alat ukur untuk mengukur panjang.
2. …. = 300cm3
.…. = 400cm4
.…. = 500 cm
5. … = 600 cm

*  Evaluasi
1. 100 cm = .....m

2. 500 cm=......m

3. 400 cm =....m

4. 6 m = ...... cm

5. 7 m = .....cm



Kesimpulan
Dari materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi sebelumnya di pembelajaran yang ke 2 disimpulkan bahwa peserta didik kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 4 peserta didik yang tidak hadir dikarenakan sakit dan ijin.

* Penutup

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar