Jumat, 19 Januari 2024

Materi Ajar Tema 5 Sub 2 PB 1 Kelas 2



Hari/Tanggal : Jum'at, 19 Januari 2024

Kelas : 2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema ( 5 ) : Pengalamanku

Subtema ( 2 ) : Pengalamanku di Sekolah

Pembelajaran : 1

Kompetensi Dasar :  
- (Bahasa Indonesia 3.6)
Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia

- (Matematika 3.6)
Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

- (SBDP 3.1)
Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi

 
 
Tujuan Pembelajaran :
- Dengan memperhatikan yang disampaikan guru, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.

- Dengan membandingkan dua satuan ukuran, siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan dengan tepat

- Dengan mengamati gambar berbagai jenis biji-bijian, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
 
 
Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 
Ananda sholeh sholehah, masih ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas pada pertemuan sebelumnya tentang Kerukunan dalam keluarga, merupakan kesepakatan yang dilakukan oleh seluruh anggota keluarga untuk mengatasi segala perbedaan-perbedaan karakteristik, pandangan, pendapat dan kebiasaan dari masing-masing anggota keluarga. Lalu untuk hari ini kita akan membahas tema 5 subtema 2 pb 1 yaitu tentang mengenal Seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi adalah karya seni yang memiliki dua unsur, yakni panjang dan lebar. Sedangkan seni rupa tiga dimensi merupakan karya seni yang memiliki tiga unsur, yaitu panjang, lebar, serta tinggi.
 

Learning Videos
Pembelajaran 1


Materi Ajar
 
Seni rupa dua dimensi adalah karya seni yang memiliki dua unsur, yakni panjang dan lebar. Sedangkan seni rupa tiga dimensi merupakan karya seni yang memiliki tiga unsur, yaitu panjang, lebar, serta tinggi.

Contoh seni rupa dua dimensi adalah lukisan, foto, gambar, dan poster. Sedangkan contoh seni rupa tiga dimensi ialah patung, vas bunga, meja, serta guci.
Tuliskan Bahan untuk Menghias Vas Bunga, Kunci Jawaban Kelas 2 Tema 5  Halaman 68 dan 68 - Tribunpadang.com
 
Apakah kamu mengetahui bahan untuk menghias vas bunga !
KUNCI JAWABAN Tema 5 Kelas 2 SD/MI Halaman 68 & 69: Tuliskan Bahan untuk  Menghias Vas Bunga! - Halaman 2 - Tribunnewsmaker.com
 
 Bahan yang dibutuhkan : Kertas berwarna, gunting, lem, biji-bijian, cat air, dan kuas.

Kamu sudah menghias vas bunga. Hasilnya merupakan karya hiasan vas bunga. Tuliskan ciri-ciri karyamu!     
 
Ciri-ciri Hiasan Vas Bunga :
Terbuat dari gerabah / plastik
Berbentuk lonjong / kotak
Biasanya disertai
dengan ukiran yang unik
Memiliki warna gelap / cerah
Bentuknya unik seperti guci
Kelompok Beni saling tolong-menolong. Tolong-menolong ketika membuat hiasan vas bunga. Kelompok Beni selesai mengerjakan tugas. Kegiatan dilanjutkan mengukur panjang benda.
 
Evaluasi
Amatilah gambar berikut! Adakah benda-benda seperti gambar? Ukurlah panjang benda tersebut!
Tuliskan hasilnya di bawah gambar!
KUNCI JAWABAN Tema 5 Kelas 2 SD Subtema 2 Hal 67-74, Ukurlah Panjang Benda- benda pada Gambar! - Tribunnewsmaker.com
 
Contoh soal :
1. 200 CM = ..2. M

2. 12 CM = 0,12  M

3. 125 CM =   0,125  M

Kita akan menggubah  Sentimeter menjadi Meter yaitu dengan cara dibagi dengan 100  yukk kita simak penyelasiannya sebagai berikut :

* 200  ; 100 = 2

* 12 ; 100 = 0,12

* 125 ; 100 = 0,125

Yukk berlatih sesuai gambar diatas
Ubahlah ke dalam satuan meter (m)!
1. ….. cm = ….. m
2. ….. cm = ….. m
3. ….. cm = ….. m
 
 
Kesimpulan
Dari materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi sebelumnya di pembelajaran yang ke 6 disimpulkan bahwa peserta didik kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 4 peserta didik yang tidak hadir dikarenakan sakit dan ijin.

Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu mengerjakan sholat 5 waktu dan jangan lupa terus murojaah juz 30. Jangan lupa untuk pembelajaraan besok 22 Januari 2024 kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 2. 

Tetap semangat ananda sholeh sholehah Bu Upik dan pak Hendri 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar