Rabu, 30 Agustus 2023

Materi Ajar Tema 2 Sub 1 PB 4 Kelas 2 A


Tanggal dan Waktu : Kamis, 31 Agustus 2023

Kelas : 2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung

Tema ( 2 ) : Bermain Di Lingkunganku

Subtema ( 1 ) : Bermain Di Lingkungan Rumah

Pembelajaran : 4


KD : B. Indonesia (4.2), Matematika (4.4), SBDP (4.1)

Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik mampu menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.

2. Peserta didik mampu menemukan pemahaman yang berkaitan dengan keragaman benda dengan benar.

3. Peserta didik mampu menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga dengan tepat.




Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah dipertemuan yang sebelumnya kita sudah mempelajari materi tentang cara menentukan tekanan kuat dan tekanan lemah, serta bunyi panjang dan bunyi pendek, jika harus melihat pada not angka lagu. Ada banyak benda di sekitar kita. Setiap benda mempunyai sifat yang berbeda dengan benda lainnya. Ada yang halus, kasar, basah, dan lain sebagainya. Contoh benda yang kasar antara batu lain, pasir dan kulit pohon. Contoh benda yang basah adalah air. Benda yang memiliki permukaan halus antara lain kapas, bulu, dan kertas. Tentunya masih banyak sifat-sifat lain dari benda-benda di sekitar kita. Bentuk benda juga beragam. Ada yang bentuknya tetap. Ada juga yang berubah. Bentuk pensil dan kertas akan selalu tetap walaupun telah dipindahkan ke tempat yang berbeda.
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran tema 2 Subtema 1 Pb 4.

Yuk simak pembelajaran berikut materi 

Video Pembelajaran






Materi Ajar

SBDP (4.1)
Cara menentukan tekanan kuat dan tekanan lemah, serta bunyi panjang dan bunyi pendek, jika harus melihat pada not angka lagu tersebut. Mari kita simak lagu "Berdayung" berikut ini...




Perhatikan panjang pendek nada berikut! 



Nada 2 ketukan /7.6./ Ada 1 buah titik di belakangnya. Jadi, Nadanya diperpanjang sebanyak 1 ketukan.  Nada ketuk /5 6 5 3 / 2 3 2 1 / Tidak memiliki titik atau garis di atasnya.


B.Indonesia (4.2)


Ada banyak benda di sekitar kita. Setiap benda mempunyai sifat yang berbeda dengan benda lainnya. Ada yang halus, kasar, basah, dan lain sebagainya.


Contoh benda yang kasar antara batu lain, pasir dan kulit pohon. Contoh benda yang basah adalah air. Benda yang memiliki permukaan halus antara lain kapas, bulu, dan kertas. Tentunya masih banyak sifat-sifat lain dari benda-benda di sekitar kita.


Bentuk benda juga beragam. Ada yang bentuknya tetap. Ada juga yang berubah. Bentuk pensil dan kertas akan selalu tetap walaupun telah dipindahkan ke tempat yang berbeda. Sedangkan udara di dalam gelas jika dipindahkan ke botol bentuknya akan berubah menyerupai botol.
Makna kata:
Halus: tidak kasar, lembut, licin.
Kasar: kesat, tidak halus waktu diraba
Basah: mengandung air atau barang cair
Tetap: tidak berubah
Berubah: menjadi lain (berbeda) dari aslinya


Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi. Pengembangan keterampilan percakapan dalam bahasa baru sering menjadi fokus pengajaran dan pembelajaran bahasa. 






Beni dan Ibu berbicara tentang sifat-sifat benda. 

Tentang bagaimana air jika diminum pada gelas ataupun botol.  Ternyata udara adalah benda cair yang dapat berubah bentuk mengikuti wadahnya.  

Ceritakan kembali isi teks percakapan di atas.

Beni dan Ibu berbicara tentang sifat-sifat benda. Ibu bertanya kepada Beni bagaimana bentuk air jika diletakkan di dalam gelas. Ternyata udara berubah bentuk menyerupai gelas. Ketika dipindahkan ke dalam botol, air berubah bentuk kembali menjadi menyerupai botol. Ibu dan Beni menyimpulkan bahwa udara adalah benda cair yang bentuknya dapat berubah mengikuti bentuk wadahnya.

Matematika (4.4)
Pada saat kita melakukkan pengamatan tentang sifat-sifat benda kita akan menemukan berbagai benda-benda yang ada di sekitar lingkungan rumah kita. Dalam menjumlahkan dengan cara perkalian kita bisa menggunakan benda-benda di sekitar kita dengan cara perkalian. Perkalian adalah penjumlahan berulang. Dalam konsep matematika, perkalian merupakan sebuah operasi yang meliputi penskalaan (pelipatan) bilangan yang satu dengan bilangan yang lain. Secara sederhana, perkalian dapat didefinisikan sebagai penjumlahan yang berulang-ulang. Dengan contoh sebagai berikut!







Dapat kita simpulkan bahwasanya penjabaran penjumlahan dibawah ini adalah:

2+2+2+2 = 8

4 x 2 = 8


Evaluasi
1. Perhatikan gambar dibawah ini !


Gambar layang-layang di atas dapat ditulis dengan kalimat matematika yaitu ….
A.3 x 5 = 20b
. 3 x 5 = 16c
. 3 x 5 = 15


2. Santi mempunyai dua kotak pita
Setiap kotak berisi lima pita
Kalimat perkalian dari cerita di atas adalah …
A. 2x5
B. 5x5
C. 5x2


3. Kertas dan kapas mempunyai permukaan yang….
A. Halus
B. Kasar
C. Bergelombang


4. Danu membawa kerikil, Bagas membawa air dan Budi membawa plastik. Benda yang permukaannya kasar di bawa oleh ….
A. Danu
B. Bagas
C. Budi


5. Bentuk udara jika dipindahkan ke wadah yang lain akan….
A. Tetap saja
B. Berubah
C. Membeku


Kesimpulan
Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih. Pengembangan keterampilan percakapan dan etiket merupakan bagian penting dari sosialisasi.


Bentuk udara jika diletakkan di dalam gelas berubah bentuk menyerupai gelas. Ketika dipindahkan ke dalam botol, air berubah bentuk kembali menjadi menyerupai botol.


Perkalian adalah penjumlahan berulang. Dalam konsep matematika, perkalian merupakan sebuah operasi yang meliputi penskalaan (pelipatan) bilangan yang satu dengan bilangan yang lain. Secara sederhana, perkalian dapat didefinisikan sebagai penjumlahan yang berulang-ulang.


Penutup
Besok kita akan masuk materi di tema 2 subtema 1 pembelajaran 5 tentang sifat-sifat benda yang ada di sekitar kita, dan mentransmisikan variasi gerak memutar badan tanpa berpindah tempat.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar