Selasa, 08 Agustus 2023

Materi Ajar Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2




Tanggal dan waktu : Rabu, 09 Agustus 2023

Kelas : 2A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung

Tema ( 1 ) : Hidup Rukun

Subtema ( 3 ) : Hidup Rukun Di Sekolah

Pembelajaran : 2


KD : BI (3.1) SBdP (3.1)

Tujuan pembelajaran :

1. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, peserta didik dapat menyebutkan isi teks yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.

2. Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri, alat bahan karya gambar imajinatif dengan tepat serta mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan tepat.



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi ananda sholeh sholehah..
Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk menuntut ilmu.

Dipertemuan sebelumnya yaitu pada materi pembelajaran yang ke 1 ananda sholeh sholehah sudah mempelajari materi tentang penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan benar, mampu melengkapi kalimat perintah dengan benar. Dipertemuan yang ke 2 di subtema 3 ini ananda sholeh sholehah akan mempelajari materi tentang menyebutkan isi teks yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dan mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan tepat.

Sebelum kita memulai pelajaran marilah semua anak sholeh dan sholehah laksanakan sholat dhuha lalu muroja'ah surat pendek juz 30


Yuk simak materi pembelajaran berikut ini:

Video Pembelajaran 2


               



Ringkas
Muatan B.Indonesia (3.1)


Menyebutkan Kalimat Perintah dalam Teks Percakapan

Kalimat perintah isinya menyuruh untuk melakukan sesuatu.

Ciri-ciri kalimat perintah :
Menggunakan akhiran "lah"/"kan"
akhir kalimat menggunakan tanda seru (!)
Kalimat perintah harus diucapkan dengan sopan. Kalimat perintah yang ada dalam percakapan antara Ibu dan Udin : Bagilah bekalmu dengan teman-teman, ya Din! Bawalah tempat bekalmu kembali, ya!










Kalimat perintah yang ada dalam percakapan antara Ibu dan Udin :
Bagilah bekalmu dengan teman-teman, ya Din!
Bawalah tempat bekalmu kembali, ya! 
Ibu menyuruh Udin untuk berbagi dengan teman di sekolah dan membawa kembali tempat bekalnya, kalimat tersebut juga diakhiri tanda seru (!) dan memakai akhiran "lah" yaitu kata "bagilah" dan "bawalah".


Contoh Kalimat Perintah Lainnya :
1.Tolong matikan kran air itu!
2. Jangan membuat ribut, anak-anak!
3. Buang sampah itu!
4. Masukkan barang-barang ini ke dalam bagasi mobil!


Muatan SBdP (3.1)

Menggambar imajinatif

Gambar Imajinatif dibuat dengan coretan alat tulis pada media gambar. 
Media gambar dapat berupa kertas, daun, kain, atau papan.
Gambar dapat diwarnai dengan warna pensil, krayon, atau warna spidol.
Menggambar dapat dilakukan dengan mengamati objek secara langsung atau membayangkannya.
Menggambar dengan cara membayangkan atau mengkhayal disebut menggambar imajinatif.
Gambar dapat diwarnai dengan warna pensil, krayon, atau spidol warna :





perbedaan  hasil mewarnai dengan krayon, warna pensil dan warna spidol : 

Krayon : Warna yang dihasilkan tebal, kertas mudah kotor, sulit dihapus, warna yang dihasilkan bagus, teksturnya kasar. 

Warna pensil : Warna yang dihasilkan halus, kertas tidak mudah kotor, mudah dihapus, tekstur halus, saat mewarnai disa terlihat putih-putih karena tidak tebal. 

Spidol warna : Warna yang dihasilkan tebal, kertas tidak mudah kotor, warna pada kertas bisa tembus, tekstur halus terkadang kasar.


 Evaluasi 




6. Berikut ini yang termasuk kalimat perintah adalah …. 
A. Bu guru memerintah Budi untuk piket kelas.
B. Perintah Pak Lurah harus segera dilaksanakan.
C.Ambil penggaris itu !

7. Sebutkan 3 contoh hidup rukun di sekolah !

8.Buatlah kalimat perintah dengan kata berikut !
A. tutuplah                 B. makanlah

9. Sebutkan 3 alat untuk mewarnai gambar !

10. ………. lantai kelas mu dengan sapu ini !
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat perintah di atas adalah ….


Kesimpulan

Ciri-ciri kalimat perintah :
Menggunakan akhiran "lah"/"kan"
akhir kalimat menggunakan tanda seru (!)

Menggambar dapat dilakukan dengan mengamati objek secara langsung atau membayangkannya.
Menggambar dengan cara membayangkan atau mengkhayal disebut menggambar imajinatif.
Gambar dapat diwarnai dengan warna pensil, krayon, atau spidol warna


Selamat mengerjakan anak sekalian..

Besok kita masuk materi subtema 3 pembelajaran 3 tentang ungkapan dan ungkapan arti dalam teks lagu, membedakan panjang bunyi pendek pada lagu, bilangan yang sesuai dengan objek.

Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar