Rabu, 23 Agustus 2023

Materi Ajar Tema 1 Sub 4 PB 5 Kelas 2 A

Tanggal dan waktu : rabu, 23 agustus 2023

Kelas : 2A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema ( 1 ) : Hidup Rukun 

Subtema ( 4 ) : Hidup Rukun Di Lingkungan 

Pelajaran : 5

KD : PKN (3.1), B.Indonesia (3.1), PJOK (4.1)

Tujuan pelajaran :

- Peserta didik mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari – hari berkaitan penjumlahan dengan benar.

· Peserta didik mampu menyebutkan manfaat kalimat perintah dalam teks dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.

· Peserta didik mampu mempraktikan gerak melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permaianan dengan benar


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah kemarin kita sudah mempelajari materi tentang pengamalan sila ketiga Pancasila yaitu perilaku disekolah, menyebutkan manfaat kalimat perintah dalam bentuk kalimat sederhana, dan mempraktikkan gerak berlari. Pertemuan kali ini kita akan mempelajari materi tentang sikap bekerjasama, disiplin, dan peduli sesuai dalam lambang negara “ Garuda Pancasila “, merinci kalimat ajakan, perintah yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun, mempraktikan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang , usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan tradisional. 

Video Pembelajaran 


Rangkuman

PJOK
Warga lingkungan rumah Udin akan berolahraga bersama. Mereka berkumpul di tempat terbuka. Udin dan Edo juga ikut. 

Perhatikan gerak yang dilakukan Udin.


Gerakan lokomotor sendiri merupakan gerakan berpindah tempat, di mana pada suatu bagian tubuh tertentu berpindah atau bergerak. Misalnya saja pada gerakan melompat, berjalan, berlari, dan memanjat.


Bahasa Indonesia 
Percakapan adalah komunikasi interaktif antara dua orang atau lebih..

Pada dasarnya, kalimat penolakan merupakan sebuah kalimat yang diungkapkan dengan tujuan untuk menolak sebuah ide, pendapat, maupun gagasan yang dilontarkan oleh orang lain. Tidak hanya membantah atau menolak saja, tetapi kamu juga perlu untuk menyampaikannya secara sopan dan baik.


PPKN


Made menolak ajakan Udin dengan sopan. Sikap Made dan Udin menunjukan kerukunan dan persatuan. Menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat, sesuai dengan pengalaman sila ketiga Pancasila. 



Berikut ini contoh Pengalaman sila Ke 3 Pancasila ....


Giat belajar agar dapat membanggakan keluarga. Mengembangkan perilaku hormat kepada anggota keluarga yang lebih tua dan menghargai anggota keluarga yang lebih muda. Membantu berbagai kegiatan dalam keluarga. Mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan peribadi.


Evaluasi
Berilah tanda Ceklis pada kolom yang tepat!
Apakah sikap-sikap berikut ini sesuai atau tidak sesuai dengan sila ke tiga Pancasila ?


Kesimpulan


Besok kita masuk materi pembelajaran 6 tentang menyebutkan manfaat kalimat perintah dalam teks, menunjukkan contoh prilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila keempat Pancasila, melakukan penjumlahan dan pengurangan dua bilangan dengan teknik penyimpanan dengan cara panjang dan pendek.


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar