Jumat, 10 Januari 2020

Tema 5 subtema 1 pembwlajaran 6

Jumat, 10 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 6

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6  Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.

PKn
3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara “Garuda Pancasila”

Matematika
3.4 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati balon percakapan, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan tepat.
2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila ketiga di rumah dengan baik.
3. Dengan mendengarkan pembacaan puisi “Tik Tik Tik Bunyi Hujan”, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi tersebut yang diperdengarkan dengan benar.
4. Dengan menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi “Tik Tik Tik Bunyi Hujan”, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi tersebut dengan tepat.
5. Dengan menyanyikan lagu “Tik Tik Tik Bunyi Hujan”, siswa dapat membaca indah puisi “Tik Tik Tik Bunyi Hujan” (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.
6. Dengan mendengarkan pembacaan puisi “Tik Tik Tik Bunyi Hujan” oleh teman, siswa dapat mengoreksi kesalahan pembacaan puisi “Tik Tik Tik Bunyi Hujan” (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan benar.
7. Dengan membaca puisi “Tik Tik Tik Bunyi Hujan”, siswa dapat menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat dengan benar.
8. Dengan memperhatikan teks pada balon percakapan, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan baik.
9. Dengan mengamati beberapa gambar tentang benda di sekitar, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Siswa mengamati gambar Beni bersama sepupunya mengintip di jendela (mengamati).
• Siswa bertanya jawab tentang gambar yang diamatinya (menanya).
Ayo Berlatih
• Siswa bertanya tentang puisi yang disampaikan gurunya (menanya).
• Siswa membuat pertanyaan tentang puisi yang didengarnya (menanya).
• Siswa menukarkan pertanyaan yang dibuat dengan teman sebangku
(mengomunikasikan).
• Siswa saling menjawab pertanyaan (menalar).
• Siswa mengamati gambar sepupu Beni menjelaskan contoh sikap sila ketiga Pancasila (mengamati).
• Siswa membaca teks yang terdapat dalam balon percakapan
(mengamati).
• Siswa menentukan sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila seperti dalam balon percakapan (menalar).
• Siswa bertanya jawab tentang sikap lain yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (menanya).
Ayo Mencoba
• Siswa mengamati beberapa pilihan gambar tentang contoh sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (mengamati).
• Siswa memilih sikap yang sesuai dengan sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (mencoba).
• Siswa memberikan tanda centang () untuk gambar sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila (mencoba).

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

Materi Pembelajaran
Sepupu Beni datang dari kampung.
Beni senang dikunjungi saudaranya.
Beni dan sepupunya saling berkunjung. Beni selalu
menjaga kerukunan antarkeluarga. Sikap ini contoh
perilaku sesuai sila ketiga Pancasila.



Amati gambar tersebut?
Buatlah pertanyaan sesuai gambar!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman: ........................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar