Senin, 20 Januari 2020

Tema 5 sub tema 3 pembwlajaran 1

Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : III / Pengalamanku di Tempat Bermain
Pembelajaran : 1

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.

Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

SBdP
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
2. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.
3. Dengan mengamati gambar pengukuran panjang, siswa dapat menentukan konversi satuan panjang (cm, m) dengan tepat.
4. Dengan mengamati gambar Beni melambaikan tangan, siswa dapat mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian dengan hitungan yang benar.


Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. Siswa mengamati gambar, kemudian membuat pertanyaan menggunakan kata tanya apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana.
2. Siswa menuliskan kesalahan yang pernah dilakukan, kemudian menulis kalimat minta maaf.
3. Siswa mengukur panjang benda yang ada pada gambar.
4. Siswa melakukan gerakan tarian kemenangan.
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Gambar dan bentuk bangun datar
Gambar-gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu atau kebersamaan dalam keberagaman di sekolah.

Materi Pembelajaran

Siswa mengamati gambar Udin terjatuh disenggol oleh Beni ketika bermain Gobak Sodor bersama (mengamati)., kemudian bertanya jawab tentang gambar yang diamati menggunakan kata tanya apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Siswa lain diberi kesempatan untuk menjawab.

Siswa membaca teks bacaan
Hari ini Beni masuk sekolah. Bel istirahat berbunyi.
Beni dan teman-teman berhamburan keluar kelas.
Kemudian, Beni dan teman-teman bermain gobak sodor.
 Permainan ini dilakukan di lapangan.
Ketika bermain, tanpa disengaja Beni menyenggol Udin. Udin pun terjatuh.
Beni dan teman-teman segera menolong Udin. Beni merasa bersalah.
Beni langsung meminta maaf ke Udin.
Udin pun memaafkan Beni. Kemudian, Beni mengajak melanjutkan permainan.

Siswa menjawab lima pertanyaan berdasarkan teks yang dibaca.
Jawablah pertanyaan berikut sesuai bacaan di atas !
1. Apa isi cerita di atas ?
2. Sebutkan permainan yang dilakukan Beni dan teman-teman.
3. Kapan permainan itu dilakukan ?
4. Mengapa Beni meminta maaf kepada Udin ?
5. Apakah Udin memaafkan Beni ?

Siswa bermain peran dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
Beni Menyenggol Udin
Ketika bermain, Beni tidak sengaja menyenggol Udin. Beni pun meminta maaf kepada Udin.
Beni : “Maafkan saya, Udin. Saya tidak sengaja menyenggolmu ketika bermain tadi.”
Udin : “Tidak apa-apa Beni, saya sudah memaafkan. Lain kali, hati-hati ya.”
Beni : “Lain kali saya akan berhati-hati. Oh ya, bagaimana menurutmu permainan tadi ?”
Udin : “Wah! Sangat menyenangkan sekali Ben. Kelompokmu dapat menang 2 kali.”
Beni : “Semoga besok dapat bermain lagi, ya.”
Siswa menuliskan kesalahan yang pernah dilakukannya, dan meminta maaf.

Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks percakapan yang sudah diperagakan.
Jawablah pertanyaan berikut !
1. Sebutkan peristiwa yang terjadi.
2. Apa yang diucapkan Beni kepada Udin ?
3. Mengapa Beni meminta maaf kepada Udin ?
4. Siapa yang memaafkan ?
5. Simpulan
Kamu telah melakukan kesalahan. Tindakan apa yang harus kamu lakukan ?
Mengamati pengukuran




Tidak ada komentar:

Posting Komentar