Selasa, 21 Januari 2020

Tema 5 sub tema3 pembelajaran 2

Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : III / Pengalamanku di Tempat Bermain
Pembelajaran : 2

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
PPKN
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan sila-sila Pancasila

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan contoh ungkapan permintaan maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan benar.
2. Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan makna ungkapan permintaan maaf yang ditemukan dari teks percakapan dengan bahasa sendiri dengan benar.
3. Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.
4. Dengan mengamati gambar Beni dan teman-temannya berdiskusi sebelum bermain, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dengan tepat.
5. Dengan maju ke depan kelas, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat di sekolah dengan baik.
6. Dengan mengamati gambar variasi berpindah, siswa dapat menjelaskan variasi gerak berpindah dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
7. Dengan mengamati gambar variasi melompat di atas kotak, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak berpindah dalam aktivitas senam lantai dengan tepat.


Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
Siswa membaca teks percakapan antara Beni dan Lani, kemudian membuat pertanyaan.
Siswa bermain peran dengan menggunakan teks percakapan antara Beni dan Dayu
Siswa mengamati gambar tentang Beni dan teman-temannya berdiskusi sebelum bermain, kemudian menuliskan bunyi sila keempat Pancasila (mencoba).
Siswa menceritakan pengalamannya bergotong royong
Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamanku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
Gambar dan bentuk bangun datar
Gambar-gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu atau kebersamaan dalam keberagaman di sekolah.

Materi Pembelajaran
Bacalah percakapan berikut dengan suara nyaring !
Sekarang adalah jam pelajaran olah raga. Beni dan teman-temannya bermain bola kasti. Permainan ini dilakukan di lapangan. Permainan sedang berlangsung. Beni melemparkan bola ke arah Lani.
Beni : “Lani, ayo tangkap bola operanku.”
Lani : “Aduh!” (operan Beni terlalu kuat. Akhirnya, mengenai kepala Lani)
Beni : “Maaf Lani, saya terlalu kuat melemparnya.”
Lani : “Tidak apa-apa Beni. Aku juga kurang siap menangkap operanmu.”
Beni : “Terima kasih Lani. Aku berjanji lain kali akan lebih hati-hati saat mengoper bola.”
Lani : “Ya…Beni. Ayo, lanjutkan permainan ini.”

Buatlah kartu pertanyaan! Pertanyaan tentang percakapan diatas. Tukarkan kartumu dengan kartu temanmu !

Bermain peran
Bacalah percakapan berikut dengan nyaring !
Beni : “Dayu, bolehkah saya pinjam penggarismu ? sebentar saja.”
Dayu : “Maaf, Beni. Penggarisku sedang digunakan Lani. Coba saja pinjam ke Lani.”
Beni : “Baiklah, aku akan coba pinjam ke Lani. Terima kasih Dayu.”
Dayu : “Sama-sama Beni.”

Masih ingatkah percakapan Beni dan Lani ?
Tuliskan isi percakapan tersebut! Sesuaikan dengan ejaan dan bahasa Indonesia yang tepat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar