Jumat, 31 Januari 2020

Tema 5 sub tema 4 pembelajaran 6

Jumat, 31 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : IV / Pengalamanku di Tempat Wisata
Pembelajaran : 6

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6 Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia

Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukanpanjang (termasuk jarak),berat, dan waktu dalam satuanbaku, yang berkaitan dengankehidupan sehari-hari.

PPKn
3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara “Garuda Pancasila”

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar berbagai contoh sikap sesuai sila Pancasila,siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengansila kelima Pancasila dengan tepat.
2. Dengan mengamati gambar bercerita, siswa dapat menceritakan tentangpengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila kelima di rumahdengan benar.
3. Dengan mengamati gambar meminta tolong, siswa dapat menuliskalimat/ungkapan permintaan tolong dengan benar.
4. Dengan menulis kalimat/ungkapan permintaan tolong, siswa dapatbermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata“tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.
5. Dengan mengamati contoh soal cerita, siswa dapat memecahkanmasalah sehari-hari tentang satuan panjang dengan tepat.
6. Dengan memecahkan masalah sehari-hari tentang satuan panjang, siswadapat menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjangdengan tepat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1. SiswabertanyajawabtentangTuguKhatulistiwa (menanya).
2. SiswamengamatigambarBenisedanggotongroyong (mengamati).
Penutup
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

Materi Pembelajaran


1. Siswabertanyajawabtentanggambar yang diamatinya (menanya).
2. Siswamembuatpertanyaanmenggunakan kata tanyaapa, siapa, di mana, kapan, mengapa, danbagaimana (menanya).
3. Siswadiberikesempatanuntukmenjawabpertanyaantemannya(menalar).
4. Siswamenukarkanpertanyaan yang dibuatdengantemansebangkunya(mencoba).
5. Siswasalingmenjawabpertanyaan yang dibuattemannya (menalar). Siswabersamabimbingan guru menentukanjawaban yang benar(menalar).


1. Siswamengamatiberbagaigambar yang berkaitandengancontohperilaku yang sesuaidengansilakelimaPancasila (mengamati).
2. Siswabertanyajawabtentanggambar yang diamatinya (menanya).
3. Siswamenentukansikap yang patutditiru (menalar).
4. Siswamenunjukkancontohperilaku di rumah yang sesuaidengansilakelimaPancasila (mencoba).

1. SiswamengamatitekspercakapanantaraBenidanSiti (mengamati).
2. Siswabertanyajawabtentangpengalamanmerekaberkaitandenganperilaku yang pernahditerapkandalamkehidupansehari-hariterutamasilakelimaPancasila (menanya).
3. Siswamenceritakantentangpengalamanmenerapkannilai-nilaiPancasilasilakelima di rumah (mengomunikasikan).

1. Siswamenuliskalimatpermintaantolong (mencoba).
2. Siswamenulismenggunakankalimat yang sopan (mencoba).
3. Siswasalingmemeriksapekerjaantemannya (mencoba).
4. Siswamemperbaikikesalahanpenggunaanejaandalampenulisankalimatpermintaantolong (mencoba).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar