Kamis, 09 Januari 2020

Tema 5 subtema 1 pembelajaran 5

Kamis, 9 Januari 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : V / Pengalamanku
Subtema : I / Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 5

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.6  Mencermati ungkapanpermintaan maaf dan tolongmelalui teks tentang budayasantun sebagai gambaransikap hidup rukun dalamkemajemukan masyarakatIndonesia.

PKn
3.1 Mengidentifikasi hubunganantara simbol dan sila-silaPancasila dalam lambangnegara “Garuda Pancasila”

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
2. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
3. Dengan mengamati teks “Burung Kutilang”, siswa dapat membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat) dengan benar.
4. Dengan mendengarkan temannya membaca indah puisi anak tentang alam, siswa dapat  mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan) dengan tepat.
5. Dengan mengamati gambar Beni bergantungan, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan tangan dalam aktivitas dengan baik.
6. Dengan mempraktikkan variasi gerak bergantung dengan tangan, siswa dapat menjelaskan variasi gerak bergantung dengan tangan dalam aktivitas senam lantai dengan benar.
7. Dengan mengamati gambar beberapa pilihan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan tepat.
8. Dengan menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila kedua di rumah dengan baik.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Siswa mendengarkan guru membacakan puisi berjudul “Burung Kutilang”
(mengamati). Guru dapat menyajikan puisi dengan mempertontonkan
video pembacaan puisi atau menggunakan media audio pembacaan puisi.
• Siswa bertanya jawab tentang cara membaca puisi (menanya).
Ayo Berlatih
• Siswa bertanya tentang puisi yang disampaikan gurunya (menanya).
• Siswa membuat pertanyaan tentang puisi yang didengarnya (menanya).
• Siswa menukarkan pertanyaan yang dibuat dengan teman sebangku
(mengomunikasikan).
• Siswa saling menjawab pertanyaan (menalar).
Ayo Berdiskusi
• Siswa menentukan makna kata yang terdapat di dalam teks puisi yangdidengarnya (menalar).
• Siswa berdiskusi bersama temannya (mengomunikasikan).
• Siswa menulis hasil diskusinya di dalam kolom yang sudah disediakan(mencoba).
• Siswa mencari kata di dalam kotak sesuai dengan kata di dalam isi puisi(mencoba).
• Siswa melakukannya secara berkelompok (mencoba).

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema V Pengalamnku
Buku Siswa Tema V Pengalamanku
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn

Materi Pembelajaran
Perhatikan gurumu membacakan puisi. Puisi
tentang “Burung Kutilang”.
Dengarkan dengan penuh konsentrasi!
Burung Kutilang
Di pucuk pohon cemara
Burung kutilang berbunyi
Bersiul-siul sepanjang hari
Dengan tak jemu-jemu
Mengangguk-angguk sambil berseru
Tri-li-li li-li li-li li-li
Sambil berloncat-loncatan
Paruhnya selalu terbuka
Digeleng-gelengkan kepalanya
Menentang langit biru
Tandanya suka ia berseru
Tri-li-li li-li li-li li-li

Kamu telah mendengarkan puisi yang dibacakan
gurumu.
Buatlah pertanyaan tentang puisi tersebut!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman: ........................................................



Tuliskan pengalamanmu di rumah. Pengalaman
yang sesuai dengan sila kedua Pancasila.
Kerjakan pada kolom berikut!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar