Kamis, 22 Februari 2024

Materi Ajar Tema 6 Sub 2 PB 3&4 Kelas 2



Hari/Tanggal : Kamis, 22 Februari 2024

Kelas : 2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema ( 6 ) : Merawat Hewan dan Tumbuhan

Subtema ( 2 ) : Merawat Hewan di Sekitarku

Pembelajaran : 3 & 4

Tujuan Pembelajaran :
- siswa dapat mengidentifikasi arah gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki dalam tari dengan benar.
- siswa dapat menggunakan huruf kapital pada nama hari di dalam kalimat dengan benar.     
- siswa dapat menyebutkan ukuran berat benda.



 Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
 
Ananda sholeh sholehah, masih ingatkah kalian tentang materi yang akan kita pelajari yaitu satuan baku untuk ukuran berat (gram, ons, dan kilogram).
 
Pembelajaran 3



 Materi Ajar

Pembelajaran 3

Huruf Kapital disebut juga Huruf Besar. Huruf kapital adalah huruf yang berukuran dan berbentuk khusus ( lebih besar dari huruf biasa ), biasanya digunakan sebagai huruf pertama dari kata pertama dalam kalimat, huruf pertama nama diri, dan sebagainya.
Dalam menulis huruf bersambung, kamu diharuskan menulis kalimat tanpa berhenti karena tulisannya terus berantai atau saling menyambung.
 
Setiap hari, Lani dan ayahnya bergantian membersihkan kandang kelinci.
Pada hari Senin, Lani membersihkan kandang.
Pada hari Selasa, giliran ayah Lani membersihkan kandang.
Pada hari Rabu, Lani kembali membersihkan kandang,
Siapa yang akan membersihkan kandang pada hari Kamis
 
Kesimpulan: Huruf kapital digunakan pada setiap awal kalimat, nama orang, dan nama hari.
 
 
Gerakan menirukan kelinci melompat merupakan salah satu jenis senam tanpa menggunakan alat. Gerakan menirukan kelinci melompat dapat digunakan untuk menguatkan otot kaki dan memperbaiki struktur tulang belakang manusia.
Pembelajaran 3 Tema 6 Subtema 2 Merawat Hewan di Sekitarku | Mikirbae.com

Berikut cara melakukan gerakan menirukan kelinci melompat.

Awalan dilakukan dengan posisi badan berdiri tegak lurus, dengan kedua kaki rapat dan kedua tangan rapat di samping badan.
Kemudian turunkan badan hingga posisi badan sedikit jongkok dan ayunkan tangan ke depan badan dengan kedua siku sedikit di tekuk.
Lakukan lompatan dengan tolakan kedua kaki. Luruskan kedua kaki ketika di udara dan kedua tangan tetap di depan badan degnan siku sedikit di tekuk. Posisi badan sedikit condong ke depan.
Pendaratan dilakukan dengan kedua kaki dengan posisi badan sedikit condong ke depan dan kedua tangan tetap di depan badan untuk menjaga keseimbangan tubuh.


 
Pembelajaran 4
 
Satuan berat adalah salah satu satuan pokok di dalam bidang ilmu eksak yang juga disebut dengan massa. Berdasarkan Satuan Internasional atau (SI), satuan berat standar yaitu kilogram (kg), 1 kilogram didefinisikan sebagai massa dari sebuah silinder yang dibuat dari campuran platina-iridium. Satu kilogram standar disimpan di Sevres, Paris.
Satuan berat yang biasa digunakan di Indonesia adalah kg, hg, dag, g, dg, cg, mg, ons, pon, kwintal, dan ton. Untuk dapat menghitung satuan berat bisa menggunakan tangga konversi satuan.

Konversi Satuan (Lengkap) Panjang, Berat, Luas, Waktu dan Volume

Berikut ini salah satu alat ukur satuan berat :



 Evaluasi

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 2 Halaman 66 67 Buku Tematik Subtema 2  Pembelajaran 3 Tentang
Dalam keseharian, pasti kita sering kali melakukan pengukuran panjang, mengukur jarak, ketebalan, dan masih banyak lagi. Biasanya, dalam pengukuran ini kita menggunakan satuan panjang

Baca artikel detikjabar, "Satuan Panjang Adalah: Tangga Satuan, Cara Hitung dan Contoh Soal" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/berita/d-6225424/satuan-panjang-adalah-tangga-satuan-cara-hitung-dan-contoh-soal.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/


 Kesimpulan
Dari materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi sebelumnya disimpulkan bahwa peserta didik kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 1 peserta didik yang tidak hadir dikarenakan ijin.

 Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu mengerjakan sholat 5 waktu dan jangan lupa terus murojaah juz 30. Jangan lupa untuk pembelajaran besok 23 Februari 2024 kita akan mempelajari Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 5.

Tetap semangat ananda sholeh sholehah Bu Upik dan pak Hendri 
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar