Minggu, 11 Februari 2024

Materi Ajar Tema 5 Sub 4 PB 4 Kelas 2


Hari/Tanggal : Senin, 12 Februari 2024

Kelas : 2A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema ( 5 ) : Pengalamanku

Subtema ( 4 ) : Pengalamanku di Tempat Wisata

Pembelajaran : 4

Kompetensi Dasar :  
- Bahasa Indonesia 
3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
4.6 Menyampaikan ungkapan ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.

- Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
 

- SBDP
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan.

Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan benar.

- Siswa dapat menyajikan penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang dengan tepat.

- Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan bahan buatan dengan benar.
 

 Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi ananda sholeh sholehah 
Apa kabarmu hari ini?

Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk menuntut ilmu.
 
Ananda sholeh sholehah, masih ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas pada pertemuan sebelumnya tentang satuan panjang.
 
Sebelum kita memulai pelajaran, marilah seluruh anak-anak shaleh dan sholehah membacakan dhuha  lalu muroja'ah surat pendek juz 30 oke nak...

Yuk simak materi pembelajaran berikut 

 Video Pembelajaran
Pembelajaran 4


 Materi Ajar

Bahasa Indonesia  
Kalimat permintaan tolong adalah kalimat yang diucapkan saat seseorang akan meminta bantuan. Misalnya: "Ibu, tolong buatkan aku nasi goreng." Setelah dibuatkan jangan lupa mengucapkan, "terima kasih, ibu." LENGKAP!!! Kunci Jawaban Tematik Kelas 2 Tema 5 Subtema 4 pembelajaran 4 - Berita Sederhana | Kunci Jawaban Lengkap & Terbaru
 
1. Maaf mengganggu. Namaku Beni. Bolehkah meminta tolong mengambilkan foto dengan
latar Candi Borobudur
2. Tolong ambilkan tugas di atas lemari, Bu.  
3. Tolong bantu Ayah untuk mencuci mobil
4. Tolong bersihkan kamar tidurmu.
5. Tolong jangan berisik saat di kelas.
6. Kakak, tolong bantu Ibu memasak rendang.
 
 
Sbdp
Bingkai foto adalah sebuah alat yang digunakan untuk membungkus sebuah foto. Sebuah bingkai terbuat dari bahan yang cukup padat di keempat sisinya serta lapisan transparan pada bagian depannya. Di bagian belakang, sebuah bingkai biasanya dipasang dengan sebuah pengait atau dudukan, tergantung dari rencana penempatan bingkai tersebut.
  Pembelajaran 4 Tema 5 Subtema 4 Pengalamanku di Tempat Wisata | Mikirbae.com
 
Contoh pembingkaian foto Beni. Foto ketika di candi Borobudur. Bingkainya dihias dengan kain batik.
Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan agar pembingkaian foto dapat terlihat lebih unik, antara lain adalah sebagai berikut:
- Dengan menempelkan beberapa ornamen etnik seperti misalnya potongan - potongan kain etnik seperti batik atau unsur - unsur lain, misalnya kerang, potongan kayu, ataupun ornamen yang lainnya.
- Dengan mengecat bingkai dengan warna - warna yang etnik seperti misalnya merah tua, coklat, hitam, biru dongker, hijau army atau warna lainnya.
- Dengan membuat bingkai foto menggunakan bahan - bahan etnik seperti misalnya kayu.
 
 
Matematika
Satuan Panjang adalah konversi yang digunakan dalam menentukan panjang. Satuan panjang digunakan untuk mengidentifikasi ukuran suatu benda .. Secara berurutan dari atas ke bawah, tangga satuan panjang di antaranya adalah: kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dam), meter (m), desimeter (dm), sentimeter (cm), dan milimeter (mm).
Konversi Satuan Lengkap (Panjang, Berat, Waktu, Luas dan Volume) - rpp.co.id

Berikut ini macam - macam alat ukur. Alat yang digunakan untuk mengukur dengan satuan meter. Juga dengan satuan sentimeter
 LENGKAP!!! Kunci Jawaban Tematik Kelas 2 Tema 5 Subtema 3 pembelajran 4 - Berita Sederhana | Kunci Jawaban Lengkap & Terbaru


 Evaluasi
1. Panjang baju Beni 126 cm dan panjang celananya 152 cm. Berapa meter panjang baju dan celana Beni tersebut?

2. Kain selimut adek Siti panjangnya 264 cm sedangkan selimut Siti panjangnya 312 cm. Berapa cm panjang selimut Siti dan adeknya ?

3. Adi memiliki sepasang sepatu dengan panjang 21 cm. Dan menampilkan sendal dengan panjang 19 cm. Berapa selisih sepatu dan sendal nya Adi ?


 Kesimpulan
Dari materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi sebelumnya di pembelajaran yang ke 3 disimpulkan bahwa peserta didik kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 2 peserta didik yang tidak hadir karena sakit.

 Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu mengerjakan sholat 5 waktu dan jangan lupa terus murojaah juz 30. Jangan lupa untuk pembelajaraan besok 13 Februari 2024 kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 4 Pembelajaran 5. 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar