Rabu, 21 Februari 2024

Materi Ajar Tema 6 Sub 2 PB 1&2 Kelas 2



Hari/Tanggal : Rabu, 21 Februari 2024

Kelas : 2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema ( 6 ) : Merawat Hewan dan Tumbuhan

Subtema ( 2 ) : Merawat Hewan di Sekitarku

Pembelajaran : 1 & 2

Tujuan Pembelajaran :
- siswa dapat mempraktikkan gerak bagian kaki menggunakan hitungan dengan tepat.
- siswa dapat menemukan penggunaan huruf kapital dalam tulisan tegak bersambung dengan benar.
- siswa dapat membaca ukuran berat benda.
- siswa dapat menemukan aturan penggunaan huruf kapital pada teks.
- siswa dapat mengempokkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan di sekolah.
- siswa dapat mempraktikkan prosedur gerak berlari sesuai irama.


 Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
 
Ananda sholeh sholehah, masih ingatkah kalian tentang materi yang akan kita pelajari yaitu satuan baku untuk ukuran berat (gram, ons, dan kilogram).
 
Pembelajaran 1



 Materi Ajar

Pembelajaran 1

Huruf Kapital disebut juga Huruf Besar. Huruf kapital adalah huruf yang berukuran dan berbentuk khusus ( lebih besar dari huruf biasa ), biasanya digunakan sebagai huruf pertama dari kata pertama dalam kalimat, huruf pertama nama diri, dan sebagainya.
Dalam menulis huruf bersambung, kamu diharuskan menulis kalimat tanpa berhenti karena tulisannya terus berantai atau saling menyambung.
Berikut ini contoh tulislah dengan menggunakan huruf tegak bersambung. Pergunakan huruf kapital dengan benar. Berikut ini salah satu contoh cerita tentang" Ayam"
 
Ayam
Ayam adalah hewan berkaki dua. Cakar kakinya
digunakan untuk menggaruk-garuk tanah. Cakar kaki
digunakan untuk mencari makanan. Makanan ayam
berupa hewan-hewan kecil di dalam tanah. Ayam juga
memakan biji-bijian. Ayam berkembang biak dengan
cara bertelur. Telur-telur dierami induk ayam selama 21
hari. Setelah 21 hari, telur-telur pun menetas. Telur dan
daging ayam mengandung protein tinggi. Protein berguna
bagi tubuh manusia.
 

Gerakan ayam mengepak sayap merupakan salah satu gerakan makhluk lain yang dapat kita tiru. Gerakan ini dapat digunakan sebagai salah satu rujukan dalam pembuatan tarian. Adapun gerakan ini sendiri bertumpu pada kelincahan anggota tubuh terutama bagian tangan.
Langkah melakukan gerakan menirukan ayam mengepak sayap adalah sebagai berikut :
1. Posisikan kedua tangan di samping tubuh, menempel
2. Angkat tangan perlahan-langan dan membentuk huruf Z dengan telapak tangan pada posisi mendatar dan dalam posisi lemas
3. Gerak-gerakkan telapak tangan serta lengan ke atas dan kebawah untuk menirukan gerakan ayam mengepak sayap
 
 
Satuan berat adalah salah satu satuan pokok di dalam bidang ilmu eksak yang juga disebut dengan massa. Berdasarkan Satuan Internasional atau (SI), satuan berat standar yaitu kilogram (kg), 1 kilogram didefinisikan sebagai massa dari sebuah silinder yang dibuat dari campuran platina-iridium. Satu kilogram standar disimpan di Sevres, Paris.

Satuan berat yang biasa digunakan di Indonesia adalah kg, hg, dag, g, dg, cg, mg, ons, pon, kwintal, dan ton. Untuk dapat menghitung satuan berat bisa menggunakan tangga konversi satuan.

Berikut ini tangga satuan berat
  Konversi Satuan (Lengkap) Panjang, Berat, Luas, Waktu dan Volume

Berikut ini salah satu alat ukur satuan berat :
1. Timbangan Pasar
 
 Jual timbangan pasar Harga Terbaik & Termurah Februari 2023 | Shopee  Indonesia
 
2. Timbangan  kue
 Jual Timbangan Kue Manual Tanita 1122 Green / Timbangan Dapur - PINK di  Seller FAST STORE - Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta | Blibli


Pembelajaran 2


Huruf Kapital disebut juga Huruf Besar. Huruf kapital adalah huruf yang berukuran dan berbentuk khusus ( lebih besar dari huruf biasa ), biasanya digunakan sebagai huruf pertama dari kata pertama dalam kalimat, huruf pertama nama diri, dan sebagainya.
Dalam menulis huruf bersambung, kamu diharuskan menulis kalimat tanpa berhenti karena tulisannya terus berantai atau saling menyambung.
Berikut ini contoh tulislah dengan menggunakan huruf tegak bersambung. Pergunakan huruf kapital dengan benar. Berikut ini salah satu contoh cerita tentang"  Merawat Ayam "
 
Merawat Ayam
Ayam perlu dirawat dengan baik agar tidak mudah sakit.
Kandang Ayam perlu dibersihkan agar lingkungan bersih dan sehat.
ayam juga perlu diberi makan secara teratur.
Ayam juga perlu diberi Vaksin agar tidak mudah sakit.
 
Kesimpulan: Huruf kapital digunakan pada setiap awal kalimat, nama orang, dan nama hari.

      
Lari zig-zag adalah suatu bentuk lari yang dilakukan dengan arah berbelok-belok dan melewati rintangan. Tujuan lari zig-zag adalah untuk melatih kelincahan.
 

Simak penjelasan berikut ini mengapa saat olahraga sepak bola diperlukan pemanasan lari zig zag. Hal tersebut dikarenakan : 
1. Lari zig zag membantu kelincahan
Dengan lari zig zag maka mereka akan melatih kelincahan dalam berlari. Karena lari zig zag membutuhkan konsentrasi yang tinggi agar tidak menabrak batas-batas yang telah diberikan di depannya.

Lari zig zag biasanya dilakukan dengan cara memberikan tanda start di awal, kemudian susunlah pembatas sebanyak 10 – 15 pembatas, tergantung pada keinginan saat latihan. Berilah spasi pada setiap pembatas. Antara ½ meter sampai 1.5 meter.

Biasanya untuk melatih sepak bola, lari zig zag pertama akan dilakukan lari zig zag saja, namun untuk kedua dan ketiga dilakukan dengan menggiring bola sehingga tentu akan memberikan kelincahan dan ketangkasan dalam mengiring bola.

2. Lari Zig zag membantu memperkuat otot kaki
Bagi pemain sepak bola tentu ini diperlukan, karena ketangkasan dalam pemainan sepak bola terletak pada kaki. Oleh karena itu membuat otot-otot kaki kencang adalah hal yang penting. Dengan terus berlatih lari zig zag ini akan membantu untuk memperkuat otot kaki dan memberikan kelincahan pada kaki. Lari zig zag dapat membantu memperkuatu otit kaki karena pada dsanrya lari ini membantu untuk melatih kecepatan dalam berlari.
 
  Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 2 Halaman 52 53 54 56 57 Subtema 2 Merawat Hewan  di Sekitarku - Halaman 5 - Tribunpontianak.co.id
 
 
Tata tertib sekolah adalah sekumpulan peraturan sekolah yang harus dipatuhi oleh seluruh siswa demi kelancaran proses belajar mengajar. Tidak hanya itu, dengan adanya tata tertib diharapkan seluruh siswa dapat hidup disiplin di sekolah. ULANGAN PKn. - ppt download
 
 
 Evaluasi
1. Mangga ditimbang menggunakan alat timbangan......
2. telur ditimbang menggunakan alat timbang.....
3. daging ditimbang menggunakan alat timbangan......
4. besi ditimbang menggunakan alat timbangan......
5. gula ditimbang menggunakan alat timbangan......


 Kesimpulan
Dari materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi sebelumnya disimpulkan bahwa peserta didik kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 1 peserta didik yang tidak hadir dikarenakan ijin.

 Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu mengerjakan sholat 5 waktu dan jangan lupa terus murojaah juz 30. Jangan lupa untuk pembelajaran besok 22 Februari 2024 kita akan mempelajari Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3.

Tetap semangat ananda sholeh sholehah Bu Upik dan pak Hendri 
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar