Jumat, 16 Februari 2024

Materi Ajar Tema 6 Sub 1 PB 1&2 Kelas 2




Hari/Tanggal : Jum'at, 16 Februari 2024

Kelas : 2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema ( 6 ) : Merawat Hewan dan Tumbuhan

Subtema ( 1 ) : Hewan di Sekitarku

Pembelajaran : 1 & 2

Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu menulis teks dengan huruf tegak bersambung sesuai aturan penulisan yang tepat.
- Siswa dapat menyebutkan satuan baku untuk ukuran berat (gram, ons, dan kilogram)
- Siswa mampu membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu.
- Siswa mampu mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
- Siswa mampu membaca teks yang ditulis dengan huruf tegak bersambung dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Siswa dapat menjelaskan prosedur penggunaan variasi gerak berjalan sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama

 Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
 
Ananda sholeh sholehah, masih ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas pada pertemuan sebelumnya ditema 5 subtema 4 pb 6  yaitu tentang satuan panjang ? Untuk hari ini kita akan membahasa  tema 6 subtema 1 pb  1 &2 yaitu satuan baku untuk ukuran berat (gram, ons, dan kilogram). 
 

Pembelajaran 1



 Materi Ajar

Pembelajaran 1 

Dalam menulis huruf bersambung, kamu diharuskan menulis kalimat tanpa berhenti karena tulisannya terus berantai atau saling menyambung.
Berikut ini contoh tulislah dengan menggunakan huruf tegak bersambung. Pergunakan huruf kapital dengan benar. 
 
Huruf kapital digunakan pada huruf di awal kalimat dan nama orang.
(L)ani dan (S)iti, sedang bermain di kebun belakang rumah (L)ani.
(D)i kebun belakang rumah (L)ani tumbuh berbagai tanaman bunga.
(B)unga-bunga bermekaran.
(T)ampak kupu-kupu terbang ke sana kemari.
(T)idak jauh dari taman bunga, terdapat kandang ayam.
(L)ani dan keluarganya memelihara ayam.
(D)i dekat kandang ayam, terdapat satu kandang kelinci.
(L)ani juga memelihara kelinci.

 
Pada setiap lagu, panjang pendeknya bunyi disebut pola irama. Pola irama ini berjalan menurut birama (ketukan) yakni kuat dan lemahnya bunyi dalam suatu lagu. Makin banyak birama yang terkandung dalam suatu bunyi, maka bunyi tersebut akan menjadi panjang, begitu pula sebaliknya.
Ayo, menyanyikan lagu Ayamku!



Konversi Satuan Berat atau Massa
Satuan berat adalah salah satu satuan pokok di dalam bidang ilmu eksak yang juga disebut dengan massa. Berdasarkan Satuan Internasional atau (SI), satuan berat standar yaitu kilogram (kg), 1 kilogram didefinisikan sebagai massa dari sebuah silinder yang dibuat dari campuran platina-iridium. Satu kilogram standar disimpan di Sevres, Paris.

Satuan berat yang biasa digunakan di Indonesia adalah kg, hg, dag, g, dg, cg, mg, ons, pon, kwintal, dan ton. Untuk dapat menghitung satuan berat bisa menggunakan tangga konversi satuan.

Berikut ini tangga satuan berat :
Konversi Satuan (Lengkap) Panjang, Berat, Luas, Waktu dan Volume

Beberapa alat timbangan. Alat-alat tersebut digunakan untuk menimbang telur ayam dan daging ayam.
 KUNCI JAWABAN Tema 6 Kelas 2 SD/MI Halaman 2, 3, 4, 5 , 6, 7, 8, Berlatih  Menimbang Berat Benda - Halaman all - Tribunnewsmaker.com
Pada alat timbangan tersebut, tertulis huruf G, KG, dan Ons. G berarti gram, KG berarti kilogram Gram, kilogram, dan ons merupakan satuan baku untuk mengukur berat.

Ayam dipelihara untuk dimanfaatkan daging dan telurnya. Daging ayam dijual dalam kemasan setelah ditimbang. Telur ayam dijual dalam kemasan setelah ditimbang.
Setelah 6 Hari Telur Ayam Terkumpul ... keranjang, Kunci Jawaban Kelas 2  Tema 6 Halaman 22 - Portal Purwokerto - Halaman 3

Berat 1 kilogram = 1.000 gram
Berat 1 kilogram = 10 ons
Berat 1 ons = 100 gram


Pembelajaran 2


Dalam menulis huruf bersambung, kamu diharuskan menulis kalimat tanpa berhenti karena tulisannya terus berantai atau saling menyambung.
Berikut ini contoh tulislah dengan menggunakan huruf tegak bersambung. Pergunakan huruf kapital dengan benar.
Lani Anak yang Rajin

Lani termasuk anak yang disiplin. Tugas membuat puisi dikerjakan dengan baik. Tugas itu dikumpulkan tepat waktu. Mengerjakan tugas sekolah termasuk aturan yang harus dipatuhi.

Selain disiplin dalam mengerjakan tugas, Lani juga selalu datang tepat waktu. Datang ke sekolah tepat waktu termasuk tata tertib di sekolah.

Tolong ambilkan aku minum, Bu. Tolong bantu ibu untuk menjaga adikmu Tolong bersihkan papan tulis ini. Tolong jangan berebut mengambil makanannya. Adik, tolong bantu kakak mencuci piring. Kakak, tolong belikan sayur di warung. Ibu, tolong bantu aku mengangkat buku-buku ini ke kamar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Contoh Kalimat Permintaan Tolong dan Ungkapan Terima Kasih", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2022/05/09/193000469/contoh-kalimat-permintaan-tolong-dan-ungkapan-terima-kasih.

Editor : Serafica Gischa

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6
Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 1 Hewan di Sekitarku | Mikirbae.com

 
Ayunan satu lengan ke depan serta ke belakang merupakan salah satu gerakan ayunan lengan dalam senam irama. Senam irama merupakan gerakan yang dilakukan dengan disertai irama musik. Gerakan ayunan satu lengan ke depan serta ke belakang dapat memberikan beberapa manfaat bagi tubuh, diantaranya, melancarkan peredaran darah serta meningkatkan kekuatan otot lengan dan bahu. Gerakan ayunan satu lengan ke depan serta ke belakang cukup mudah untuk dilakukan karena memiliki gerakan yang terbilang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.


 
Tata tertib sekolah adalah sekumpulan peraturan sekolah yang harus dipatuhi oleh seluruh siswa demi kelancaran proses belajar mengajar.

Contoh Tata Tertib yang Berlaku di Sekolah dan Harus Dipatuhi setiap Siswa,  Materi Tema 6 Kelas 2 SD/MI - Seputar Lampung


Ayo Berdiskusi!

Bacalah teks berjudul Lani Anak yang Rajin. Temukan tata tertib yang harus dipatuhi oleh Lani di sekolah. Ayo, temukan bersama teman di sebelahmu. Kemudian, temukan tata tertib yang berlaku di sekolahmu.
Tuliskan dalam kertas tugas kelompokmu. Ceritakan hasil diskusimu di depan kelas
Tata tertib yang harus dipatuhi oleh siswa di sekolah :
1. Mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu
2. Datang ke sekolah tepat waktu


 Evaluasi

1. 1 KG = ... HG
2 1 KG = ... G
3. 1 HG = ... G
4. 1 G = ... HG
5. 1 HG = ... KG

 Kesimpulan
Dari materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi sebelumnya disimpulkan bahwa peserta didik kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 3 peserta didik yang tidak hadir dikarenakan sakit.

 Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu mengerjakan sholat 5 waktu dan jangan lupa terus murojaah juz 30. Jangan lupa untuk pembelajaran besok 19 Februari 2024 kita akan mempelajari Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 3.

Tetap semangat ananda sholeh sholehah Bu Upik dan pak Hendri 
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya 


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar