Selasa, 21 November 2023

Materi Ajar Tema 4 Sub 3 PB 1-3 Kelas 2 A



Hari/Tanggal : Senin, 20 November 2023

Kelas : 2A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung

Tema ( 4 ) : Hidup Bersih dan Sehat

Subtema ( 3 ) : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain

Pembelajaran : 1 - 3

Kompetensi Dasar :
- (PPKN 1.4)
Menerima sikap sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

- (Bahasa Indonesia 4.4)
Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
- (Bahasa Indonesia 3.4)
Mengenal pemahaman dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

- (Matematika 4.9)
Mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan bangun datar dan bangun ruang.

- (SBDP 3.1)
Memahami karya gambar imajinatif dua dan tiga dimensi..
- (SBDP 4.1 )
Membuat karya gambar imajinatif dua dan tiga dimensi.

- (PJOK 3.4)
Memahami prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran melalui permainan sederhana dan atau tradisional.


Tujuan Pembelajaran 1 - 3 :
1. Siswa dapat menjelaskan makna pemahaman yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar

2. Siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan benar

3. Siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan benar .

4. Siswa dapat Menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan pemahaman bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.

5. Siswa dapat menjelaskan prosedur gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.

6. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan kesatuan dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan tepat.

7. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.

8. Siswa dapat Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan pemahaman bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.


Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah dipertemuan sebelumnya ananda Sholeh Sholehah sudah mempelajari materi tentang alat musik dan pola datar. Hari ini ananda sholeh sholehah akan melanjutkan materi tentang

Yuk simak materi pembelajaran berikut 
Video Pembelajaran

Pembelajaran 1



Pembelajaran 2




Pembelajaran 3





Materi Ajar

Dayu dan teman-temannya mendapat tugas sekolah. Mereka ditugaskan menggambar lingkungan dan
benda-benda di sekitar. Dayu dan teman-teman sepakat mengerjakan bersama. Mereka menggambar di taman sekitar kompleks. Taman tidak jauh dari rumah Dayu.

Tempat Bermain yang Bersih

Tempat bermain merupakan salah satu tempat yang kita butuhkan. Di sana kita bisa bermain dengan teman-teman. Tempat bermain juga bisa dijadikan tempat belajar dan rekreasi. Oleh karena itu, kebersihannya harus kita jaga dengan baik. Tempat bermain yang bersih bebas dari sampah. Jika tempat bermain bersih, pengunjung akan sehat. Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Oleh karena itu, jika ingin sehat, kita harus menciptakan lingkungan yang bersih. 




 Amtilah gambar di atas. Pada gambar diatas telihat taman yang bersih. Pohon yang rindang. Anak-anak senang bermain ditaman. Ino dan teman teman nyaman bermain, mereka sangat gembira. Taman termasuk tempat umum. kebersihan tempat umun menjadi tanggung jawab kita bersama. Jika tempat umum bersih, kita menjadi nyaman bermain. Jika tempat umum itu kotor, tumpukan sampah akan menjadi sarang kuman penyakit, dan bau tak sedap. 

Latihan soal    
Siapakah yang bertanggung jawab menjaga kebesihan tempat umum…..   
Apa yang kamu lakukan jika ada anak yang mengotori taman…. 

Dayu dan teman-teman mulai menggambar. Mereka membuat karya dua dimensi. Contoh karya dua dimensi adalah gambar atau lukisan.

Apa saja alat dan bahan yang digunakan untuk membuat gambar atau lukisan? 
Perhatikan gambar di bawah dengan teliti! 
Alat dan Bahan
    



Boleh juga menggambar lingkungan yang ada di sekitarmu. 
Perhatikan contoh gambar Dayu di bawah! 
  
  
1 2 3    



Karya dua dimensi     
Karya seni dua dimensiadalah gambar yang ditekankan pada elemen bentuk garis dan anpa menggunakan ekspresi. 
Contoh karya dua dimensi adalah:     
Gambar     
Lukisan     
Seni grafis     
Seni fotografi     
Seni kaligrafi     
Poster     

Perhatikan kembali gambar Dayu. Dayu menggambar jenjang dari kubus yang tersusun. Kubus merupakan contoh bangun ruang.



Balok di atas di bentuk oleh beberapa ruas garis (sisi), yaitu ruas garis AB, BC, CD, AD, EF, FG, GH, HE, FB,GC,HD, AE.

Bangun Prisma segitiga memiliki 9 ruas garis (sisi), yaitu sisi AB, BC, CA, AD, EB, FC,FE,FD, DE


Bangun limas segitiga ada 6 ruas garis (sisi) yaitu sisi, AB, BC, CA, DA, DC, DB.



Tempat yang Bersih Aman untuk Bermain

Tempat bermain harus bersih agar aman untuk bermain. Sampah, akumulasi udara, dan kotoran harus dibuang karena dapat mendatangkan penyakit. Genangan udara akan menjadi sarang nyamuk yang dapat menggigit manusia. Gigitan nyamuk tertentu dapat menyebabkan penyakit demam berdarah. Keselamatan bermain juga mempengaruhi kebersihan lingkungan. Pecahan kaca dan kerikil yang berserakan harus dibuang. Jika terkena dapat mengakibatkan cidera. Oleh karena itu, jika ingin bermain aman, kebersihan lingkungan harus diperhatikan. Tempat yang bersih, membuat bermain menjadi aman dan nyaman.

Contoh Kosakata tentang lingkungan
Anak – anak berkumpul dilapangan depan sekolah. Lapangan itu ditumbuhi rumput yang subu. Lapangan itu terawat dengan baik. Rumput di siram dan di rawat dengan baik. Jika tidak dirawat, rumput akan banyak yang mati karena di injak anak saat bermain. Lintasan laridisiram dengan air agar debu tidak beterbangan. Debu dapat mengganggu pernapasan.

Bermain sepak bola ada caranya. Sebelum bermain harus melakukan pemanasan. Salah satu bentuk pemanasan adalah dengan mendinginkan tubuh. Melenturkan tubuh berguna untuk menghindari cidera saat bermain. Tentu kamu masih ingat bagaimana cara melenturkan tubuh. Gerakan meleturkan tubuh dapat dilakukan dalam bentuk permainan. Misalnya saja mengoper bola dari depan ke belakang




Cara melakukannya :
1. Bagilah temanmu menjadi beberapa kelompok!
2. Semua anggota kelompok baris berbanjar.
3. Berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu.
4. Anggota terdepan memegang bola dengan kedua tangan.
5. Operakan bola lewat atas kepala dari depan sampai ke belakang.
6. Lakukan perlombaan dengan kelompok lain.
7.Kelompok yang paling cepat mengoper bola sampai ke belakang adalah pemenangnya.

Permainan mengoper bola dari depan ke belakang membutuhkan kerja sama yang baik. Sikap kerja sama yang baik pantas untuk dilakukan. Kerja sama merupakan berdirinya sikap persatuan.



Bersatu dalam keberagaman
Kerjasama bisa dilakukan dalam hal apapun, saat bermain, saat membersihkan lingkungan dan lainnya. Manfaat kerjasama antara lain :
Dapat mempererat persaudaraan
Pekerjaan menjadi ringan
Pekerjaan menjadi cepat selesaiaan menjadi ringan
Pekerjaan menjadi cepat selesai

Dayu dan teman-teman membuat kerajinan. Mereka membuat karya berbentuk dari tanah liat. Banyak benda yang dapat dibuat dari tanah liat.



Kerajinan dari tanah liat merupakan suatu barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan seseorang. Dan pada dasarnya tanah liat biasa juga digunakan sebagai jenis bahan baku yang berasal dari tanah tertentu serta memiliki sifat yang lengket dan mudah dibentuk untuk dijadikan suatu barang kerajinan.

Karya seni tiga dimensi karya seni yang menggunakan keterampilan tangan dan memperhatikan bidang kebutuhan fisik dan segi keindahan disebut karya seni tiga dimensi. Salah satu seni rupa 3 dimensi yang paling terkenal adalah patung. Keramik. Arsitektur.

Dayu dan teman-teman telah selesai membuat kerajinan dari tanah liat! Coba lihat gambar di samping!
Kerajinan Dayu berupa vas bunga. Vas bunga Dayu berbentuk prisma. Prisma merupakan contoh bangun ruang



Kalau begitu, mana saja yang merupakan ruas-ruas garis pada prisma?



Pada prisma segitiga di atas terdapat ruas-ruas garis
AB, BC, AC, DE, EF, DF, AD, BE, dan CF.
Sisi, rusuk, dan titik sudut bangun ruang
Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang, dengan paling tidak satu pasang di antaranya berukuran berbeda. Balok memiliki 6 sisi, 12 tulang rusuk dan 8 titik sudut. Balok yang dibentuk oleh enam persegi sama dan sebangun disebut sebagai kubusyang Memiliki 12 rusuk yaitu, rusuk AB, BC, CD, DA, EA, FB, CG, DH, EH, EF, FG, GH. Memiliki 6 sisi yaitu ABCD, BCFG, EFAB, ADEH, CDHG, EFGH.




Memiliki 12 rusuk yaitu, rusuk AB, BC, CD, DA, EA, FB, CG, DH, EH, EF, FG, GH.
Memiliki 6 sisi yaitu ABCD, BCFG, EFAB, ADEH, CDHG, EFGH.
Memiliki 8 titik sudut yaitu A,B,C,D,E,F,G,H
Tidaklah ruas-ruas garis pada bangun - bangun ruang berikut!

Membuat kerajinan dari tanah liat dapat membuat lingkungan menjadi kotor. Setelah membuat kerajinan, lingkungan harus segera dibersihkan


Evaluasi










1. Banyaknya sisi pada bangun ruang di atas adalah …..
a. 4 buah
b. buah
c. 6 buah



2

Banyaknya sisi pada bangun ruang di atas adalah …..
a. 3 buah
b. 4 buah
c. 5 buah

3. Selalu menjaga kebersihan di tempat bermain adalah perbuatan yang….
A.Baik
b. buruk
c. Lucu

4. Benda-benda di bawah ini yang sebaiknya dibuang, jika ada di tempat bermain adalah ….
A. Papan perosotan
b. Pot bunga
c. Pecahan kaca

5. Selain harus bersih, tempat bermain sebaiknya….
A. Mewah
b. Aman
c. mahal

kesimpulan
Dari materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi sebelumnya di pembelajaran yang ke 4 - 6 disimpulkan bahwa peserta didik kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 5 peserta didik yang tidak hadir karena sakit dan ijin keperluan keluarga.

Penutup
Sekian untuk materi pembelajaran kali ini, jika masih ada materi yang belum mengerti boleh ditanyakan kembali ke Bu Upik atau pak Hendri dan pertemuan berikutnya kita akan masuk materi pembelajaran ke 4 - 6. 
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar