Selasa, 21 November 2023

Materi Ajar Tema 4 Sub 2 PB 4-6 Kelas 2 A



Hari/Tanggal : Jum'at, 17 November 2023

Kelas : 2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung

Tema ( 4 ) : Hidup Bersih dan Sehat

Subtema ( 2 ) : Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

Pembelajaran : 4 -6


Kompetensi Dasar :

- (Bahasa Indonesia 4.4)
Menyajikan penggunaan pemahaman bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

- (Matematika 3.11)
Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret.

- (SBDP 3.3)
Memahami gerak keseharian dalam tari.

- (PJOK 3.4)
Memahami prosedur bergerak secara halus, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan


Tujuan Pembelajaran 4 - 6 :

1. Siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan (dapat dibantu dengan pemahaman bahasa daerah untuk membantu pemahaman ) secara tepat.

2. Siswa dapat melakukan gerakan bagian tangan dengan iringan (misalnya persamaan satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul dan sebagainya) secara tepat.

3. Siswa dapat mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.

4. Siswa dapat melakukan observasi sederhana tentang lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan benar

5. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di sekolah dengan benar.

6. Siswa dapat menanamkan gerak secara seimbang statistik dominan dalam rangka pengembangan kebugaran melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.

7. Siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak dengan benar.


Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah dipertemuan sebelumnya ananda Sholeh Sholehah sudah mempelajari materi tentang bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah, cara kesehatan menjaga lingkungan, membangun datar dan membangun ruang, bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat. Hari ini ananda sholeh sholehah akan melanjutkan materi tentang alat musik dan pola datar.

Yuk simak materi pembelajaran berikut ini 
Video Pembelajaran

Pembelajaran 4





Pembelajaran 5



Pembelajaran 6





Materi Ajar
Dayu dan teman-teman belajar tentang pekarangan sekolah yang tidak bersih. Pekarangan sekolah yang kotor harus dibersihkan. Sampah-sampah yang berserakan harus dibuang. Masih ingatkah kamu dengan gerakan menyapu lantai?
Kamu sudah pernah melakukan gerakan menyapu lantai dengan hitungan dan iringan. Sekarang, kembangkan tari gerakan menyapu lantai menggunakan pola lantai!

Jika kamu sudah bisa, iringi dengan alat musik! Alat musik yang dapat digunakan misalnya: gendang, rebana, tamborin, atau tifa.




Jika alat musik di atas tidak ada, dapat digunakan benda-benda di sekitarmu. Misalnya gunakan botol plastik bekas.




Di dinding gendang terdapat pola segitiga. Dua atau lebih bangun datar dapat disusun susunan
membentuk pola tertentu. Amati pola bangun datar berikut! Ayo Berlatih  





Kebersihan sekolah bukan tugas penjaga sekolah saja. Kerbersihan sekolah merupakan tanggung jawab seluruh warga sekolah.  Jika ada yang membuang sampah sembarangan.  Lingkungan sekolah menjadi kotor dan tidak rapi.  Keindahan sekolahpun kurang terjaga.  Harusnya kita malu jika pekarangan sekolah kotor.  Oleh karena itu, mulai sekarang mari kita menjaga kebersihan sekolah dengan baik.  Halaman sekolah yang ditanami bunga-bunga membuat lingkungan menjadi indah.  Gerak pertumbuhan bunga juga dapat dijadikan ide menari.  Lakukanlah gerak tari pertumbuhan bunga dengan iringan lagu daerah Bungong Jeumpa dari Aceh atau Kambanglah Bungo dari Sumatera Barat.  Dua atau lebih bangun datar dapat disusun susunan membentuk pola tertentu. 

Kelas dan pekarangan sekolah Dayu telah bersih.  Dayu mengetahui cara menjaga lingkungan sekolah  agar bersih dan sehat.  





Ayo Berlatih!   
Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi percakapan ibu guru, Dayu, dan teman-teman!   

1. Apa isi percakapan ibu guru, Dayu, dan teman-teman?   
Jawab: Isi percakapan guru, Dayu, dan teman-teman adalah bagaimana kelas yang tidak bersih. 

2. Bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah?   
Jawab: Membersihkan ruang kelas, pekarangan sekolah, dan kamar mandi.   

3. Apa saja alat-alat yang dibutuhkan untuk menjaga kebersihan?   
Jawab: Contoh membersihkan kamar mandi sekolah, kita membutuhkan alat-alat seperti ember, sikat, air dan gayung.   

4. Bagaimana pendapatmu tentang isi percakapan ibu guru, Dayu, dan teman-teman?   
Jawab: Bagus sekali dayu dan teman-teman sudah tahu bagaimana cara menjaga lingkungan sekolah agar bersih dan sehat.   

5. Jika kamar mandi sekolahmu kotor, apa yang akan kamu lakukan?   
Jawab: Membersihkanknannya.   

Ayo Membaca!   
Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!   

Cara Menjaga Kelas Agar Bersih

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kelas agar bersih. Lantai, tembok, dan langit-langit harus dibersihkan setiap hari. Jika lantai berdebu, hendaknya dipel agar debunya terangkat dengan baik. Perlengkapan kelas lainnya juga harus dibersihkan. Misalnya lemari, papan tulis, meja, dan kursi. Setelah dibersihkan, kelas juga harus ditata dengan rapi.

Kita harus berhati-hati ketika membersihkan kelas. Hati-hati ketika membersihkan tempat yang lebih tinggi agar tidak jatuh. Hati-hati mengangkat benda yang berat. Kaki atau tangan bisa terimpit. Ketika membersihkan papan tulis, harus pelan-pelan agar debu tidak masuk ke mata dan hidung. Menjaga kelas agar bersih dan sehat itu penting.

Ayo Mengamati!
Dayu dan teman-teman telah menjaga kebersihan ruang kelas. Mereka menjaga kebersihan kelas bersama. Sikap mereka pantas untuk ditiru. Sikap itu merupakan contoh kebersamaan di kelas. Tahukah kamu dengan kegiatan yang menunjukkan sikap kebersamaan di kelas?

Amati gambar di bawah dengan teliti!




Apa saja yang dilakukan Dayu dan teman-teman? Sikap apa saja yang harus dimiliki agar dapat terwujud kebersamaan di kelas?
Jawab :
Sikap yang harus dimiliki agar terwujudnya kebersamaan di kelas adalah menjalankan seluruh kewajiban yang ada dan menerima hak secukupnya sebagai warga sekolah. Sikap di atas merupakan sikap paling mendasar agar terwujudnya kebersamaan, persatuan, keharmonisan, dsb di dalam kelas.

Beberapa contoh sikap yang harus dimiliki agar terwujudnya kebersamaan di kelas adalah :
Sikap saling menghargai dan menghormati.
Bersikap tenggang rasa dan penuh toleransi.
Tidak membeda-bedakan orang lain.
Berteman dengan siapa saja.
Ayo Berdiskusi!

Diskusikan dengan temanmu! Diskusikan sikap yang harus dimiliki agar terwujudnya sikap kebersamaan di kelas!

Kelas yang bersih nyaman untuk belajar. Nyaman juga untuk melakukan berbagai bentuk kegiatan. Misalnya untuk latihan melenturkan tubuh. Latihan ini membuat tubuh lentur dan tidak kaku. Latihan melenturkan tubuh banyak caranya. Misalnya kombinasi gerakan persendian leher, persendian lengan, dan persendian pinggang.

Melenturkan tubuh juga dapat dilakukan dalam permainan. Misalnya saja meliukkan badan sambil memegang bola.

Cara melakukannya :
1. Berdiri tegak dengan kaki rapat;
2. Pegang bola dengan tangan lurus ke atas;
3. Liukkan badan ke kiri dan ke kanan. Gerakan ke kiri dan ke kanan ditahan beberapa detik.

Semua warga sekolah bertanggung jawab menjaga kebersihan sekolah. Semua warga sekolah harus menunjukkan sikap hidup dalam kebersamaan. Hidup dalam kebersamaan merupakan wujud dari
persatuan. Hidup dalam kebersamaan banyak manfaatnya. Sebaliknya tidak hidup dalam kebersamaan juga ada akibat buruknya.



Makanan dan minuman Bergizi

Makanan sehat adalah makanan yang bergizi. Makanan bergizi memberi energi pada tubuh. Makanan bergixi tersusun dalam menu makanan nasi, lauk pauk, sayur serta buah. Hindarilah makan makanan yang tidak bergizi. Makanan ringan seperti keripik dan kerupuk tidak bergizi. Makanan ringan banyak mengandung bahan penyedap. Permen dan minuman ringan juga tidak bergizi. Permen dan minuman mengandung zat pewarna dan pemanis buatan.
GAMBAR!


Kebersihan sekolah bukan tugas penjaga sekolah saja. Kerbersihan sekolah merupakan tanggung jawab seluruh warga sekolah. Jika ada yang membuang sampah sembarangan. Lingkungan sekolah menjadi kotor dan tidak rapi. Keindahan sekolahpun kurang terjaga. Harusnya kita malu jika pekarangan sekolah kotor. Oleh karena itu, mulai sekarang mari kita menjaga kebersihan sekolah dengan baik. Halaman sekolah yang ditanami bunga-bunga membuat lingkungan menjadi indah. Gerak pertumbuhan bunga juga dapat dijadikan ide menari. Lakukanlah gerak tari pertumbuhan bunga dengan iringan lagu daerah Bungong Jeumpa dari Aceh atau Kambanglah Bungo dari Sumatera Barat. Dua atau lebih bangun datar dapat disusun susunannya.

Evaluasi

Dalam Pola bangun datartentukan bentuk bangun datar selanjutnya sesuai dengan pola-pola berikut! 



Kesimpulan 

Dari materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi sebelumnya di pembelajaran yang ke 1 - 3 disimpulkan bahwa peserta didik kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 5 peserta didik yang tidak hadir karena sakit dan ijin keperluan keluarga. 

Penutup
Sekian untuk materi pembelajaran kali ini, jika masih ada materi yang belum mengerti boleh ditanyakan kembali ke Bu Upik atau pak Hendri dan pertemuan berikutnya kita akan masuk materi pembelajaran ke 1 - 3. 

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar