Rabu, 23 Oktober 2019

Tema 4 subtema 1 pembelajaran 3

Hari/ tanggal : Rabu / 23 Oktober 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 4 (Hidup Bersih dan Sehat)/ 1(Hidup Bersih dan Sehat di Rumah)
Pembelajaran : 3

Bahasa Indonesia
3.4    Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.4.1 Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat mengunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman dengan benar)
3.4.2 Mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa tulis secara tepat
3.4.3 menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
3.4.4 menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
3.4.5 membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat

Matematika
3.9 Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
3.9.1 Menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar secara benar

SBdP
3.2 memahami pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1 menentukan tekana kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga secara benar

Tujuan pembelajaran
Siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga secara benar
Siswa dapat memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak pada lagu berbirama dua atau tiga secara tepat
Siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan yang santun
Siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat
Siswa dapat menentukan ruas garis yang membatasi model bangun datar dengan benar
Siswa dapat mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun datar secara benar




Materi ajar

Menyanyikan lagu Membuang sampah dengan nada yang tepat berdasarkan tanda dinamikanya.

Membaca teks percakapan Cicak dan Kecoa lalu menjawab pertanyaan

Membaca teks Hindari Rumah yang tidak bersih dan menarik kesimpulan apa saja akibatnya jika rumah tidak bersih

Mengamati bentuk layang-layang dan mendiskusikan bersama teman mengenai bentuknya dan ruas garisnya. Lalu, menentukan ruas garis, banyak sisi, sudut dan titik sudut dari bangun datar yang ditentukan Hari/ tanggal : Kamis / 24 Oktober 2019
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 4 (Hidup Bersih dan Sehat)/ 1(Hidup Bersih dan Sehat di Rumah)
Pembelajaran : 4&5

Bahasa Indonesia
3.4    Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.4.1 Menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat mengunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman dengan benar)
3.4.2 Mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa tulis secara tepat
3.4.3 menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
3.4.4 menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
3.4.5 membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepat

PKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah
3.4.1 mengidentifiksi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di rumah secara tepat

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya
3.10.1 mengenal sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar secara benar
3.10.2 menentukan banyak sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar secara benar

SBdP
3.2 memahami pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1 menentukan tekana kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga secara benar

Tujuan pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa lisan secara tepat
Siswa dapat mencatat isi teks berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa tulis secara tepat
Siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan secara benar
Siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di rumah secara tepat
Siswa dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di rumah menggunakan bahasa yang santun

Materi ajar

Menentukan banyak sisi, banyak sudut dan banyak titik sudut dari bangun datar yang telah ditentukan lalu, mengelompokkan bangun-bangun tersebut kedalam 2 kotak yang telah ditentukan

Membaca teks percakapan Keluarga Dayu dan menemukan kata-kata dalam tabel dri petunjunk yang telah diberikan

Membaca cara menjaga kebersihan rumah serta mengamati gambar kegiatan Dayu dan Keluarga di Rumah lalu, siswa mampu menjelaskan berdasarkan relasi teks yang telah dibaca dan gambar yang diamati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar