Jumat, 18 Oktober 2019

Tema 3 sub tema 4 pembelajaran 6


Kelas : II
Semester : I
Tema : III / Tugasku Sehari-hari
Subtema : IV / Tugasku dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran : 6

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.

SBdP
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.

Tujuan Pembelajaran
Dengan melakukan kegiatan menyantuni anak yatim, siswa mampu menemukan makna kosakata tentang kehidupan sosial.
Dengan mengamati gambar teks dan isi teks, siswa dapat menaksir harga barang.
Dengan mengamati teks dan penjelasan guru, siswa mampu memahami prakarya dari bahan buatan.
Dengan mengamati teks dan penjelasan guru, siswa mampu membuat prakarya dari bahan buatan.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
Mengamati kegiatan menyantuni anak yatim untuk menemukan makna kosakata tentang kehidupan sosial.
Mengamati gambar dan isi teks untuk harga barang.
Mengamati teks dan penejelasan guru untuk memahami prakarya dari bahan buatan.
Membuat prakarya dari bahan buatan.

Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema III Tugasku Sehari-hari
Buku Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
Buku Paket Bahasa Indonesia, dan Matematika


Materi Pembelajaran
Menyantuni Anak Yatim

Siti, ayah, ibu, kakek, nenek, dan adik berkunjung ke rumah Ani.
Ani adalah teman Siti. Usia mereka sebaya.
Ani adalah seorang anak yatim. Ia tinggal bersama ibunya.
Ani anak yang pandai dan rajin.
Siti sering membantu Ani.
Mereka sangat akrab walau jarang bertemu.
Setelah mengunjungi Ani, Siti, dan keluarga
kembali ke rumah. Kakek dan nenek sangat senang
Siti berkunjung ke rumah. Siti dan Ali diberi sejumlah uang oleh nenek.
Siti dan Ali masing-masing mendapat uang Rp5.000,00.


Kakek adalah seorang yang hebat.
Dahulu, kakek pandai membuat prakarya.
Dari kakek, Siti belajar membuat tempat pensil dari barang bekas.

Sekarang, buatlah tempat pensil cantik sesuai dengan petunjuk yang ada di bukumu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar