Senin, 14 Oktober 2019

Tema 3 sub tema 4 pembelajaran 1.2

Kelas : II
Semester : I
Tema : III / Tugasku Sehari-hari
Subtema : IV / Tugasku dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran : 1 dan 2

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.

SBdP
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.

Matematika
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.

PKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

Tujuan Pembelajaran
Dengan mengamati denah rumah dan teks bacaan, siswa dapat menyebutkan isi teks berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah dengan percaya diri.
Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat membandingkan pecahan uang secara cermat.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyuarakan panjang pendek bunyi dengan percaya diri.
Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menyampaikan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila di rumah.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
Mengamati cerita yang berkaitan kehidupan sosial.
Menemukan kosakata berkaitan kehidupan sosial.
Menghitung nilai sekelompok pecahan uang.
Menaksir harga barang dengan sekelompok pecahan uang yang setara.
Membuat prakarya dari bahan alam.
Mencermati isi teks serta  mengelompokkan perbedaan individu berdasarkan jenis kelamin di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar