Kamis, 26 Maret 2020

Tema7 subtema 4

TEMA 7 SUBTEMA 4 (KEBERSAMAAN DI TEMPAT WISATA)


Kamis, 26 Maret 2020
MATERI AJAR
Kelas               : II
Semester          : II
Tema               : VII / Kebersamaan
Subtema          : IV/ Kebersamaan di Tempat Wisata
Pembelajaran   : 5

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.9 Menentuan kata sapaan dalam dongeng lisan dan tulis
4.9 Menirukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan menulis kalimat yang memuat kata sapaan, siswa mampu menemukan kata sapaan dalam percakapan.
2.      Dengan menulis kalimat yang memuat kata sapaan, siswa mampu menjelaskan penggunaan kata sapaan dalam percakapan dengan bahasa lisan.
3.      Dengan menulis kalimat yang memuat kata sapaan, siswa mampu menirukan kata sapaan dalam percakapan secara lisan.
4.      Dengan menulis kalimat yang memuat kata sapaan, siswa mampu menuliskan kata sapaan dalam percakapan dengan ejaan yang benar.
5.      Dengan menulis kalimat yang memuat kata sapaan, siswa mampu mengoreksi kebenaran kata sapaan yang telah ditulis.
6.      Dengan menulis kalimat yang memuat kata sapaan, siswa mampu memperbaiki kata sapaan yang telah dikoreksi.
7.      Dengan menulis kalimat yang memuat kata sapaan, siswa mampu membacakan kembali kata sapaan yang telah diperbaiki dengan bahasa yang santun.
8.      Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi karakteristik masing-masing teman sekolah.
9.      Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.


MATERI PEMBELAJARAN
Mengenal Tempat Wisata
Pulau Komodo
Pulau Komodo masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama pulau-pulau lain di sekitar Kepulauan Nusa Tenggara. Pada tahun 1986, UNESCO menetapkan tempat wisata di Indonesia ini sebagai salah satu situs warisan dunia. Pulau ini dianggap sebagai habitat binatang komodo yang wajib dilindungi.

Raja Ampat

Raja Ampat menjadi primadona baru di dunia pariwisata Indonesia. Pesona tempat wisata di Indonesia ini mulai banyak dikenal baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Raja Ampat sendiri merupakan kumpulan dari pulau-pulau di ujung Papua. Ada empat pulau utama di sini, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta.

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan kompleks candi Buddha terbesar di dunia. Tempat wisata di Indonesia ini ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991. Candi Borobudur sempat terkubur abu vulkanik dari letusanGunung Merapi, sampai kemudian ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles di tahun 1814.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Jika biasanya kita mengunjungi sebuah museum untuk lebih mengenal kebudayaan suatu daerah,kali ini kita bisa mengunjungiTaman Mini Indonesia Indah sebagai sebuah museum raksasa untuk mengenal kebudayaan Indonesia. Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Indonesia yang digagas oleh Tien Soeharto ini menjadi tempat untuk melihat kebudayaan Indonesia dalam versi mini.

TUGAS
1.      Tempat wisata mana saja yang pernah kamu kunjungi?
2.      Tempat wisata apa saja yang terdapat di sekitarmu?
3.      Tulislah pengalamanmu ketika pergi ke tempat wisata!
4.      Bagaimana sikapmu terhadap teman yang memiliki kesukaan pergi ke tempat wisata yang berbeda dengan pilihanmu?
5.      Sebutkan contoh kegiatan di tempat wisata yang menyenangkan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar