Selasa, 10 Maret 2020

Tema 7 sub tema 2 pembelajaran 2

Hari/ tanggal : SELASA/10 MARET 2020
Kelas : 2
Tema/ Subtema : 7 (Kebersamaan)/ 2 (Kebersamaan di sekolah)
Pembelajaran : 2

KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah..

Bahasa Indonesia
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.
4.8 Menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri.

TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami perbedaan jenis kelamin di sekolah.
2. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat mengelompokkan jenis kelamin di sekolah.
3. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami isi teks dongeng.
4. Dengan mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat mengaitkan isi dongeng dengan kehidupan sehari-hari.

Hasil gambar untuk fabel
Fabel  adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Fabel adalah cerita fiksi atau khayalan belaka (fantasi). Kadang kala fabel memasukkan karakter minoritas berupa manusia. Cerita fabel juga sering disebut cerita moral karena mengandung pesan yang berkaitan dengan moral. Tokoh-tokoh cerita di dalam fabel semuanya binatang. Binatang tersebut diceritakan mempunyai akal, tingkah laku, dan dapat berbicara seperti manusia. Watak dan budi manusia juga digambarkan sedemikian rupa melalui tokoh binatang tersebut. Tujuan fabel adalah memberikan ajaran moral dengan menunjukkan sifat-sifat jelek manusia melalui simbol binatang-binatang. Melalui tokoh binatang, pengarang ingin mempengaruhi pembaca agar mencontoh yang baik dan tidak mencontoh yang tidak baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar