Jumat, 20 Maret 2020

Tema 7 sub tema 3 pemnelajaran 6

Kelas               : II
Semester          : II
Tema               : VII / Kebersamaan
Subtema          : III / Kebersamaan di Tempat Bermain
Pembelajaran   : 6

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.9 Menentukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis.
4.9 Menirukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis.

Matematika
3.7 Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
4.7 Menyajikan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.

SBdP
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.

Tujuan Pembelajaran
1. Dengan melakukan kegiatan bermain di halaman rumah, siswa mampu memahami kebersamaan di tempat bermain.
2. Dengan memperhatikan gambar, siswa mampu menjelaskan penggunaan kata sapaan dalam percakapan dalam bahasa tulis.
3. Dengan memperhatikan gambar, siswa mampu menuliskan kata sapaan dalam kalimat.
4. Dengan memperhatikan gambar, siswa mampu menyatakan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 sebagai bagian dari keseluruhan.
5. Dengan memperhatikan gambar, siswa mampu menyajikan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
6. Dengan penjelasan guru dan memperhatikan gambar, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif dengan bahan alami.
7. Dengan penjelasan guru dan memperhatikan gambar, siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya patung imajinatif dengan bahan alami.

Materi Pembelajaran
Sikap yang baik dapat diungkapkan dengan sapaan yang baik.


Bermain di Halaman Rumah

Seusai sekolah teman-teman Siti pergi ke rumah Siti. Rumah teman-teman Siti saling berdekatan. Mereka bermain di halaman. Siti dan teman-temannya bermain berburu hewan. Siswa yang berperan sebagai hewan jika terkena lemparan harus keluar area. Siti melempar bola ke arah Dayu. Kaki Dayu terkena lemparan Siti. Mereka tetap rukun walaupun memiliki banyak perbedaan.

Ada banyak jenis hewan yang dapat kita perankan saat bermain berburu hewan. Kita bisa bermain sebagai rusa, ayam hutan, kelinci, dan lain-lain. Hewan-hewan tersebut dapat kita tiru bentuknya dengan membuat patung hewan.

Membuat Patung Hewan

Alat dan bahan:
1. Tanah liat atau plastisin
2. Air
3. Sketsa hewan yang akan dibuat menjadi patung

Proses pembuatan patung:
1. Siapkan tanah liat atau plastisin.
2. Siapkan alat bantu dan air.
3. Siapkan meja putar (jika ada).
4. Siapkan gambar rancangan patung (sketsa hewan yang akan dibuat menjadi patung).
5. Tempatkan tanah liat atau plastisin di atas meja, putar sedikit demi sedikit.
6. Pijat-pijat bahan hingga mendekati bentuk yang diinginkan secara global.
7. Jika bahan kurang bisa ditambah, sebaliknya bila berlebih bisa dikurangi.
8. Sempurnakan bentuk dengan alat bantu, lalu berikan sentuhan akhir dengan pembentukan detail patung dan dihaluskan.

Kerjakan di Rumah!
1. Kata sapaan yang buruk bisa membuat hati seseorang menjadi ….
a. Sedih
b. Senang
c. Tertawa

2.            Ali: “Sedang apa dirimu sahabatku?”
Fatmawati: “Ini aku sedang menanam bunga melati.”

Kata sapaan yang diucapkan Ali kepada Fatmawati di atas adalah ….
a. Fatma
b. Sahabatku
c. Sedang apa

3. Pak Toni menangkap seekor rusa. Seekor rusa dari kumpulan di bawah dapat dinyatakan dengan pecahan _________.


4. Pak Somad memiliki dua ekor kambing. Seekor kambing dijual. Kambing yang dijual dapat dinyatakan dengan pecahan _______.

5. a. Apa saja alat dan bahan untuk membuat patung hewan?
 b. Buatlah sebuah sketsa patung hewan sesuai dengan imajinasimu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar