Selasa, 15 Oktober 2024

Selasa, 15 Oktober 2024

    


Hari/Tanggal : Selasa, 15 Oktober 2024
 
Fase/Kelas : A/2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 
 
Mata Pelajaran : B.Indonesia dan B.Inggris

* Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada hari ini, kegiatan yang akan kita lakukan yaitu melaksanakan Sumatif Tengan Semster (STS). Sebelum STS jangan lupa untuk berdo'a 

Bacalah soal dengan teliti dan perlahan.


Kisi-kisi Kelas 2 SD

Tema: Bahasa Indonesia

ELEMEN : Memahami Teks dan Menulis

  • Mengidentifikasi perasaan yang tergambar dalam teks (puisi, cerita).
  • Menemukan informasi penting (kunci) dalam sebuah puisi.
  • Menggunakan tanda titik dan huruf kapital dengan benar dalam penulisan.
  • Menyusun kalimat tanya yang sesuai.
  • Menyusun kalimat SPO (Subjek-Predikat-Objek).
  • Menceritakan kembali sebuah cerita secara runtut.
  • Memahami informasi yang disajikan dalam bentuk grafik sederhana.
Latihan - Latihan Soal

Bacalah seksama puisi dibawah ini!

Puisi Sampai Jumpa

Saat berpisah telah tiba

Aku arus pindah ke Kota Jakarta

Tiga tahun kita lewati bersama

Dalam tangis dan tawa

Sampai jumpa lagi, kawanku

Aku akan selalu mengingatmu

1.        Judul puisi diatas adalah ….

a.    Saat berpisah

b.    Sampai Jumpa

c.    Kawanku

2.        Kemanakah tokoh “Aku” pindah?

a.    Kota Surabaya

b.    Kota Jakarta

c.    Kota Medan

3.        Bagaimana perasaan tokoh “Aku” dalam puisi saat pindah?

a.    Senang             b. Gelisah                    c. Sedih

4.        rina membantu ibu membersihkan rumah

Penggunaan huruf kapital yang tepat adalah ….

a.    rina membantu Ibu membersihkan rumah

b.    Rina membantu Ibu membersihkan rumah.

c.    Rina membantu ibu membersihkan rumah.

5.        aku senang mendapat hadiah kucing yang lucu

Penggunaan huruf kapital yang tepat adalah ….

a.    Aku senang mendapat hadiah Kucing yang lucu.

b.    Aku senang mendapat hadiah kucing yang lucu.

c.    Aku senang mendapat hadiah kucing yang lucu

Perhatikan gambar berikut!

6.        Wiwin sedih saat mendapat nilai yang kecil. Wiwin menenangkan diri dengan cara ....

a.    Bercerita kepada teman

b.    Bercerita kepada orang tua

c.    Bercerita kepada kakek

7.        Tanda baca titik digunakan pada bagian . . . . suatu kalimat

a.    Awal

b.    Tengah

c.    Akhir

8.        Berikut ini contoh penggunaan tanda baca titik yang benar....

a.    Budi bermain. Bola

b.    Dini. Membawa boneka

c.    Agus membeli buku.

Perhatikan gambar berikut!

9.        Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan kepala sekolah akan mengadakan lomba untuk seluruh kelas. Berdasarkan gambar diatas Kepala Sekolah mengadakan lomba . . . kelas.

a.    Makan kerupuk

b.    Dekorasi

c.    Baca puisi

10.    Aiza mengikuti kegiatan lomba mewarnai yang di adakan di sekolahnya dalam rangka menyambut HUT RI. Tidak disangka Aiza meraih Juara 1 dalam perlombaan. Bagimana perasaan Aiza saat meraih juara 1 pada perlombaan . . .

a.       Senang

b.      Sedih

c.       Kecewa

 

Isilah titik – titik di bawah ini!

1.        Kalimat pernyataan di akhiri tanda . . .

2.        Pisahkan baju berdasarkan warna dan bahan

Kalimat diatas menunjukkan kalimat ucapan . . .

3.        Ani, irma, dan anto adalah anak-anak yang pintar. Penulisan kalimat yang benar adalah...

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5

Deva anak yang usil. Dia suka mengganggu temannya seperti yang terjadi siang ini.

Deva berbuat usil kepada Beno menakut – nakuti dengan ular plastik.

Beno lari karena kaget dan takut.

4.        Hari ini siapa yang menjadi sasaran keusilan Deva?

5.        Mengapa Deva disebut anak yang usil?


Bacalah teks berikut ini!

Aturan 20-20–20

Berapa lama kalian melihat layar gawai

setiap hari?

Terlalu lama menatap layar gawai bisa

membuat mata lelah.

Coba lakukan “Aturan 20–20–20”.

Berhentilah melihat gawai setiap 20 menit.

Carilah sesuatu yang berjarak 20 kaki dari

kalian.

Tatap benda tersebut selama 20 detik.

Dengan begitu, mata kalian bisa beristirahat.

Siapa mau mencoba?

1.        Terlalu lama menatap gawai membuat mata lelah. Jika kita melihat gawai lebih dari 20 menit. Maka apa yang terjadi . . .

a.       Membuat tangan menjadi lelah

b.      Membuat mata menjadi lelah

c.       Membuat kaki menjadi lelah

2.         Berapa lama waktu kita harus berhenti melihat gawai . . .

a.       20 menit

b.      30 menit

c.       10 menit

3.        Dimana kamu tinggal?

Kalimat di atas kata tanya “dimana” digunakan untuk menanyakan . . .

a.       Orang /pelaku

b.      Tempat

c.       Alasan/sebab

4.        Kata tanya ada beberapa macam yaitu bagaimana, dimana, kapan dll. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan cara adalah kata tanya . . .

a.       Bagaimana

b.      Kapan

c.       Apa

5.        Doni bermain bola.

Dari kalimat di atas, kata mana yang melakukan kegiatan adalah . . .

a.       Doni

b.      Bermain

c.       Bola

6.        Bermain - boneka - Anisa
 Susunan kalimat yang sesuai dengan pola S – P – O adalah . . .

a.       Boneka bermain Anisa

b.      Anisa bermain boneka

c.       Anisa boneka bermain

7.        Ban sepeda Raka bocor. Raka . . . menuntun sepedanya.

Kosa kata baru yang tepat untuk mengisi titik – titik di atas adalah . . .

a.       Terpaksa

b.      Tersandung

c.       Terjatuh

8.        Ketika berlari, Seina . . . batu.

a.       Terpaksa

b.      Tersandung

c.       Terjatuh

Perhatikan grafik berikut ini!

9.        Berdasarkan data di atas ada berapa siswa yang menyukai olahraga sepak bola?

a.       7               b. 6                  c. 5

10.    Berdasarkan data di atas ada berapa selisih antara siswa yang suka olahraga basket dengan bulu tangkis?

a.       5               b. 3                  c. 2

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

Perhatikan teks dibawah ini!

Lani anak yang rajin dan pandai.

Lani menjaga kebersihan.

Lihat kamar Lani.

Tampak rapih dan bersih.

Bangun tidur, Lani merapikan tempat tidurnya.

Melipat selimut dan merapikan sprei.

1.        Apa yang di lakukan Lani setelah bangun tidur?

2.        Aku ingin menanyakan jumlah.

Aku gunakan kata tanya . . .

3.        Buatlah kalimat berpola S – P – O!

4.        Terlalu lama menatap layar gawai bisa membuat mata lelah. Tuliskan contoh 2 contoh gawai yang kamu ketahui!

Perhatikan Grafik berikut ini!

 

5.        Berdasarkan grafik di atas ada berapa jenis olahraga yang disukai siswa?



Berikut kisi2 materi bahasa Inggris STS kls 2 :
1. What fruit do you Like? 
- penggunaan like dan likes
- does / doesn't

2. She is my grand mother
- anggota keluarga

3. Numbers (20-50) 
4. Benda yg ada di kelas (pencil, ruler, eraser, etc.)

 Berikut kisi2 materi bahasa Inggris STS kls 2 :
1. What fruit do you Like? 
- penggunaan like dan likes
- does / doesn't

2. She is my grand mother
- anggota keluarga

3. Numbers (20-50) 
4. Benda yg ada di kelas (pencil, ruler, eraser, etc.)






*Penutup

                                             Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar