* Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.
* Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.
* Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
* Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.
SBDP :
Peserta didik memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari dan keadaan lingkungan sekitar melalui karya seni musik yang memberi dampak positif bagi dirinya
Tujuan Pembelajaran :
B.Indo
* Melalui membaca, peserta didik dapat membedakan informasi yang bersifat fakta dan opini pada cerita;
* Melalui menulis, peserta didik dapat membuat beberapa kalimat berisi informasi menggunakan kata kunci sesuai topik;
* Melalui berdiskusi bersama teman, peserta didik dapat melaksanakan kesepakatan giliran berbicara, menanggapi komentar, dan bertanya tentang tugas dalam keluarga masing-masing.
SBDP :
Mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu nasional guna membangun rasa nasionalisme. Mampu bernyanyi lagu daerah secara mandiri dan bersama. Menemukan perbedaan lagu nasional dan lagu daerah dengan tepat. Membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu
* Apersepsi
* Media Pembelajaran : Diskusi dan Kerja kelompok
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
* Video Pembelajaran
* Materi Ajar
B.Indonesia
SBDP
1.Guru membuka kegiatan dengan aktifitas rutin kelas, sesuai kesepakatan kelas ( menyapa, berdoa, dan mengecekkehadiran ).
2.Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.Mengondisikan peserta didik baik fisik maupun mental untuk siap melaksanakanpembelajaran.
4.Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapai cita-cita
5.Guru melakukan apersepsi dan mengingatkan pembelajaran sebelumnya
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Siapkan kertas. Sediakan berbagai macam alat gambar yang dapat dipilih oleh anak. Jenisnya usahakan beragam, dari yang bisa membuat garis dengan berbagai macam ketebalan, dan garis dengan berbagai macam warna.
Berikan penjelasan pada siswa bahwa akan ada beberapa jenis musik yang didengarkan bersama-sama.
Dengan menutup mata saat mendengarkan lagu tertentu, ajak siswa untuk membayangkan bagaimana bentuk garis yang terbentuk dengan irama tersebut. Variasikan dengan beberapa lagu lainnya.
Minta siswa untuk membuka mata. Perdengarkan kembali lagu-lagu tersebut, lalu ajak mereka untuk menggambarkannya di kertas. Persilakan anak untuk mengganti alat gambarnya, jika mereka merasa perlu menggantinya agar garis yang digambar sesuai dengan irama musik yang didengar
* Evaluasi
* B.Indo
• Apakah keluarga kalian berbagi tugas di rumah?
• Apakah tugas di rumah kalian hanya dikerjakan oleh satu orang?
• Apa saja tugas kalian di rumah?
• Apakah menurut kalian, tugas kalian terlalu berat?
*SBDP
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna yang digunakan dalam pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar