Hari/Tanggal : Kamis, 10 Oktober 2024
Fase/Kelas : A/2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : MTK dan P5
Capaian Pembelajaran :
MTK :
- Pada akhir fase A, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, termasuk melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan tersebut. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 20, dan dapat memahami pecahan setengah dan seperempat. Mereka dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola-pola bukan bilangan. Mereka dapat membandingkan panjang, berat, dan durasi waktu, serta mengestimasi panjang menggunakan satuan tidak baku.
- Peserta didik dapat mengenal berbagai bangun datar dan bangun ruang, serta dapat menyusun dan mengurai bangun datar. Mereka dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain.
- Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
P5 :
Peserta didik mampu memahami suatu potensi ekonomi dan peluang usaha di sekitar sekolah
Tujuan Pembelajaran :
MTK :
MTK :
1. Menyebutkan waktu dengan menggunakan durasi terhadap waktu yang lain (Lihat nomor 3 buku siswa).
2. Menggunakan waktu dan durasi dengan tepat.
3. Membuat jadwal kegiatan sehari-hari.
P5 :
- Peserta didik dapat mengidentifikasi potensi ekonomi dan peluang usaha di sekitar sekolah dengan baik dan benar
* Media Pembelajaran : TV dan Benda Konkrit
*Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
* Video Pembelajaran
* Materi Ajar
MTK
P5
P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
" Meronce "
Meronce adalah kegiatan merangkai benda-benda menjadi satu kesatuan dengan menggunakan tali atau benang. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan berbagai bahan, seperti manik-manik, biji-bijian, dan lainnya. Kerajinan meronce bisa digunakan untuk menghias berbagai benda, seperti tas, gelang, kalung, dan tirai.
* Evaluasi
MTK
- sebutkan dan jelaskan kegiatan mu dalam satu hari beserta pukul yang tertera pada jam dinding?
P5
- Sebutkan bahan apa saja yang bisa dibuat untuk meronce?
- benda apa yang sekiranya kamu buat dalam kegiatan meronce serta jelaskan tahapan pembuatannya?
Kesimpulan
* Penutup
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar