Hari/Tanggal : Jum'at, 25 Oktober 2024
Fase/Kelas : A/2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : P5
*Capaian Pembelajaran : P5
Peserta didik mampu memahami suatu potensi ekonomi dan peluang usaha di sekitar sekolah
*Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat mengidentifikasi potensi ekonomi dan peluang usaha di sekitar sekolah dengan baik dan benar
Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
* Video Pembelajaran
* Materi Ajar
P5
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.
P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
" Meronce "
Tema : Meronce
Meronce adalah kegiatan merangkai benda-benda menjadi satu kesatuan dengan menggunakan tali atau benang. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan berbagai bahan, seperti manik-manik, biji-bijian, dan lainnya. Kerajinan meronce bisa digunakan untuk menghias berbagai benda, seperti tas, gelang, kalung, dan tirai.
Meronce memiliki beberapa manfaat, di antaranya:
- Melatih motorik halus, terutama pada tangan
- Melatih koordinasi antara mata dan tangan
- Melatih kesabaran dan fokus
- Melatih kreativitas
- Membantu anak mengenal bentuk, warna, dan ukuran
- Membantu anak mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan kerjasama
4, Contoh Soal
Yuk kita buat meronce berikut
*Evaluasi
💫 Kerjakan soal berikut dengan benar! 💫
🌼 Sebutkan bahan bahan membuat manik manik meroce
Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk meronce antara lain: Manik-manik, Biji-bijian, Kertas, Bunga, Kerang.
Selain bahan-bahan tersebut, Anda juga bisa membeli paket bahan meronce yang sudah lengkap, seperti:
- Paket meronce full silver + tang 3in1 senar
- Set pengait besi bonus kotak
- Set paket meronce anak DIY kit manik mote cincin gelang strap phone
- Manik bulat pastel kilap mote susu kilap
- Clay resin karakter Sanrio
Meronce adalah kegiatan merangkai berbagai bentuk benda dengan menggunakan seutas benang. Hasil dari kegiatan meronce dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti perhiasan, hiasan jendela, dan alat ibadah.
* Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran Kesimpulan P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 28 Oktober 2024 dengan materi pembelajaran bahasa indonesia dan matematika
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar