Selasa, 01 Oktober 2024

Rabu, 02 Oktober 2024

  


Hari/Tanggal : Rabu, 02 Oktober 2024
 
Fase/Kelas : A/2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 
 
Mata Pelajaran : B.Indonesia dan SBDP
 
*Capaian Pembelajaran :

B.Indonesia
  Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.

  Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan

yang diamati dengan bantuan ilustrasi.

  Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun,

menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

  Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana,

menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks

fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari,

dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.


SBDP:

 Peserta didik mampu membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis atau rapat, renggang) dengan cara menghubungkannya dengan suara atau gerakan tertentu. Mereka kemudian membuat gambar menggunakan berbagai macam garis sebagai bentuk respon terhadap musik tertentu.

*Tujuan Pembelajaran : 

B.Indo
  Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan tempat berbicara; 
  Melalui membaca informasi, peserta didik dapat menyimpulkan nama tempat umum yang dimaksud; 
  Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan ‘di’ sebagai kata depan dan kata kerja dengan tepat; 
  Melalui menulis, peserta didik dapat membuat cerita dengan struktur awal, tengah, dan akhir yang sederhana.

SBDP

Siswa mampu berkreasi dan mampu memilih bentuk yang diperlukannya
Siswa dapat mengidentifikasi nama-nama bentuk geometris dan bentuk organik.
Siswa dapat menggunakan lem dan gunting untuk membuat kolase.

 * Media Pembelajaran : TV, kerja kelompok dan bermain peran

*Apersepsi


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

* Video Pembelajaran







* Materi Ajar

Bahasa Indonesia
 Berikut ini adalah makna dari tanda peringatan tersebut.  Jangan mendorong;  Jangan membuka pintu;  Jangan memberi makan hewan;  Hati-hati lantai licin;  Hati-hati ada ayunan;  Hati-hati ombak besar;  Jangan sentuh stop kontak;  Hati-hati ketika melangkah;  Hati-hati barang panas.


SBDP

Bentuk Geometris

Bentuk geometris adalah bentuk-bentuk yang dibuat dengan menggunakan garis-garis lurus, lengkung, atau kombinasi keduanya. Bentuk-bentuk ini memiliki aturan dan ukuran yang pasti.

Contoh bentuk geometris:

  • Poligon: Bentuk datar yang dibatasi oleh garis-garis lurus. Contohnya: segitiga, persegi, persegi panjang, lingkaran, belah ketupat, trapesium, dan lain-lain.
  • Bangun ruang: Bentuk tiga dimensi yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Contohnya: kubus, balok, tabung, kerucut, bola, prisma, dan limas.

Bentuk Organik

Bentuk organik adalah bentuk-bentuk yang berasal dari alam atau menyerupai bentuk alami. Bentuk ini tidak memiliki aturan yang kaku dan cenderung lebih bebas.

Contoh bentuk organik:

  • Bentuk tumbuhan: Daun, bunga, buah, pohon, dan akar.
  • Bentuk hewan: Tubuh hewan, sayap, cangkang, dan lain-lain.
  • Bentuk alam: Awan, gunung, sungai, dan batu.

Evaluasi
SBDP













Bahasa Indonesia
1.Apakah arti tanda peringatana pada gambar di bawah ini?


Kesimpulan

-Dari materi B.Indonesia dan SBDP yang disampaikan pada hari ini alhamdulillah sebagian besar dari 21 anak sudah dapat memahami materi dan ada beberapa anak yang masih perlu bimbingan dengan cara menjelaskan kembali materi yang dipelajari dan tanya jawab


Penutup


Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh









 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar