Senin, 06 April 2020

MATERI AJAR
Kelas               : II
Semester          : II
Tema               : VIII / Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan
Subtema          : I / Aturan Keselamatan di Rumah
Pembelajaran   : 2

Kompetensi Dasar
PPKn
3.2 Memahami tata tertibdan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumahdan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan dilingkungan keluarga dan sekolah.

Bahasa Indonesia
3.2 Memahami tata tertibdan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumahdan di sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan aturan dilingkungan keluarga dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1.  Dengan mengamati gambar ayah dan ibu menjelaskanaturan ketika lari pagi, siswa dapat menyebutkan aturanyang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumahdengan bahasa yang santun.
2.  Dengan bimbingan guru, siswa dapat membiasakan dirimelaksanakan aturan di lingkungan keluarga dengan jujur.
3.  Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasiberbagai kegiatan yang sering dilakukan sebelummelakukan aktivitas fisik dengan teliti.
4.  Dengan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkankegiatan yang boleh dilakukan sebelum melakukanaktivitas fisik dengan teliti.
5.  Dengan penugasan, siswa dapat menceritakan kegiatanyang boleh dilakukan sebelum melakukan aktivitas fisikdengan bahasa yang santun.
6.  Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan isiteks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalamkemajemukan keluarga dengan teliti.
7.  Dengan membaca teks, siswa dapat menjawab pertanyaansesuai dengan isi teks dengan teliti.
8.  Dengan penugasan, siswa dapat menulis teks permintaanmaaf sederhana tentang sikap hidup rukun dalamkemajemukan keluarga dengan jujur.
9.  Dengan mengamati jam, siswa dapat menyebutkan satuanwaktu (detik, menit, dan jam) dengan teliti.
10. Dengan menggunakan kesetaraan satuan waktu, siswadapat memecahkan masalah yang berkaitan denganwaktu dengan tanggung jawab.
11. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkanberbagai sumber energi dengan bahasa yang santun.
12. Dengan penugasan, siswa dapat menentukan sumberenergi yang dapat menggerakan benda dengan bertanggung jawab.

  
Materi Pembelajaran
Udin dan teman-teman berbeda agama. Mereka selalu hidup rukun walaupun berbeda
agama. Mereka menunjukkan sikap persatuan dalam keberagaman. Sikap mereka pantas untuk ditiru. Tahukah kamu contoh kegiatan bermain lainnya yang membutuhkan persatuan?


Aku dan teman-teman suka bermain sepak bola.  Kami berbeda agama. Walaupun kami berbeda agama, kami tetap bermain bersama dan kompak. Kami juga saling mendukung dan tidak saling menyalahkan atau mengejek. Dengan sikap itu, kami dapat meraih kemenangan.

TUGAS!
Susunlah kata-kata berikut menjadi sebuah kalimat yang utuh!


    4.          Bagaimana sikap kita kepada teman yang berbeda agama?
    5.          Coba tuliskan 1 contoh permainan yang menunjukkan persatuan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar