Kamis, 14 November 2019

Tema 4 sub tema 4 pembelajaran 4

Kelas : II
Semester : I
Tema : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : IV / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Inonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

Matematika
Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret.

SBdP
3.4 Memahami pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.



Tujuan Pembelajaran
Melalui tanya jawab, siswa ddapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan eejaan yang tepat.
Dengan mengamati gambar dan  model bangun ruang, siswa dapat menentukan bangun ruang pada urrutan berikutnya berdasarkan pola secara benar.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri karya hiasan menggunakan bahan buatan secara tepat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
Mendengarkan pembaaan teks yang berjudul “WC Umum yang Kotor Harus Dibersihkan” dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Mengamati gambar yang berhubungan dengan cirri tempat umum (WC umum) yang tidak bersih.
Mengamati berbagai bentuk gambar hiasan dari sabun.
Membuat hiasan dari sabun.
Berlatih menentukan bentuk bangun ruang selanjutnya berdasarkan pola yang dibentuknya.

Penutup
Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika.
Berbagai contoh bangun datar dan bangun ruang
Bahan prakarya dari bahan alam dan buatan.

Materi Pembelajaran
Dayu dan teman-teman berlibur ke pantai. Di pantai ada berbagai tempat yang disediakan. Ada tempat parker, warung, tempat duduk, WC umum, ruang ganti baju, dan sebagainya. Dayu dan teman-teman menuju WC umum.

Membaca teks dengan suara yang nyaring !

WC Umum yang Kotor Harus Dibersihkan

WC umum yang kotor banyak penyebabnya. Hal ini terjadi karena banyak pengunjung yang tidak peduli lingkungan. Banyak yang membuang sampah sembarangan. Sampah yang dibuang dapat meenyumbat saluran air. Air akan menjadi tergenang.
WC umum yang tersumbat harus segera dibersihkan. Sampah yang menyumbat harus disingkirkan. Lantai dan saluran airnya harus dibersihkan. Agar lebih bersih dapat digunakan pembersih lantai dan sabun. Dengan demikian, WC umum akan menjadi bersih dan wangi. Pengunjung menjadi nyaman karenanya.

Informasi apa yang kamu peroleh dari isi teks diatas ?

Mengamati gambar dibawah ini

Berdasarkan gambar di atas, dapat menentukan ciri-ciri WC umum yang kotor .


Mengamati sabun batangan yang dapat dibuat mnjadi hiasan.



Cara Membuat Hiasan dari Sabun Batangan
Alat dan Bahan :
Pensil
Pahat ukirr atau pisau
Sabun

Cara membuatnya :
Sediakan sabun batangan trlebih dahuulu !
Lukislah pada sabun sesuai gambar model yang diinginkan
Ukirlah sabun menggunakan pahat ukir hingga membentuk model yang diinginkan!
Jika pahat ukir tidak ada, gunakan pisau !
Berhati-hatilah mnggunakan pahat atau pisau agar tidak terluka !
Haluskan permukaan sabun yang telah diukir hingga menyerupai model yang sempurna !
Hiasan selesai dan siap dipajang

Menentukan bentuk bangun ruang selanjutnya mengikuti pola-pola berikut !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar