Hari/Tanggal : jum'at, 02 Mei 2025
Fase/Kelas : A/2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Pelajaran : P5
ASSALAMMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
Apersepsi
Sholih sholiha bu guru bagaimana kabarnya? Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.Alhamdulillah kita Hari ini kita dapat berjumpa kembali pada hari jum'at, 02 Mei 2025. Ibu guru mengucapkan terima kasih banyak atas semangat yang telah anak-anak ibu guru lakukan pada setiap pertemuan.
Semangat selalu ya Anak - anak hebat ibu guru, semoga materi yang akan kita pelajari hari ini dapat kita pahami dan bermanfaat ke depannya.
P5
Tema P5 : Gaya Hidup Berkelanjutan
Capaian Penbelajaran P5:
- Peserta didik mampu Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya hidup berkelanjutan
- Peserta didik mampu Menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian lingkungan
- Peserta didik mampu Mendorong siswa untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik dapat bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas dan kemandirian murid. Selain itu, juga menambah pengetahuan dan pengalaman membuat totebag ecoprint dengan memanfaatkan daun yang ada disekitar lingkungan sekolah / rumah sebagai bahan pewarna alami.
Metode Pembelajaran : Cooperative Learning
Media PB p5: - Palu kayu - tas kain/ baju - tawas -daun segar -bungga segar - plastik
Let’s check this video
P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.
P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
" Meronce "
P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentangKewirausahaan Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan dengan Tema : "Ecoprint"
Ecoprint termasuk kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema gaya hidup berkelanjutan.
Ecoprint adalah teknik pewarnaan kain yang menggunakan bahan alami seperti daun, bunga, batang, dan akar. Teknik ini ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah berbahaya.
Berikut adalah beberapa contoh kegiatan P5 gaya hidup berkelanjutan dengan tema ecoprint: Membuat tote bag ecoprint, Membuat batik ecoprint, Membuat busana ecoprint.
Kegiatan P5 gaya hidup berkelanjutan bertujuan untuk:
- Meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya hidup berkelanjutan
- Menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian lingkungan
- Mendorong siswa untuk mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan
Kesimpulan
Penutup
WASSALAMMUALAIKUM WARAHAMTULLAHI WABARAKATUH
Penutup
WASSALAMMUALAIKUM WARAHAMTULLAHI WABARAKATUH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar