Hari/Tanggal : Rabu, 30 April 2025
Fase/Kelas : A/2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Pelajaran :Bahasa indonesia
ASSALAMMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
Apersepsi
Sholih sholiha bu guru bagaimana kabarnya? Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.Alhamdulillah kita Hari ini kita dapat berjumpa kembali pada hari Rabu, 30 April 2025. Ibu guru mengucapkan terima kasih banyak atas semangat yang telah anak-anak ibu guru lakukan pada setiap pertemuan.
Semangat selalu ya Anak - anak hebat ibu guru, semoga materi yang akan kita pelajari hari ini dapat kita pahami dan bermanfaat ke depannya.
Bahasa Indonesia
Elemen:
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui bermain kartu peran, peserta didik dapat mengetahui kalimat ajakan.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, bermain peran, tanya jawab.
Media / Alat peraga
Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Video pembelajaran
Bacalah cerita berikut bersama guru.
Ketika Hujan Turun
Hore, akhirnya hujan turun! Dida senang udara tidak lagi panas. Dia juga bisa bermain air sepuasnya.
Hujan tidak berhenti turun selama tiga hari. Dida pun mulai bosan. Kapan hujan akan berhenti? Ibu juga melarangnya main hujan lagi. “Nanti kamu bisa sakit,” kata ibu
Ternyata hujan terus-menerus tidak menyenangkan. Dida kesulitan bergerak ketika memakai jas hujan. Payungnya juga sering tertiup angin. Uh! Tidak asyik!
Namun ada hal lain yang membuat Dida cemas. Air sungai semakin tinggi. Arusnya membawa banyak sampah. Mengapa orang membuang sampah di sungai? Bukankah itu akan menyebabkan banjir?
Dida ingat bencana banjir tahun lalu. Barang-barang di rumah rusak atau hilang. Orang-orang pun jatuh sakit. Dida tidak ingin itu terjadi lagi. Kapan hujan akan berhenti?
Kata ulang yang menunjukkan jumlah benda lebih dari satu.
Tanda hubung (-) ditulis di antara kata ulang.
Kata ulang memiliki beberapa arti.
1. Menunjukkan jumlah yang lebih dari satu. Contohnya: buku-buku, meja-meja
2. Menunjukkan sesuatu yang terjadi berulang. Contohnya: terus-menerus, berkali-kali
Baca cerita “Ketika Hujan Turun” sekali lagi. Kemudian jawablah pertanyaan berikut
1. Perhatikan gambar pertama dalam cerita. Apakah gambar tersebut sesuai dengan teks? Jelaskan pendapat kalian!
2. Bekerjalah bersama seorang teman kalian. Bacalah puisi berikut. Lalu, buatlah sebuah puisi sederhana tentang banjir. Kemudian bacakan puisi kalian secara bergantian.
1. Perhatikan gambar pertama dalam cerita. Apakah gambar tersebut sesuai dengan teks? Jelaskan pendapat kalian!
2. Bekerjalah bersama seorang teman kalian. Bacalah puisi berikut. Lalu, buatlah sebuah puisi sederhana tentang banjir. Kemudian bacakan puisi kalian secara bergantian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar