Minggu, 18 Mei 2025

Senin, 19 Mei 2025

    


Hari/Tanggal : Senin, 19 Mei 2025

Fase/Kelas : A/2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Pelajaran : Bahasa Indonesia dan Mtk

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Apersepsi

Sholih sholiha bu guru bagaimana kabarnya? Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

Alhamdulillah kita Hari ini kita dapat berjumpa kembali pada hari Senin, 19 Mei 2025. Ibu guru mengucapkan terima kasih banyak atas semangat yang telah anak-anak ibu guru lakukan pada setiap pertemuan.

Semangat selalu ya Anak - anak hebat ibu guru, semoga materi yang akan kita pelajari hari ini dapat kita pahami dan bermanfaat ke depannya.

BAHASA INDONESIA

Elemen

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.


TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat mengetahui makna dari kosakata melalui membaca brosur.

Metode Pembelajaran :

Metode ceramah, tanya jawab, diskusi.

Media / Alat peraga

Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.

Video pembelajaran 👇



Brosur adalah selebaran atau pamflet yang berisi informasi atau promosi.
Bacalah brosur berikut ini !


Matematika
Elemen

Analisis Data dan Peluang

Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui membaca cerita peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan piktogram atau diagram gambar.

Metode Pembelajaran :

Metode ceramah, tanya jawab, latihan soal.

Media / Alat peraga

Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.

Video pembelajaran 

Pengertian Piktogram

Menurut teori matematika, piktogram adalah diagram yang menggunakan gambar sebagai jumlah setiap kategori. 

Piktogram ini biasanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda dengan banyak benda pada data. 

Gambar yang digunakan juga harus disesuaikan dengan objek pada deskripsi untuk mewakili sejumlah objek. 

Perhatikan contoh berikut ini!

Siswa kelas 2 membawa buah-buahan untuk acara makan bersama. Ada 7 buah pisang, 4 buah apel, dan 6 buah jeruk. Buatlah sebuah piktogram dari cerita ini !

Dari uraian tersebut kita dapat membuat piktogram sederhana.

Mula-mulai buatlah sebuah tabel dengan 2 kolom, kolom pertama diberi judul Nama Buah sedangkan kolom kedua diberi judul Banyak Buah. 

Seperti ini hasilnya.


Latihan :

Dalam sebuah lomba mewarnai, peserta menggunakan tiga jenis warna krayon: 8 orang menggunakan krayon merah, 3 orang menggunakan krayon biru, dan 5 orang menggunakan krayon hijau. 

Gambarlah sebuah piktogram dari cerita tersebut !


Kesimpulan

Penutup

Wassalamualikum Warahamtullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar