Selasa, 20 Mei 2025

Selasa, 20 Mei 2025

     


Hari/Tanggal : Selasa, 20 Mei 2025

Fase/Kelas : A/2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Pelajaran : PKN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Apersepsi

Sholih sholiha bu guru bagaimana kabarnya? Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

Alhamdulillah kita Hari ini kita dapat berjumpa kembali pada hari Selasa, 20 Mei 2025. Ibu guru mengucapkan terima kasih banyak atas semangat yang telah anak-anak ibu guru lakukan pada setiap pertemuan.

Semangat selalu ya Anak - anak hebat ibu guru, semoga materi yang akan kita pelajari hari ini dapat kita pahami dan bermanfaat ke depannya.

PKN
Elemen :
Peserta didik mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik dapat menunjukkan Sikap dan Perilaku Menjaga Lingkungan Sekitar

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik menunjukkan Sikap dan Perilaku Menjaga Lingkungan Sekitar

Metode Pembelajaran :
Cooperatif Learning

Materi:
Aku Peduli Lingkungan

Bekerja Sama Menjaga Lingkungan
Anak-Anak, kalian sudah belajar tentang sikap peduli lingkungan.
Sekarang, apakah menjaga lingkungan hanya tugas diri sendiri?
Tentu tidak, bukan?
Kita harus bekerja sama menjaga lingkungan.
Sesuai dengan sila ke-3 Pancasila, yaitu persatuan Indonesia.







Mari, Memahami

Halo, Teman-Teman. Namaku Ujang. Aku berasal dari Jawa Barat.Bu guru mengatakan bahwa menjaga lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Menjaga lingkungan dapat dilakukan dengan bekerja sama. Bekerja sama diartikan juga dengan tolong-menolong Ujang Senang Menolong Ujang anak yang rajin. Setiap hari, Ujang membantu ibu menyapu rumah. Setiap sore, dia membantu ayah memungut sampah di halaman. Malam harinya, Ujang membereskan meja belajar. Ujang mulai belajar dan merasa nyaman karena ruangan yang bersih dan rapi.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita di atas.
1. Kegiatan apa yang sering dilakukan Ujang?
2. Mengapa Ujang merasa nyaman?
3. Mengapa perlu bekerja sama menjaga lingkungan?

Kesimpulan

Penutup

Wassalamualikum Warahamtullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar