Senin, 05 Mei 2025

Selasa, 6 Mei 202

   


Hari/Tanggal :  Selasa, 6 Mei 202

Fase/Kelas : A/2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Pelajaran : pkn dan Matematika


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Apersepsi

Sholih sholiha bu guru bagaimana kabarnya? Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

Alhamdulillah kita Hari ini kita dapat berjumpa kembali pada hari Selasa, 6 Mei 2025. Ibu guru mengucapkan terima kasih banyak atas semangat yang telah anak-anak ibu guru lakukan pada setiap pertemuan.

Semangat selalu ya Anak - anak hebat ibu guru, semoga materi yang akan kita pelajari hari ini dapat kita pahami dan bermanfaat ke depannya.

PKN

Tujuan Pembelajaran:

Peserta didik dapat menyebutkan denah lingkungan sekitar

Capaian Penbelajaran Pendidikan Pancasila:

  • Peserta didik mampu mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • peserta didik mampu mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Metode Pembelajaran:

Cooperatif Learning

Materi: 

"Bagian-bagian rumah"


Bagian-bagian rumah umumnya terdiri dari beberapa area utama, yaitu:

1. Bagian Luar Rumah
  • Halaman (Taman/Carport/Garasi) → Area depan atau belakang rumah untuk parkir kendaraan atau taman.
  • Pagar → Pembatas rumah yang memberikan keamanan dan privasi.
  • Teras → Area depan rumah yang bisa digunakan untuk bersantai atau menerima tamu.
  • Atap → Penutup rumah yang melindungi dari hujan dan panas.
2. Bagian Dalam Rumah
  • Ruang Tamu → Tempat untuk menerima tamu dan berkumpul bersama keluarga.
  • Ruang Keluarga → Area untuk bersantai dan berkumpul dengan anggota keluarga.
  • Ruang Makan → Tempat khusus untuk makan bersama keluarga.
  • Dapur → Tempat memasak dan menyiapkan makanan.
  • Kamar Tidur → Ruangan pribadi untuk istirahat.
  • Kamar Mandi → Ruang untuk mandi dan kebutuhan sanitasi.
3. Bagian Tambahan (Opsional)
  • Gudang → Tempat penyimpanan barang.
  • Ruang Kerja → Ruangan khusus untuk bekerja atau belajar.
  • Ruang Cuci dan Jemur → Area untuk mencuci dan menjemur pakaian.
  • Kolam Renang → Fasilitas tambahan untuk berenang dan bersantai.
  • Balkon → Area di lantai atas untuk menikmati udara segar.


Arah mata angin adalah arah yang digunakan sebagai panduan dalam navigasi dan penentuan lokasi berdasarkan kompas atau posisi relatif terhadap bumi. Arah mata angin utama terdiri dari:


  1. Utara (N - North)
  2. Timur (E - East)
  3. Selatan (S - South)
  4. Barat (W - West)

Selain arah utama, ada juga arah mata angin antara:

  1. Timur Laut (NE - Northeast)
  2. Tenggara (SE - Southeast)
  3. Barat Daya (SW - Southwest)
  4. Barat Laut (NW - Northwest)
Matematika

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan

Metode Pembelajaran  : Cooperative Learning

Metode Mengajar : Diskusi Kelompok 

Media Pb Matematika : Lkpd, Pensil warna (media berhitung ), Video pb " PH" 

Media Pb B. indonesia : Vidio pb, lkpd, 

1.   Capaian Penbelajaran Matematika  :

    v  Peserta didik dapat menurutkan benda berdasarkan panjangdan berat

v  Peserta didik dapat membandinkan panjang dan berat benda secara kualitatif

Tujuan Pembelajaran (TP) Matematika :

 Peserta didik mampu menukur dan membandingkan panajng dua buah benda mengunakan satuan tidak baku denan membilan banyak benda

Matematika 

Let’s check this video

VIDEO PEMBELAJARAN  

Matematika 



Alat ukur tidak baku adalah alat ukur yang tidak memiliki satuan tetap dan belum distandarisasi secara internasional. Alat ini biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama oleh anak-anak atau dalam situasi informal, dan hasil pengukurannya bisa berbeda-beda tergantung pada siapa yang mengukur atau bagaimana alat itu digunakan.

Contoh Alat Ukur Tidak Baku:

  1. Jengkal tangan – digunakan untuk mengukur panjang atau lebar.

  2. Kaki (langkah) – untuk mengukur jarak.

  3. Depa (rentangan tangan) – mengukur panjang, seperti lebar kain.

  4. Genggaman tangan – untuk mengukur volume benda kecil, seperti beras.

  5. Botol atau gelas – digunakan untuk mengukur cairan (misalnya, "1 gelas air").

  6. Batang lidi – bisa digunakan untuk mengukur kedalaman atau panjang.

  7. Sendok – untuk mengukur bahan makanan.

Ciri-ciri Alat Ukur Tidak Baku:

  • Tidak konsisten hasil pengukurannya.

  • Berbeda-beda antar individu.

  • Tidak bisa digunakan untuk pengukuran ilmiah atau teknis.


Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyC
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/g
5.  Evaluasi      

Soal PH matematika

Nama :

Kelas :

A.     Pilihan Ganda

  1. Nama:

    A. Pilihan Ganda

    1. Alat ukur tidak baku untuk mengukur panjang adalah...

    a. jengkal

    b. meteran

    c. timbangan

    1. Untuk mengukur berat buah secara tidak baku, kita bisa menggunakan...

    a. batu

    b. penggaris

    c. jam

    1. Langkah kaki digunakan untuk mengukur...

    a. waktu

    b. panjang atau jarak

    c. berat

    1. Contoh alat ukur tidak baku untuk mengukur berat adalah...

    a. timbangan

    b. ember berisi air

    c. batu kecil

    1. Yang merupakan alat ukur tidak baku adalah...

    a. penghapus

    b. penggaris

    c. mistar

    B. Isian Singkat

    Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang tepat!

    1. Mengukur meja dengan jengkal tangan termasuk alat ukur __________.
    2. Langkah kaki dapat digunakan untuk mengukur __________ lapangan.
    3. Batu kecil bisa digunakan untuk mengukur __________ benda.
    4. Contoh alat ukur tidak baku untuk panjang adalah __________.
    5. Mengukur berat benda kecil bisa menggunakan __________.

    C. Essay Pendek

    Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

    1. Apa yang dimaksud dengan alat ukur tidak baku?
    2. Sebutkan 2 contoh alat ukur tidak baku!
    3. Mengapa alat ukur tidak baku hasilnya bisa berbeda-beda?
    4. Sebutkan kegiatan sehari-hari yang menggunakan alat ukur tidak baku!
    5. Bagaimana cara mengukur panjang papan tulis dengan jengkal tangan?


Penutup

Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar