Senin, 13 Januari 2025

Senin, 13 Januari 2025

          


Hari/Tanggal : Senin, 13 Januari 2025
 
Fase/Kelas : A/2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 
 
Mata Pelajaran : PKN dan Bahasa Indonesia
 


* Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Tabik pun......
sholih sholiha bu guru. bagaimana kabarnya?
Semoga sehat dan tetap semangat belajar ya
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

Alhamdulillah kita Hari ini kita dapat berjumpa kembali. Ibu guru ucapkan terimakasih banyak atas semangat yang telah anak-anak ibu guru lakukan pada setiap pertemuan  

Untuk hari ini kita akan belajar 
PKN dan Bahasa Indonesia
Semangat selalu ya Anak - anak hebat ibu guru, semoga materi yang akan kita pelajari hari ini dapat kita pahami dan bermanfaat ke depannya 
HAVE A NICE DAY 

Pendidikan Pancasila

CP :

Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah; mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila; mematuhi aturan di lingkungan keluarga dan menceritakannya; mengenal para perumus Pancasila dan menerapkan nilai-nilai Pancasila; dan mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah.


Elemen Bhinneka Tunggal Ika :

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat Menyebutkan identitas diri sesuai hobi di lingkungan rumah dan sekolah.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik dapat mengidentifikasi identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah

Metode Pembelajaran :

Cooperatif Learning

Metode Gambar, Diskusi, Tanya jawab

Media / Alat peraga

Tv, laptop, Video dan gambar 



Sumber Belajar :

Buku cetak Pendidikan Pancasila Kelas 2 Kemendikbud dan Mediatama, dan internet.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia hobi atau bisa disebut juga kegemaran memiliki makna kesenangan istimewa pada waktu senggang.

Menurut wikipedia tujuan hobi adalah untuk memenuhi keinginan dan mendapatkan kesenangan. Terdapat berbagai macam jenis hobi seperti mengumpulkan suatu (koleksi), membuat, memperbaiki, bermain dan sebagainya.

Ayo memahami!

Hobi adalah kegiatan yang disukai.

Hobi sering dilakukan saat senggang.

Hobi dapat dilakukan di rumah.

Hobi dapat dilakukan juga di luar rumah.

Hobi setiap orang berbeda-beda.

Ada juga yang hobinya sama.

Contoh jenis-jenis dari hobi antara lain:

Berkebun

Bermain

Filateli

Fotografi

Kaligrafi

Melukis

Menulis

Menjahit

Memasak

Origami

Otomotif

Bepergian

Kolektor

Membuat Diorama

Ayo bercerita!

Apakah kalian mempunyai hobi di lingkungan rumah?

Coba sebutkan hobi kalian!

Ceritakan kepada teman-teman kalian!


Ayo membaca!


Ayo melakukan!

Latihan :

1. Apa yang dimaksud dengan hobi?
2. Tuliskan 3 macam hobi!
3. Apa hobimu?
4. Kapan kamu melakukan hobimu?
5. Mengapa kamu menyukai hobimu?

BAHASA INDONESIA

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca koma.
2. Melalui menulis, peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari informasi pada pengatur grafis sederhana.

TUJUAN PEMBELAJARAN
1. peserta didik dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca koma.
2. peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari informasi pada pengatur grafis sederhana.

Metode Pembelajaran

Diskusi Kelompok

Media 

Video, teks cerita

Sumber

Buku Bahasa Indonesia kelas 2 Kemendikbud 


Perhatikan video pembelajaran berikut
video pembelajaran 👇

Perbedaan dapat ditemukan pada banyak hal. Mulai dari bentuk tubuh, nama, kegemaran, hingga pendapat. Amatilah gambar di bawah judul bab. Temukan perbedaan pada masing-masing anak. Sekarang, perhatikan salah satu teman kalian. Apa saja perbedaan di antara kalian?

MEMBACA

Fabel adalah cerita dengan tokoh binatang. Dalam fabel, tokoh binatang berperilaku seperti manusia. Bacalah fabel “Rahasia Kaki Itik” bersama guru. Cerita ini disadur dari buku Rahasia Kaki Itik karya Supriyatin.


Ketika berjalan ke kolam, itik bertemu kawanan bangau. “Itik si kaki pendek dan kasar!” ejek bangau. “Lihatlah kaki kami yang ramping dan bersih!” Itik merasa sedih, tetapi hanya diam. 
Tak lama kemudian, itik bertemu elang.
Elang menggeleng iba.
“Cara jalanmu aneh karena kakimu berselaput.”
Itik melirik kaki elang.
Kaki elang kokoh, kuat, dan berkuku tajam.
Di tepi kolam, itik menatap kakinya.
“Mengapa kakiku tidak indah?” keluhnya sambil menangis.
Beberapa ayam asyik bermain di tepi kolam.
Salah satunya terpeleset dan tercebur.
“Tolong!” teriak ayam itu.
Itik segera melompat ke kolam.
Kakinya mengayuh dengan kuat.
Itik berhasil menyelamatkan ayam.
“Terima kasih, Itik,” ucap ayam.
“Untung saja kamu punya kaki istimewa.” 
Itik sadar kakinya berguna untuk berenang.
Itulah yang paling penting bagi seekor itik.
Itik berenang dengan riang.
Ia berjanji tidak akan lagi merasa minder.

Iba = kasihan /terharu
Minder = Rendah diri
Kawanan=Kumulan hewan sejenis

TANDA KOMA DIPAKAI SETELAH KATA "Tetapi"
TANDA KOMA DIPAKAI UNTUK MEMERINCI BEBERAPA UNSUR."kokoh,kuat"

TANDA KOMA DIPAKAI SETELAH KATA "Tetapi"
TANDA KOMA DIPAKAI UNTUK MEMERINCI BEBERAPA UNSUR."kokoh,kuat"


Perhatikan tanda koma pada teks di atas.
• Tanda koma digunakan untuk memerinci beberapa unsur.
Contoh: Kaki elang kokoh, kuat, dan berkuku tajam.
• Tanda koma juga digunakan sebelum kata “tetapi”  
Contoh: Itik merasa sedih, tetapi hanya diam.

LATIHAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar