Hari/Tanggal : Rabu, 08 Januari 2025
Fase/Kelas : A/2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : bahasa indonesia dan SBDP
* Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tabik pun......
sholih sholiha bu guru. bagaimana kabarnya?
Semoga sehat dan tetap semangat belajar ya
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
Alhamdulillah kita Hari ini kita dapat berjumpa kembali pada hari Rabu, 8 Januari 2025. Ibu guru ucapkan terimakasih banyak atas semangat yang telah anak-anak ibu guru lakukan pada setiap pertemuan
Untuk hari ini kita akan belajar bahasa indonesia dan SBDPSemangat selalu ya Anak - anak hebat ibu guru, semoga materi yang akan kita pelajari hari ini dapat kita pahami dan bermanfaat ke depannya
HAVE A NICE DAY
Bahasa Indonesia
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN1. Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca koma.2. Melalui menulis, peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari informasi pada pengatur grafis sederhana.TUJUAN PEMBELAJARAN1. peserta didik dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca koma.2. peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari informasi pada pengatur grafis sederhana.
Metode Pembelajaran
Diskusi Kelompok
Media Video, teks cerita
Sumber
Buku Bahasa Indonesia kelas 2 Kemendikbud
Perhatikan video pembelajaran berikutvideo pembelajaran
Perbedaan dapat ditemukan pada banyak hal. Mulai dari bentuk tubuh, nama, kegemaran, hingga pendapat. Amatilah gambar di bawah judul bab. Temukan perbedaan pada masing-masing anak. Sekarang, perhatikan salah satu teman kalian. Apa saja perbedaan di antara kalian?
MEMBACA
Fabel adalah cerita dengan tokoh binatang. Dalam fabel, tokoh binatang berperilaku seperti manusia. Bacalah fabel “Rahasia Kaki Itik” bersama guru. Cerita ini disadur dari buku Rahasia Kaki Itik karya Supriyatin.
Ketika berjalan ke kolam, itik bertemu kawanan bangau. “Itik si kaki pendek dan kasar!” ejek bangau. “Lihatlah kaki kami yang ramping dan bersih!” Itik merasa sedih, tetapi hanya diam. Tak lama kemudian, itik bertemu elang.Elang menggeleng iba.“Cara jalanmu aneh karena kakimu berselaput.”Itik melirik kaki elang.Kaki elang kokoh, kuat, dan berkuku tajam.Di tepi kolam, itik menatap kakinya.“Mengapa kakiku tidak indah?” keluhnya sambil menangis.Beberapa ayam asyik bermain di tepi kolam.Salah satunya terpeleset dan tercebur.“Tolong!” teriak ayam itu.Itik segera melompat ke kolam.Kakinya mengayuh dengan kuat.Itik berhasil menyelamatkan ayam.“Terima kasih, Itik,” ucap ayam.“Untung saja kamu punya kaki istimewa.” Itik sadar kakinya berguna untuk berenang.Itulah yang paling penting bagi seekor itik.Itik berenang dengan riang.Ia berjanji tidak akan lagi merasa minder.
Iba = kasihan /terharuMinder = Rendah diriKawanan=Kumulan hewan sejenis
TANDA KOMA DIPAKAI SETELAH KATA "Tetapi"TANDA KOMA DIPAKAI UNTUK MEMERINCI BEBERAPA UNSUR."kokoh,kuat"
latihan:
Berlatihlah menggunakan kosakata baru.1. Yuka merasa _________ karena tubuhnya kecil.2. Ada _________ semut mengerumuni sisa makanan.3. Lila merasa ______ saat melihat burung yang terluka.
Perhatikan tanda koma pada teks di atas.• Tanda koma digunakan untuk memerinci beberapa unsur.Contoh: Kaki elang kokoh, kuat, dan berkuku tajam.• Tanda koma juga digunakan sebelum kata “tetapi” Contoh: Itik merasa sedih, tetapi hanya diam.
Bacalah fabel “Rahasia Kaki Itik” sekali lagi.Berapa banyak tanda koma yang kalian temukan?
SBDP
Elemen: Mengalami
Tujuan: peserta didik dapat mengenali mengidentifikasi dan menggunakan elemen rupa ( garis dan warna) dalam sebuah karya.
ATP: Melalui kegiatan mengamati peserta didik dapat mengenal konsep karya seni kolase dengan benar.
Metode pembelajaran: Metode gambar ,diskusi ,tanya jawab
Media alat peraga: TV laptop video dan gambar Sumber belajar:
Buku cetak seni rupa kelas 2 SD.
Mengenal KolaseApa seni kolase itu? Kolase artinya teknik menempelkan bahan. Kolase dibuat dari berbagai bahan. Ada bahan alam dan ada bahan buatan.
1.Bahan AlamKolase bahan alam berasal dari alam. Contohnya daun kering ,biji-bijian, kulit telur ,dan sebagainya.
2.Bahan BuatanBahan buatan dapat ditemukan di lingkungan sekitar. Contohnya kertas, kain perca ,plastik ,dan sebagainya.
SIMAK VIDIO PEMBELAJARAN DI BAWAH INI 👇
sholih sholiha bu guru. bagaimana kabarnya?
Semoga sehat dan tetap semangat belajar ya
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
Alhamdulillah kita Hari ini kita dapat berjumpa kembali pada hari Rabu, 8 Januari 2025. Ibu guru ucapkan terimakasih banyak atas semangat yang telah anak-anak ibu guru lakukan pada setiap pertemuan
Untuk hari ini kita akan belajar bahasa indonesia dan SBDP
Semangat selalu ya Anak - anak hebat ibu guru, semoga materi yang akan kita pelajari hari ini dapat kita pahami dan bermanfaat ke depannya
HAVE A NICE DAY
HAVE A NICE DAY
Bahasa Indonesia
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca koma.
2. Melalui menulis, peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari informasi pada pengatur grafis sederhana.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. peserta didik dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca koma.
2. peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari informasi pada pengatur grafis sederhana.
Metode Pembelajaran
Diskusi Kelompok
Media Video, teks cerita
Sumber
Buku Bahasa Indonesia kelas 2 Kemendikbud
Perhatikan video pembelajaran berikut
video pembelajaran
Perbedaan dapat ditemukan pada banyak hal. Mulai dari bentuk tubuh, nama, kegemaran, hingga pendapat. Amatilah gambar di bawah judul bab. Temukan perbedaan pada masing-masing anak. Sekarang, perhatikan salah satu teman kalian. Apa saja perbedaan di antara kalian?
MEMBACA
Fabel adalah cerita dengan tokoh binatang. Dalam fabel, tokoh binatang berperilaku seperti manusia. Bacalah fabel “Rahasia Kaki Itik” bersama guru. Cerita ini disadur dari buku Rahasia Kaki Itik karya Supriyatin.
Tak lama kemudian, itik bertemu elang.
Elang menggeleng iba.
“Cara jalanmu aneh karena kakimu berselaput.”
Itik melirik kaki elang.
Kaki elang kokoh, kuat, dan berkuku tajam.
Di tepi kolam, itik menatap kakinya.
“Mengapa kakiku tidak indah?” keluhnya sambil menangis.
Beberapa ayam asyik bermain di tepi kolam.
Salah satunya terpeleset dan tercebur.
“Tolong!” teriak ayam itu.
Itik segera melompat ke kolam.
Kakinya mengayuh dengan kuat.
Itik berhasil menyelamatkan ayam.
“Terima kasih, Itik,” ucap ayam.
“Untung saja kamu punya kaki istimewa.”
Itik sadar kakinya berguna untuk berenang.
Itulah yang paling penting bagi seekor itik.
Itik berenang dengan riang.
Ia berjanji tidak akan lagi merasa minder.
Iba = kasihan /terharu
Minder = Rendah diri
Kawanan=Kumulan hewan sejenis
TANDA KOMA DIPAKAI SETELAH KATA "Tetapi"
TANDA KOMA DIPAKAI UNTUK MEMERINCI BEBERAPA UNSUR."kokoh,kuat"
latihan:
Berlatihlah menggunakan kosakata baru.
1. Yuka merasa _________ karena tubuhnya kecil.
2. Ada _________ semut mengerumuni sisa makanan.
3. Lila merasa ______ saat melihat burung yang terluka.
Perhatikan tanda koma pada teks di atas.
• Tanda koma digunakan untuk memerinci beberapa unsur.
Contoh: Kaki elang kokoh, kuat, dan berkuku tajam.
• Tanda koma juga digunakan sebelum kata “tetapi”
Contoh: Itik merasa sedih, tetapi hanya diam.
Bacalah fabel “Rahasia Kaki Itik” sekali lagi.
Berapa banyak tanda koma yang kalian temukan?
SBDP
Elemen: Mengalami
Tujuan: peserta didik dapat mengenali mengidentifikasi dan menggunakan elemen rupa ( garis dan warna) dalam sebuah karya.
ATP:
Melalui kegiatan mengamati peserta didik dapat mengenal konsep karya seni kolase dengan benar.
Metode pembelajaran:
Metode gambar ,diskusi ,tanya jawab
Media alat peraga:
TV laptop video dan gambar
Sumber belajar:
Buku cetak seni rupa kelas 2 SD.
Mengenal Kolase
Apa seni kolase itu?
Kolase artinya teknik menempelkan bahan.
Kolase dibuat dari berbagai bahan.
Ada bahan alam dan ada bahan buatan.
1.Bahan Alam
Kolase bahan alam berasal dari alam.
Contohnya daun kering ,biji-bijian, kulit telur ,dan sebagainya.
2.Bahan Buatan
Bahan buatan dapat ditemukan di lingkungan sekitar.
Contohnya kertas, kain perca ,plastik ,dan sebagainya.
SIMAK VIDIO PEMBELAJARAN DI BAWAH INI 👇
Tidak ada komentar:
Posting Komentar