Selasa, 07 Januari 2025

Selasa, 07 Januari 2025

       


Hari/Tanggal : Selasa, 07 Januari 2025
 
Fase/Kelas : A/2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 
 
Mata Pelajaran : PKN dan bahasa indonesia
 


* Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Untuk hari ini kita akan mengerjakan lembar refleksi, yang kemudian akan digunting lalu ditempelkan. Lembar refleksi berisi cerita kegiatan saat libur, dan kesan-kesan ananda selama semester ganjil. Semangat selalu ya Anak - anak hebat lalu kita juga akan belajar menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca koma dan mengategorikan kata kunci dari informasi pada pengatur grafis sederhana ya nak.

PENDIDIKAN PANCASILA

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Elemen : Bhinneka Tunggal  Ika

Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik dapat mengidentifikasi identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah

TUJUAN PEMBELAJARAN

Menyebutkan identitas diri sesuai hobi di lingkungan rumah


Metode Pembelajaran

Diskusi Kelompok

Media 

Gambar, teks cerita

Sumber

Buku Pendidikan Pancasila kelas 2 Kemendikbud 



Ayo memahami!

Hobi adalah kegiatan yang disukai.

Hobi sering dilakukan saat senggang.

Hobi dapat dilakukan di rumah.

Hobi dapat dilakukan juga di luar rumah.

Hobi setiap orang berbeda-beda.

Ada juga yang hobinya sama.


Ayo bercerita!

Apakah kalian mempunyai hobi di lingkungan rumah?

Coba sebutkan hobi kalian!

Ceritakan kepada teman-teman kalian!


Ayo membaca!

Latihan soal
1. Ujang belajar di kelas berapa?
2. Apa saja hobi Ujang?
3. Bagaimana perasaan Ujang dengan hobinya?

Ayo melakukan!


BAHASA INDONESIA

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca koma.
2. Melalui menulis, peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari informasi pada pengatur grafis sederhana.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. peserta didik dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca koma.
2. peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari informasi pada pengatur grafis sederhana.

Metode Pembelajaran

Diskusi Kelompok

Media 

Video, teks cerita

Sumber

Buku Bahasa Indonesia kelas 2 Kemendikbud 


Perhatikan video pembelajaran berikut
video pembelajaran 👇

Perbedaan dapat ditemukan pada banyak hal. Mulai dari bentuk tubuh, nama, kegemaran, hingga pendapat. Amatilah gambar di bawah judul bab. Temukan perbedaan pada masing-masing anak. Sekarang, perhatikan salah satu teman kalian. Apa saja perbedaan di antara kalian?

MEMBACA

Fabel adalah cerita dengan tokoh binatang. Dalam fabel, tokoh binatang berperilaku seperti manusia. Bacalah fabel “Rahasia Kaki Itik” bersama guru. Cerita ini disadur dari buku Rahasia Kaki Itik karya Supriyatin.


Ketika berjalan ke kolam, itik bertemu kawanan bangau. “Itik si kaki pendek dan kasar!” ejek bangau. “Lihatlah kaki kami yang ramping dan bersih!” Itik merasa sedih, tetapi hanya diam. 
Tak lama kemudian, itik bertemu elang.
Elang menggeleng iba.
“Cara jalanmu aneh karena kakimu berselaput.”
Itik melirik kaki elang.
Kaki elang kokoh, kuat, dan berkuku tajam.
Di tepi kolam, itik menatap kakinya.
“Mengapa kakiku tidak indah?” keluhnya sambil menangis.
Beberapa ayam asyik bermain di tepi kolam.
Salah satunya terpeleset dan tercebur.
“Tolong!” teriak ayam itu.
Itik segera melompat ke kolam.
Kakinya mengayuh dengan kuat.
Itik berhasil menyelamatkan ayam.
“Terima kasih, Itik,” ucap ayam.
“Untung saja kamu punya kaki istimewa.” 
Itik sadar kakinya berguna untuk berenang.
Itulah yang paling penting bagi seekor itik.
Itik berenang dengan riang.
Ia berjanji tidak akan lagi merasa minder.

Iba = kasihan /terharu
Minder = Rendah diri
Kawanan=Kumulan hewan sejenis

TANDA KOMA DIPAKAI SETELAH KATA "Tetapi"
TANDA KOMA DIPAKAI UNTUK MEMERINCI BEBERAPA UNSUR."kokoh,kuat"

latihan:

Berlatihlah menggunakan kosakata baru.
1. Yuka merasa _________ karena tubuhnya kecil.
2. Ada _________ semut mengerumuni sisa makanan.
3. Lila merasa ______ saat melihat burung yang terluka. 

Perhatikan tanda koma pada teks di atas.
• Tanda koma digunakan untuk memerinci beberapa unsur.
Contoh: Kaki elang kokoh, kuat, dan berkuku tajam.
• Tanda koma juga digunakan sebelum kata “tetapi”  
Contoh: Itik merasa sedih, tetapi hanya diam.

Bacalah fabel “Rahasia Kaki Itik” sekali lagi.
Berapa banyak tanda koma yang kalian temukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar