Hari/Tanggal : selasa, 21 Januari 2025
Fase/Kelas : A/2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : PKN dan Bahasa Indonesia
BAHASA INDONESIA
Membaca dan Memirsa
Tujuan pembelajran : Menulis, Menuliskan antonim dari sebuah kata.
Mengategorikan frasa dari informasi pada pengatur grafis sederhana.
Mengategorikan kata kunci dari informasi pada pengatur grafis sederhana.
Menirukan dan Melakukan
Mengingat dan menyebutkan informasi yang dibacakan.
PKN
Capaian :
Elemen Bhinneka Tunggal Ika : Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah; mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila; mematuhi aturan di lingkungan keluarga dan menceritakannya; mengenal para perumus Pancasila dan menerapkan nilai-nilai Pancasila; dan mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat Menyebutkan identitas diri sesuai hobi di lingkungan rumah dan sekolah.
* Apersepsi
* Media Pembelajaran : Diskusi dan Kerja kelompok
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
* Video pembelajaran
Antonim adalah kata yang artinya berlawanan dengan kata lain.
Antonim dituliskan dengan lambang ><
Contoh:
berat >< ringan
mahal >< murah
Perhatikan kembali gambar lemari pada halaman 105, lalu kita dapat mengelompokkan gambar-gambar tersebut ke dalam beberapa kelompok seperti di bawah ini !
Bukalah buku cetak B.Indonesia Mediatama halaman 124 lalu kerjakan bagian literasiku!
Ayo bercerita!
Apakah kalian mempunyai hobi di lingkungan rumah?
Coba sebutkan hobi kalian!
Ceritakan kepada teman-teman kalian!
Mari, Memperkaya Ilmu
Mari, Mencari Jawaban
Untuk menjawab soal nomor 4 di bagian Mari, Berlatih, perkirakanlah kejadian yang akan terjadi. Kejadian itu bisa kejadian baik atau kejadian tidak baik.
Anak mempunyai hobi di sekolah. Hobi setiap anak berbeda-beda. Ada juga yang hobinya sama. Hobi di sekolah bermacam-macam. Ada yang dilakukan di dalam ruangan. Ada pula yang dilakukan di luar ruangan.
Mari, Bercerita Kalian mempunyai hobi di sekolah. Ceritakan hobi kalian di sekolah.
Latihan Soal:
Jawablah pertanyaan sesuai bacaan.
1. Bela kelas berapa? 2 sd
2. Apa hobi Bela? bernyanyi
3. Mengapa Bela melakukan hobi pada jam istirahat? tidak menggangu pembelajaran.
kesimpulan
penutup
wassalammualaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar