Rabu, 08 Januari 2025

Kamis, 09 Januari 2025

        


Hari/Tanggal : Kamis, 09 Januari 2025
 
Fase/Kelas : A/2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 
 
Mata Pelajaran :  MTK dan P5
 


* Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Tabik pun......
sholih sholiha bu guru. bagaimana kabarnya?
Semoga sehat dan tetap semangat belajar ya
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

Alhamdulillah kita Hari ini kita dapat berjumpa kembali. Ibu guru ucapkan terimakasih banyak atas semangat yang telah anak-anak ibu guru lakukan pada setiap pertemuan  

Untuk hari ini kita akan belajar MTK dan P5
Semangat selalu ya Anak - anak hebat ibu guru, semoga materi yang akan kita pelajari hari ini dapat kita pahami dan bermanfaat ke depannya 
HAVE A NICE DAY 

Matematika 

Elemen : Bilangan

Tujuan : Peserta didik dapat mengetahui cara penulisan kalimat matematika dalam perkalian

ATP : Peserta didik dapat mengetahui cara penulisan kalimat matematika dalam perkalian melalui latihan soal dengan cermat.

Metode Pembelajaran :

Metode Gambar, Diskusi, Tanya jawab, latihan soal

Media / Alat peraga

Tv, laptop, Video dan gambar 

Sumber Belajar :

Buku cetak Matematika Kelas 2 Kemendikbud dan Mediatama serta internet

Video Pembelajaran :


Hari ini kita akan belajar matematika materi perkalian. Adakah ananda yang sudah tahu tentang perkalian?

Perkalian adalah penjumlahan berulang; yaitu, perkalian dua bilangan sama dengan menjumlahkan sebanyak mungkin salinan salah satunya.

Misalnya, 4 dikalikan 3, ditulis sebagai  dan diucapkan sebagai "3 dikali 4", dapat dihitung dengan menambahkan 3 salinan dari 4 secara bersamaan:

Maka, 3 (pengganda) dan 4 (pengganda) adalah faktor, dan 12 adalah produk.

Salah satu sifat utama dari perkalian adalah sifat komutatif, yang menyatakan dalam hal ini bahwa menambahkan 3 salinan dari 4 memberikan hasil yang sama dengan menambahkan 4 salinan dari 3:

Dengan demikian penunjukan pengali dan pengali tidak mempengaruhi hasil perkalian

Perhatikan contoh berikut !


Banyak tempat ada 3, masing-masing tempat berisi 2 perahu maka bentuk perkaliannya tempat dikali dengan isinya yaitu 3x2 = 6

Bentuk penjumlahannya tulis angka 2 sebanyak 3 kali, jadi 2+2+2 = 6.

Latihan :



Tema P5             :   Kewirausahaan

Capaian Penbelajaran P5:

Peserta didik mampu memahami suatu potensi ekonomi dan peluang usaha di sekitar sekolah 

Tujuan Pembelajaran:

 1.1  Peserta didik  dapat  mengidentifikasi potensi ekonomi dan peluang usaha di sekitar sekolah dengan baik dan benar 

Materi ajar 

                                                          

 " Identitas diri sendiri dan orang lain"



P5
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 

 P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.

    P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
 " Meronce   " 
    
    P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentangKewirausahaan Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan dengan 

Tema : Meronce 

 
Meronce adalah kegiatan merangkai benda-benda menjadi satu kesatuan dengan menggunakan tali atau benang. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan berbagai bahan, seperti manik-manik, biji-bijian, dan lainnya. Kerajinan meronce bisa digunakan untuk menghias berbagai benda, seperti tas, gelang, kalung, dan tirai. 
Meronce memiliki beberapa manfaat, di antaranya: 
  • Melatih motorik halus, terutama pada tangan 
  • Melatih koordinasi antara mata dan tangan 
  • Melatih kesabaran dan fokus 
  • Melatih kreativitas 
  • Membantu anak mengenal bentuk, warna, dan ukuran 
  • Membantu anak mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan kerjasama 
Contoh Soal

Yuk kita buat meronce berikut 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar