Hari/Tanggal : Selasa, 24 September 2024
Fase/Kelas : A/2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : PKN dan Bahasa Indonesia
Capaian Pembelajaran :
PKN :
v Peserta didik dapat mengenali simbol-simbol Pancasila dan Lambang Negara Garuda
Pancasila, serta menceritakan hubungan simbol-simbol Pancasila dengan sila-sila
dalam Pancasila.
v Peserta didik juga dapat mengidentifikasi tugas dan peran dirinya dalam kegiatan
bersama. Ia dapat mengidentifikasi hal-hal yang dianggap berharga dan penting bagi
dirinya dan orang lain serta mulai bertanggung jawab untuk menjaga hal yang berharga
dan penting bagi dirinya tersebut. Selain itu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan kesehariannya sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik.
B. Indo :
v Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak
yang baik.
v Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari
teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.
v Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat,
berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai
konteks.
v Peserta didik mampu menulis
teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang
pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau
didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks
eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran :
PKN :
Melalui pengamatan gambar, menyimak video, membaca teks, tanya jawab, bercerita,
games pohon Pancasila, bermain peran dan diskusi kelompok tentang nilai-nilai Pancasila,
peserta didik dapat memutuskan nilai-nilai yang sesuai Pancasila sehingga dapat
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.
B. Indo :
·
Melalui memeragakan percakapan, peserta
didik dapat berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan tempat
berbicara;
·
Melalui membaca informasi, peserta didik
dapat menyimpulkan nama tempat umum yang dimaksud;
·
Melalui latihan berulang, peserta didik
dapat menuliskan ‘di’ sebagai kata depan dan kata kerja dengan tepat;
·
Melalui menulis, peserta didik dapat
membuat cerita dengan struktur awal, tengah, dan akhir yang sederhana.
* Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
* Video Pembelajaran
* Materi Ajar
B.Indonesia
* Evaluasi
PKN
B.Indonesia
Ingatlah
pengalaman kalian saat berada di tempat umum.
Adakah kejadian
yang menurut kalian tidak menyenangkan?
Supaya tidak
terjadi lagi, perlu ada tanda peringatan.
Ciptakan tanda
peringatan kalian sendiri.
Gambarlah tanda
itu bersama orang tua kalian.
Bawa gambar
tersebut ke sekolah, lalu ceritakan di depan kelas.
* Kesimpulan
Dari materi PKN dan B.Indonesia yang disampaikan pada hari ini alhamdulillah sebagian besar dari 21 anak sudah dapat memahami materi dan ada beberapa anak yang masih perlu bimbingan dengan cara menjelaskan kembali materi yang dipelajari dan tanya jawab
*Penutup
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar