Senin, 23 September 2024

Selasa, 24 September 2024

 



Hari/Tanggal : Selasa, 24 September 2024
 
Fase/Kelas : A/2 A

Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 
 
Mata Pelajaran : PKN dan Bahasa Indonesia
 
Capaian Pembelajaran :
PKN : 
Peserta didik dapat mengenali simbol-simbol Pancasila dan Lambang Negara Garuda Pancasila, serta menceritakan hubungan simbol-simbol Pancasila dengan sila-sila dalam Pancasila. 
Peserta didik juga dapat mengidentifikasi tugas dan peran dirinya dalam kegiatan bersama. Ia dapat mengidentifikasi hal-hal yang dianggap berharga dan penting bagi dirinya dan orang lain serta mulai bertanggung jawab untuk menjaga hal yang berharga dan penting bagi dirinya tersebut. Selain itu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik.

B. Indo :
v  Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.
v  Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.
v  Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.
 
 
Tujuan Pembelajaran : 
PKN :
Melalui pengamatan gambar, menyimak video, membaca teks, tanya jawab, bercerita, games pohon Pancasila, bermain peran dan diskusi kelompok tentang nilai-nilai Pancasila, peserta didik dapat memutuskan nilai-nilai yang sesuai Pancasila sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

B. Indo : 
·       Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan             tempat berbicara;
·       Melalui membaca informasi, peserta didik dapat menyimpulkan nama tempat umum yang dimaksud;
·       Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan ‘di’ sebagai kata depan dan kata kerja dengan tepat;
·       Melalui menulis, peserta didik dapat membuat cerita dengan struktur awal, tengah, dan akhir yang sederhana.

 

* Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

* Video Pembelajaran



* Materi Ajar
PKN



B.Indonesia









* Evaluasi
PKN
B.Indonesia

Ingatlah pengalaman kalian saat berada di tempat umum.

Adakah kejadian yang menurut kalian tidak menyenangkan?

Supaya tidak terjadi lagi, perlu ada tanda peringatan.

Ciptakan tanda peringatan kalian sendiri.

Gambarlah tanda itu bersama orang tua kalian.

Bawa gambar tersebut ke sekolah, lalu ceritakan di depan kelas.


* Kesimpulan
Dari materi PKN dan B.Indonesia yang disampaikan pada hari ini alhamdulillah sebagian besar dari 21 anak sudah dapat memahami materi dan ada beberapa anak yang masih perlu bimbingan dengan cara menjelaskan kembali materi yang dipelajari dan tanya jawab

*Penutup

                                                               Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar