Hari/Tanggal : Kamis, 12 September 2024
Fase/Kelas : A/2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : MTK dan P5
Capaian Pembelajaran :
MTK :
- peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
- Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.
- Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
P5 :
- Melalui makanan tradisional anak-anak diperkenalkan dengan budaya asli dari daerah mereka tinggal
Tujuan Pembelajaran :
MTK :
- Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.
MTK :
- Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.
P5 :
- Pada tema “kearifan lokal” dengan mengacu pada dimensi Profil Pelajar Pancasila. Projek “Makananku, Budayaku” ini disusun dengan tujuan menguatkan profil pelajar pancasila melalui pemahaman nilai kearifan lokal pada makanan tradisional.
*Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
* Video Pembelajaran
* Materi Ajar
P5
Setiap daerah di Indonesia memiliki kekayaan budaya masing-masing. Kebudayaan ini berpengaruh pada pola hidup masyarakat di daerah tersebut. Hal ini tergambar dari banyaknya ragam makanan tradisional yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Selain kebudayaan, letak geografis suatu daerah pun menentukan makanan tradisional yang ada pada daerah tersebut. Hasil kekayaan bumi pada suatu daerah bisa menjadi bahan utama yang digunakan dalam pembuatan makanan tradisional.
Guru memberikan pertanyaan pemantik untuk menghidupkan diskusi secara klasikal :
a. Apakah anak-anak sering mengkonsumsi makanan tradisional?
b. Apakah anak—anak tahu sejak kapan makanan tradisional dibuat?
c. Pada kegiatan apa saja biasanya makanan tradisional dihidangkan?
d. Apakah anak-anak mudah menemukan makanan tradisional?
a. Apakah anak-anak sering mengkonsumsi makanan tradisional?
b. Apakah anak—anak tahu sejak kapan makanan tradisional dibuat?
c. Pada kegiatan apa saja biasanya makanan tradisional dihidangkan?
d. Apakah anak-anak mudah menemukan makanan tradisional?
*Evaluasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar